Wisata Alam

Menikmati Keindahan Air Terjun Lembang Saukang

Wisatasulawesi.com Kabupaten Sinjai memiliki ragam destinasi wisata alam dan bahari yang menawan, dan tentunya sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah air terjun Lembang Saukang.

Air terjun Lembang Saukang ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dulu, air terjun ini dikenal dengan air terjun tujuh tingkat. Namun pasca banjir bandang yang menimpa Kabupaten Sinjai pada tahun 2006 silam, struktur bebatuan yang membentuk tingkatan-tingkatan tersebut mengalami perubahan dan hanya menyisakan tiga tingkatan saja.

Air Terjun Lembang Saukang (Foto : inilah.com)

Meski demikian, keindahan serta panorama alam di sekitar air terjun itu tetap dapat Anda nikmati. Alunan dari percikan air dapat menciptakan suatu irama yang menyegarkan pikiran Anda setelah beraktifitas selama sepekan. Apalagi disertai dengan udara dingin yang mampu menyejukkan hati.

Wisata Lainnya:   Taman Hutan Raya Murhum, Wisata Sulawesi Tenggara

Bahkan keindahan panorama alamnya tidak kalah objek wisata air terjun lainnya di Sulsel. Beragam spesies tumbuhan dan pohon juga ada di daerah ini.

Selain itu, keindahan serta percikan air yang seirama dengan suara air terjun dapat Anda nikmati di atas jembatan gantung dengan ketinggian 7 meter dari sungai dan memiliki panjang 30 meter yang berada di depan air terjun ini.

Air terjun ini terletak di Desa Lembang Saukang Kecamatan Tellulimpoe, yang berjarak sekitar 45 Km dari pusat kota Sinjai.

Air Terjun Lembang Saukang

Sementara tarif yang dikenakan kepada pengunjung air terjun ini terbilang masih relative murah. Yakni, kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif Rp3.000 dan kendaraan roda empat Rp10.000.

Wisata Lainnya:   Tanjung Pallette, Wisata Bahari Khas Bukit Karang

Sementara itu, meski saat ini pengunjung objek wisata air terjun Lembang Saukang masih didominasi oleh penduduk lokal. Namun kawasan wisata ini, sangatlah potensial untuk dikembangkan secara berkesinambungan. Hanya butuh sentuhan dan perhatian oleh pihak terkait, agar objek wisata ini mampu memikat wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Apalagi bukan hanya potensi wisata alamnya, tetapi juga sangat mendukung menjadi kawasan agrowisata.

Sekian dan semoga keindahan air terjun Lembang Saukang dapat dijaga dan dilestarikan bersama, agar tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

Jangan sampai hanya karena kepentingan orang-orang atau kelompok tertentu, sehinggga panorama alam yang sudah terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun ini, hancur hanya dalam hitungan menit.  Akhir kata, selamat berwisata untuk Anda. (Berbagai Sumber)

Wisata Lainnya:   Obyek Wisata Bukit Jati Gentungan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top