Mengintip Indahnya Pulau Mahoro, Sulawesi Utara

2,746 x dibaca

Pulau Mahoro merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dan masih berada ruang lingkup Nusa Utara. Pulau Mahoro sangat terkenal dengan keindahan keunikan alamnya yang memukau. Sampai saat ini, keindahan dan keunikan Pulau Mahoro belum terkalahkan dengan pulau-pulau yang lain di Nusantara ini. Hal ini dikarenakan pesona alamnya yang masih sangat alami sehingga membuat mata siapa saja yang memandangnya dibuat takjub dengan keindahan alamnya.

Pulau Mahoro ini memiliki pantai pasir putih yang masih sangat bersih dan belum tercampur dengan sampah sedikit pun. Pemandangan terumbu karang dibawah laut pulau ini juga bisa di nikmati oleh para pengunjung dan keberadaannya pun tidak jauh dari bibir pantai. Belum lagi ditambah dengan air ombak yang sangat tenang seperti kolam sehingga tidak akan menimbulkan rasa khawatir pada setiap pengunjung yang menginginkan untuk berenang di pantai. Bahkan, anak-anak pun juga bisa leluasa bermain pasir putih di tepi pantai tanpa rasa khawatir terhadap ombak yang berbahaya.

Wisata Lainnya:   Menyusuri Keindahan Pantai Karampuang Sinjai

Begitu juga dengan siapa saja yang memiliki kegemaran diving, spot terumbu karang bisa dengan mudah ditemukan. Tak heran jika beberapa master dive menjulukinya dengan istilah surga diving.

Tidak hanya keindahannya saja, Pulau Mahoro ini masih banyak sekali menyimpan aneka biota laut yang tergolong lengkap. Salah satu biota yang tergong langka adalah ikan purba. Masyarakat sekitar masih sering melihat ikan purba di pulau ini dan ikan purba tersebut masih hidup dengan bebas disekitar pulau yang yang mereka diami. Selain ikan purba ada juga jenis biota langka yang lain yaitu penyu. Pada setipa bulan purnama, penyu ini kerap kali mendarat dan bertelur di pantai ini.

Wisata Lainnya:   Wisata Bunaken, Pesona Bawah Laut Tak Terlupakan

Di Pulau Mahoro juga terdapat sebuah goa batu yang menjadi sebuah tempat bersarangnya burung walet yang dengan alami bisa terbentuk. Apabila air laut sedang mengalami surut, maka akan ada  semacam taman pasir putih buatan yang diatasnya terdapat banyak sarang walet dan lalu lalang burung kelelawar yang saling berterbangan antara satu dengan yang lain.

Lokasi

Pulau Mahoro ini berada di Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara.

Akses

Perjalanan ke Pulau Mahoro dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat atau dengan perahu nelayan yang bermesin katinting. Dengan jarak tempuh sekitar  ± 9,5 Mil dari pelabuhan Ulu Siau, maka akan memakan waktu sekitar 15 – 45 menit itu pun jika laut tidak bergelombang sedangkan jika laut bergelombang akan memakan waktu sekitar 2 jam lamanya. (Berbagai sumber)

Wisata Lainnya:   Mengintip Keunikan Danau Napabale, Wisata Sulawesi Tenggara

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *