Sulteng

Panorama Alam Wisata Taman Wera, Menakjubkan

Obyek wisata Taman Wera ini bertempat di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Bagi anda yang belum mendengar obyek wisata ini, jangan khawatir karena kami akan membahasnya dalam artikel kali ini. Semoga dengan penjelasan yang kami berikan, bisa membuat anda tertarik untuk mengunjungi wisata Sulawesi Tengah ini.

Wisata Taman Wera adalah sebuah kawasan hutan lindung yang di jadikan sebagai kawasan wisata hutan alami. Pada tahun 1980, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah mempublikasikan taman Wera ini sebagai taman wisata hingga sekarang. Sampai saat ini obyek wisata Taman Wera ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Umumnya para wisatawan banyak tertarik dengan obyek wisata Sulawesi ini karena berbagai keindahan alamnya yang memukau.

Kawasan obyek wisata Taman Wera ini berada di wilayah pelestarian alam dengan luas yang dimiliki sekitar 250 Ha. Seperti kita ketahui bersama bahwa kebanyakan kondisi bumi Sulawesi ini terdiri dari perbukitan dan lereng-lereng sehingga mengakibatkan jenis hujan Tropis di wilayah Pulau Sulawesi. Dengan adanya hujan tropis pada bumi Sulawesi ini membuat kebanyakan hewan serta habitat lainnya bertahan hidup di hutan-hutan Sulawesi.

Wisata Lainnya:   Wow…! Sungai Terpendek di Dunia Ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara

Jika anda mengunjungi kawasan obyek wisata Taman Wera ini, akan anda temui beberapa hewan yang tergolong unik dan jarang anda jumpai di manapun. Hewan-hewan unik yang tinggal di kawasan obyek wisata ini di antaranya Burung Nuri Berkepala Biru, Monyet Hitam, Burung Kasuari, Kakaktua Jambul Kuning, Ayam Hutan, dan beberapa jenis kupu-kupu. Namun, anda jangan kaget jika jumlah mereka tidak terlalu banyak karena populasi mereka sudah berkurang cukup banyak.

Disamping jenis-jenis hewan tadi, anda juga akan menemui beberapa jenis tumbuhan yang populasinya juga cukup berkurang banyak. Diantara tumbuh-tumbuhan tersebut adalah Lei, Pohon Kenari, bunga Anggrek, Pakis sarang, Lebanu, Beringin, dan Bintangur. Semua jenis tumbuhan tersebut tumbuh subur di obyek wisata Sulawesi ini.

Sementara itu, bagi anda yang menyukai petualangan, tempat ini sangat cocok anda pergunakan sebagai medan petualangan dan puncaknya terdapat di Air Terjun wera. Anda dapat menikmati keindahannya air terjun ini dari dua tempat yang berbeda. Yakni dari bagian atas air terjun dan dari bagian bawah air terjun. Aliran air terjun dari puncak bukit dengan ketinggian yang sekira 100 meter, adalah salah satu panorama indah yang bisa anda nikmati di sini. Selain itu, anda juga bisa hiking untuk melintasi hutan selama berada di kawasan wisata Wera ini.

Wisata Lainnya:   Indahnya Air Terjun Saluopa, Wisata Sulawesi Tengah

Nah, untuk menjelajah kawasan wisata Sulawesi Tengah ini, disarankan pengunjung berjalan kaki dengan menggunakan alas kaki yang sesuai dengan medan terjal, misalnya sepatu untuk tracking atau yang sejenisnya.

Untuk mencapai puncak air terjun Wera, anda hanya bisa berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menanjak. Sesampai di puncak Air Terjun Wera, anda akan menyaksikan panorama alam yang sangat indah dan masih sangat alami.

Jika anda memutuskan untuk berkemah di kawasan air terjun ini, disarankan anda berkemah di dataran sebelah utara dan di puncak bukit yang berada di dekat desa Ngatapapu. Untuk mencapai lokasi tersebut, anda bisa mampir sejenak ke tepi sungai Wera. Di tepi sungai Wera tersebut, anda bisa menikmati kesejukan dan kesegaran aliran sungai tersebut yang sangat jernih.

Lokasi

Taman Wisata Wera ini terletak di wilayah Hutan Lindung yang berada di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan pintu masuk Taman Wisata ini terletak di Desa Balumpewa dengan Kecamatan Dolo.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keindahan Pantai Talise, Sulawesi Tengah

Akses

Desa Balumpewa ini berjarak sekitar 19 km di sebelah selatan Kota Palu. Untuk menuju pintu masuk Taman Wisata Taman Wera ini, anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 60 menit lamanya. Sedangkan jarak antara Wisata Taman Wera dengan Puncak air Terjun Wera sejauh 2 km dan hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki.

Fasilitas

Di sekitar obyek wisata Sulawesi ini sebenarnya belum banyak ditemui beberapa fasilitas pendukung, misalnya penginapan. Namun, jika anda menghendaki untuk menginap di sekitar lokasi wisata ini sebaiknya anda menginap di Hotel Santika Palu atau di Palu City Hotel.

Bagaimana apakah sudah siap untuk melakukan kegiatan wisata di Taman Wera ini? Yang pasti jika berkunjung di tempat ini, anda akan disuguhi pemandangan luar biasa yang belum pernah anda temukan di tempat lain. (Diolah dari berbagai sumber)

(source images: http://yukpegi.com)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Taman Wisata Alam Wera | Indonesian Forest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top