Menikmati Indahnya Pulau Saronde di Gorontalo

Wisatasulawesi.com Provinsi Gorontalo memang menyimpan segudang destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah dan menakjubkan dibanding daerah lain yang ada di Indonesia. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Saronde.

Pulau Saronde merupakan pulau kecil yang hanya sekitar luas keliling kurang lebih 1km. Namun meski demikian, pulau ini memiliki kelebihan dengan pasir putihnya yang terhampar mengelilinginya bebatuan karang indah menemani pemandangan pulau yang memesona.

Pulau Saronde, Gorontalo (Foto : Jawapos)

Jika berjalan dari selatan ke utara maka akan menemukan pemandangan yang berbeda. Hamparan pasir putih lembut yang membenamkan kaki Anda hingga batu karang dan  air laut yang jernih memanjakan mata.

Pulau Saronde masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk menempuh perjalanan dari pusat Kota Gorontalo hingga ke dermaga Kwandang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Tapi apabila Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan umum maka ambillah angkutan umum rute Gorontalo-Kwandang.

Wisata Lainnya:   Mengintip Indahnya Pulau Mahoro, Sulawesi Utara

Sementara jarak tempuh dari dermaga Kwandang menuju Pulau Saronde, diperlukan sekitar 60 menit dengan menggunakan jasa angkutan penduduk setempat atau disebut katinting.

Keistimewaan Pulau Saronde adalah taman bawah lautnya begitu indah dengan beragam terumbu karang, menjadikan perairan di pulau ini sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Maka dari itu tak heran jika sejumlah orang menyebut pulau ini sebagai ‘permata wisata’ yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, jika berencana liburan/berwisata di Pulau Saronde dalam beberapa hari, tidak usah ragu. Karena di sini tersedia perahu yang bisa disewa dan dipakai memancing di sekitar perairan pulau yang mempesona ini.

Pulau Saronde tampak dari kejauhan

Untuk masuk ke Pulau Saronde, pengunjung tidak dipungut bayaran apa pun. Kecuali sewa cottage kalau mau menginap. Tapi jika tidak mau mengeluarkan biaya penginapan, Anda bisa mendirikan tenda lho.

Wisata Lainnya:   Pantai Nirwana Bau-Bau, Menyajikan Keindahan Alam Lengkap

Sementara soal makananan, pengunjung bisa membawanya sendiri bekal. Tapi jika tidak mau repot, penduduk setempat juga menjajakan makanan di sini dengan menu berupa nasi dan ikan bakar serta sambal khas Gorontalo.

Bagi Anda para pecinta fotografi, silakan tunggu hingga matahari terbenam dan menanti keajaiban warna sunset di Pulau Saronde. Refleksi semburat kemerahan warna sunset di permukaan laut dengan foreground Pulau Batu di depannya akan membuat momen yang tak pernah terlupakan.

Mungkin Anda sudah puas menikmati segala keindahan dan hendak meninggalkan pulau indah ini? Tapi sebelum itu, jangan lupa membeli sovenir yang terbuat dari kerang dan keong laut yang telah “disulap” dan dipoles oleh penduduk setempat menjadi karya seni yang sangat menakjubkan dan sekaligus dapat dijadikan hiasan dinding rumah Anda, dengan berbagai macam model dan ukuran, yang memiliki keunikan dan kenangan tersendiri. Soal harga juga bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Wisata Lainnya:   Air Terjun Kembar Batu Barae, Panorama Alam Menakjubkan

Nah bagaimana, apakah sudah siap mengujungi Pulau Saronde Gorontalo untuk menikmati keindahannya? Sekian dan semoga dapat dijadikan referensi, akhir kata selamat berwisata untuk Anda. (Berbagai Sumber)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *