Air Terjun Kembar Batu Barae, Panorama Alam Menakjubkan

Wisatasulawesi.com Kabupaten Sinjai memang memesona bila di jadikan salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Iya, terletak di bagian selatan jazirah provinsi Sulawesi Selatan, kabupaten ini juga berada di kaki gunung bernama “Gunung Bawakaraeng”.

Selain wisata bahari pulau Sembilan, wisata sejarah Benteng Balangnipa, wisata alam air terjun Lembang Saukang, Kabupaten ini masih memiliki sejumlah obyek wisata lain yang tak kalah indahnya dengan wisata lain yang ada di Nusantara.

Salah satunya adalah wisata alam ‘Air Terjun Kembar Batubarae’. Obyek wisata ini disebut air terjun kembar karena di sini terdapat dua air terjun yang berdampingan dengan jarak keduanya hanya sekitar 60 meter, dengan ketinggian masing-masing air terjun sekitar 40 dan 45 meter. Dan kedua air terjun ini memiliki kemiringan sekitar 85 derajat.

Wisata Lainnya:   Tanjung Pallette, Wisata Bahari Khas Bukit Karang

Sementara penamaan ‘Batu Barae’ artinya kandang binatang yang terbuat dari batu. Konon, tempat tersebut pada zaman dahulu kala merupakan tempat pengandangan seekor kerbau raksasa.

Karena lokasinya berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, dengan hawa yang sejuk bahkan cenderung dingin. Sehingga pada pagi dan sore hari tempat ini biasa tertutupi kabut tebal. Kawasan wisata alam ‘Air Terjun Kembar Batubarae’ sangat cocok dijadikan sebagi arena camping dan out bond.

KEINDAHAN DAN KEUNIKAN

Obyek wisata ini menawarkan suguhan panorama alam nan sejuk yang menakjubkan. Deretan pepohonan rindang menambah keindahannya.

Di kawasan wisata ini dikelilingi oleh pegunungan dengan tebing-tebing cadas dan deretan tebing kecil yang sangat terjangkau oleh para petualang, dan cocok wisata alternatif seperti mountneering course dan outbond.

Sementara di sisi tengah lokasi kedua air terjun ini terdapat ‘Tangga Seribu’ yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Wisata Lainnya:   Menengok Makam Raja-Raja Banggae di Majene
Air Terjun Kembar Batubarae, Sinjai (Foto : sinjakab.go.id)

Bagi anda yang ingin berkunjung ke sini, selain menikmati pesona alam yang ditawarkan, juga bisa membawa cinderamata berupa minuman markisa dari olahan tradisional maupun modern.

Kendati jalanan yang dilewati menuju lokasi wisata ini tidak semua beraspal mulus, bahkan di antaranya ada yang rusak parah. Tapi semua rasa lelah dan capek pengunjung akan terbayar saat tiba di lokasi air terjun ini, apalagi jika anda sudah berendam dengan air yang sangat alami dan sejuk dibelai tiupan angin dari pepohonan rindang.

Jika ingin beristirahat, ditempat ini juga tersedia beberapa gazebo untuk pengunjung.

LOKASI DAN AKSES

Wisata air terjun ini terletak di Desa Barambang – Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekira 40 kilometer dari pusat kota Sinjai dan membutuhkan waktu tempuh sekira 1,5 jam. Untuk mencapai lokasi ini, bisa dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keindahan Panorama Pantai Nambo, Kendari

Nah apakah anda berminat untuk menikmati keindahan obyek wisata Sinjai? Yakin anda akan merasakan suasana yang berbeda ketika berada di Kabupaten Sinjai, mulai wisata tradisional hingga wisata modern adalah pilihan yang komplit ketika anda mengunjungi daerah tersebut.

Bagi yang ingin atau sedang merencanakan perjalanan wisata di daerah itu, Minas atau minuman khas Sinjai yang tidak boleh terlupakan agar tubuh anda tetap kuat berpetualang disana. (Berbagai Sumber)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *