Sulsel

Menyusuri Gugusan Karts Rammang-rammang Maros

Wisatasulawesi.com Sulawesi menyimpan sejumlah ragam potensi wisata. Potensi itu tak hanya wisata pantai, air terjun maupun kulinernya. Namun, yang tak kalah menarik dan menakjubkan, di daerah ini juga terdapat kawasan bukit atau gugusan karst terluas di dunia selain karst di Cina Selatan dan Vietnam.

Menyusuri Gugusan Karts Rammang-rammang MarosGugusan Karts Rammang-rammang Maros, Sulawesi Selatan

Ya, Gugusan pegunungan karst tersebut berada di Dusun Rammang-rammang Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dan luasnya mencapai sekitar 43 hektare. Wow luas banget ya!

Indahnya panorama pebukitan karst dengan warna batuan dominan hitam diantara aliran sungai dan hamparan persawahan tersebut, ditambah bentuknya unik, bak pahatan alam dengan tinggi yang bervariasi mulai dari beberapa centi meter sampai puluhan meter itu, membuat pemandangan sungguh luar biasa menakjubkan.

Wisata Lainnya:   Warga Saling Menceburkan Dalam Ritual Cemme Passili

Bahkan jarang yang pernah berkunjung tidak berdecak kagum dan merasa betah berlama-lama di kawasan bukit kapur dengan goa-goa yang banyak tersembunyi di sekitarnya. Goa-goa tersebut memiliki stalaktit, stalakmit, flowstone, helektit, pilar, dan sodastraw menakjubkan.

Selain karena itu, banyak diantara mereka mengakui jika berada di kawasan bukit batu karts itu, seakan dibawa ke Halong Bay Vietnam. Entah karena alasan itu atau bagaimana, yang pastinya karst Rammang-rammang menjadi salah satu tujuan wisata favorit turis mancanegara di Sulawesi Selatan.

Tempat Manusia Purba

Berdasarkan sumber dari sejumlah peneliti geologi dan arkeologi nasional dan internasional yang pernah meneliti di kawasan karst tersebut, menyebutkan terdapat sekitar 400-an goa berada di kawasan karst tersebut. Dan sebanyak 89 di antaranya, merupakan goa prasejarah yang merupakan bekas tempat tinggal manusia purba ribuan tahun lalu.

Wisata Lainnya:   Ayo Jelajahi Wisata Di Sinjai Sambil Menikmati Minas

Bahkan kawasan bukit karst Rammang-rammang menyimpan banyak bukti sejarah fenomena geologi, khususnya fenomena pergerakan lempeng bumi yang memiliki andil dalam pembentukan Pulau Sulawesi.

Keeksotikan kawasan bukit karst Maros semakin lengkap dengan adanya aliran sungai yang diapit oleh hamparan persawahan, rumah-rumah panggung milik penduduk, menara karst, taman batu, gua karst, jembatan karst dan yang paling menakjubkan adalah pada ujung sungai tersebut terdapat perkampungan yang dibentengi oleh gugusan menara karst.

Dan di sungai itu menyajikan keindahan lanskap bagai jejeran etalase keragaman perpaduan geodiversity, biodiversity dan cultural diversity yang tak ada tandingannya.

Menurut beberapa ahli, kawasan dengan perpaduan menara karst dan sungai seperti yang ada di kawasan itu, sangat jarang ditemui. Hanya ada di Cina dan di Maros, Sulawesi Selatan Indonesia. Oleh karena itu patut jika kawasan bukit karst Rammang-rammang ini dinilai sebagai kawasan karst kelas dunia.

Wisata Lainnya:   Mengenal Lebih Dekat Budaya Tana Toa, Kajang Bulukumba

Untuk melihat indahnya dan mengelilingi pegunungan karst Rammang-rammang lewat jalur sungai, Anda hanya perlu menyewa perahu. Tapi ingat loh, disana belum ada penginapan, jadi jika punya rencana untuk bermalam disana hanya dirumah warga, jawabannya.

Nah bagi Anda yang ingin berwisata dan berpetualang di bukit karts Rammang-rammang ini, jarak tempuh sekitar 40 km atau 60 menit dari Kota Makassar, atau sekitar 30 menit dari Bandara Hasanuddin. (Dari berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top