Ingin Berlibur di Pantai Dengan Aman? Berikut Tipsnya

PANTAI adalah salah satu obyek wisata yang selalu dipilih oleh kebanyakan orang disaat berlibur, apalagi jika mereka bersama dengan keluarga tercinta.

Tapi tahukah anda jika liburan di pantai juga memiliki sejumlah risiko? Nah untuk itu, sebaiknya anda memperhatikan panduan dasar atau etika saat berlibur di pantai.

Berikut ini beberapa tips liburan aman di pantai yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan Kondisi Air

Sebelum berenang, sebaiknya anda ada menanyakan kepada penjaga pantai soal kondisi pantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Tanyakan juga apakah ada ubur-ubur di sekitar bibir pantai  Sementara jangan paksakan berenang jika kondisi sedang pasang atau ombak terlalu besar.

2. Gunakan Pakaian Tipis

Hindari menggunakan pakaian dengan bahan yang terlalu tebal karena bisa memberatkan anda saat berenang atau saat bermain air. Selain itu, bahan tebal akan lebih lama kering dibanding yang berbahan tipis. Pilihlah kaos yang mudah kering dan berbahan tipis agar lebih nyaman.

3. Pilihlah Waktu Tepat Untuk Berjemur

Bila ingin berjemur, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukannya. Waktu yang terbaik untuk berjemur adalah dari pagi hingga pukul 11.00 siang atau setelah pukul 15.00 sore. Matahari siang hari yang terik justru akan membakar dan merusak kulit. Pakailah sunblock di seluruh permukaan kulit anda sebelum terpapar langsung sinar matahari. Jangan lupa oleskan pelembab kulit sesekali karena kulit akan menjadi kering. Akan tetapi jika anda tetap ingin menikmati pemandangan pantai di siang hari, sewalah payung yang biasa digunakan di pantai atau dirikan tenda.

Wisata Lainnya:   Melirik Permandian Bidadari di Air Terjun Moramo, Konawe Selatan

4. Patuhi Aturan Pengelola Pantai

Agar keselamatan anda terjamin, sebaiknya anda mematuhi aturan pengelola pantai. Apabila terdapat larangan dilarang berenang sebaiknya anda mematuhinya. Begitupun dengan aturan jangan membuang sampah sembarangan. Jadikan pantai kita pantai yang bersih.

5. Jangan Menyentuh Cagar Alam

Apabila berlibur bersama dengan keluarga, tegaskan pada anak, maupun anggota keluarga lainnya untuk tidak menyentuh atau mendekati cagar alam, baik itu tumbuhan maupun hewan. Selain mengajari anak untuk tidak merusak lingkungan, juga menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan seperti sengatan ubur-ubur atau gigitan ikan.

6. Jangan Berlari Atau Bermain Di Tengah Keramaian

Bukan bermaksud merusak kesenangan, tapi berlari dan bermain di tengah keramaian bisa sangat mengganggu pengunjung lainnya. Jika anda ingin bermain voli atau frisbee, sebaiknya mencari tempat yang agak sepi yang tak akan menganggu orang lain. Jika ingin berlari, pastikan pasir di sekitar kaki anda tidak akan beterbangan ke arah pengunjung lain yang sedang berjemur atau bermain pasir.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keunikan Danau Napabale, Wisata Sulawesi Tenggara

7. Jangan Memutar Musik Terlalu Keras

Jangan pernah memutar atau menyetel musik terlalu keras saat berwisata ke pantai. Cobalah mengerti bahwa tidak semua orang suka dengan musik favorit anda.

Matahari terbenam (sunset) di pinggir pantai (Foto : Dok. Wisatasulawesi.com)

8. Jangan Pernah Sembarang Memotret

Namanya juga pantai, pasti ada beberapa atau bahkan banyak orang yang berpakaian minim. Menghormati pengunjung lain dengan tidak jelalatan atau memotret sembarangan. Lain halnya jika yang anda pandangi dan potret itu adalah pemandangan matahari terbenam (sunset).

9. Jangan Bermesraan Berlebihan

Pantai dengan pemandangannya yang indah dan suasana yang romantis memang cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Namun, jangan lantas terbawa suasana dan bermesraan secara berlebihan. Hal itu akan membuat risih siapapun yang melihat. Apalagi kalau status anda dengan si dia baru berpacaran, belum jadi pasangan resmi di mata hukum dan agama.

10. Tetaplah Waspada di Sekitar Pantai

Wisata Lainnya:   Indahnya Wisata Pantai Manakarra Mamuju

Saat berjemur, tetaplah perhatikan sekeliling anda untuk menghindari tangan jahil dari barang-barang berharga anda ataupun dari bahaya gigitan dan sengatan hewan di sekitar pantai. Memang, kesenangan saat bermain di pantai tiada tandingannya, terutama saat anda bermain-main dengan air dan berenang. Namun hal itu bisa membuat anda terhanyut dan lupa diri.

11. Jangan Lupa Membersihkan Badan Anda

Setelah berenang, janganlah lupa bilas rambut dan seluruh badan anda dengan shampoo dan sabun serta air bersih. Air laut memiliki kadar garam yang tinggi yang mungkin bisa membuat reaksi alergi pada kulit. Alasan lainnya adalah mungkin saja air laut telah tercemari oleh zat-zat berbahaya yang menempel pada kulit anda. Hindari memakai baju basah berlama-lama apalagi hingga kering karena garam dan zat-zat membahayakan lainnya yangg tertinggal dapat merusak kulit.

12. Banyak Minum Air

Minumlah air putih atau air mineral yang banyak untuk menghindari dehidrasi. Karena dehidrasi bisa terjadi akibat lelah akibat bermain seharian di pantai ditambah terkena sinar matahari.

Demikian beberapa tips liburan di pantai yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat, dan akhir kata selamat berlibur.

One Comment

  1. velasco 05/10/2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *