Coto Makassar, Kuliner Terlezat Sulawesi Selatan

6,239 x dibaca

Makassar merupakan salah satu surga kuliner. Beberapa sudut kota serta sepanjang pinggiran jalan terdapat tempat makan yang menggugah selera. Nah sekarang, persiapkan perut dan dompet anda.

Ketika berada di Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini, maka Coto Makassar merupakan salah satu kuliner tradisional yang sayang untuk anda lewatkan.

Makanan yang terbuat dari jeroan dan daging sapi dengan kuah khas Makassar yang diracik secara khusus ini, biasanya dihidangkan dalam mangkuk dan disantap bersama dengan ketupat. Jadi ngiler rasanya guys, hehe.

Sementara bagi anda yang berkediaman di luar daerah Sulawesi Selatan dan tak punya kesempatan untuk berkunjung ke daerah tersebut, gak perlu khawatir. Soalnya, saat ini coto Makassar sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, coto Makassar sangat mudah untuk anda temui, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran terkenal.

Wisata Lainnya:   Mengintip Kisah Sang Putri Berubah Jadi Batu, di Goa Mampu Bone

Bahkan yang lebih seru lagi nih guys, kini coto Makassar tak hanya dapat dinikmati di bumi Nusantara. Tapi, di Sidney, Australia pun juga sudah memiliki restoran yang menyajikan menu tersebut.

Salah satu warga Sidney yang ikut mencicipi Coto Makassar mengaku puas dengan sajian kuliner asal Sulawesi Selatan itu. “Seratus persen masakan ini beda, sangat berasa,” ujarnya.

Hemm… masalah rasa, memang gak perlu diragukan lagi, rasanya dijamin mantap dan dapat menggoyangkan lidah anda. Soal harga pun, cukup terjangkau. Pokoknya, sesuai selera dan kantong semua kalangan deh.

Coto Makassar, Kuliner Sulawesi Selatan

Bahkan saking lezatnya guys, coto Makassar termasuk salah satu dari lima kuliner terlezat di Sulawesi Selatan.

Oh ya guys, bagi anda yang memiliki hobby masak dan ingin mencoba membuat coto Makassar, berikut informasi mengenai resep dan cara membuatnya.

Bahan & cara membuat Coto Makassar :

Bahan :

1 kg daging dan jeroan sapi, 2 liter air cucian beras, 250 gram kacang tanah (goreng dan haluskan), 5 batang serai (memarkan), 5 cm jahe (memarkan), 1 ruas lengkuas (memarkan), 5 lembar daun salam, 3 sendok makan minyak untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan:

8 butir kemiri (sangria), 10 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar (sangrai), 1 sendok teh jintan (sangrai), 1 sendok teh merica, garam secukupnya.

Pelengkap: Bawang goreng, daun bawang,  seledri.

Cara membuat :

Rebus daging sapi, jeroan, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam menggunakan air cucian beras. Setelah daging matang dan empuk, lalu  daging dan jeroan di potong dadu. air rebusan atau kaldu jangan dibuang.

Kemudian Panaskan minyak goring dan tumis bumbu yang sudah haluskan hingga harum.

Panaskan kembali kaldu, masukkan bumbu yang telah ditumis kemudian tambahkan kacang tanah dan tunggu sampai mendidih.

Selanjutnya, siapkan potongan daging dan jeroan dalam mangkuk, kemudian siram dengan air kaldu, tambahkan bawang goreng, serta daun bawang dan seledri yang telah di iris halus.

Kini coto Makassar masakan anda, siap di hidangkan. Selamat menikmati dan semoga resep ini dapat bermanfaat buat anda.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *