Samalona, Pulau Cantik nan Indah di Barat Kota Makassar

5,971 x dibaca

Indonesia kaya dengan pulau-pulau yang menakjubkan, pulau tersebut berjejer dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah pulau yang berada di selat Makassar.

Pulau Samalona, Makassar, Sulawesi Selatan (Foto : cumilebay.com)

Samalona, sebuah nama pulau yang mungil nan indah. Iya, dia memang pulau yang sangat indah. Luas pulau Samalona hanya berkisar 2,3 hektar. Kendati pulau ini kecil, tapi pemandangan bawah lautnya terkenal hingga mancanegara, yang juga merupakan salah satu tempat wisata populer di Sulawesi Selatan.

Bagaimana tidak, di bawah laut sana keindahannya sangat menakjubkan, banyak terumbu karang yang berwarna warni, kuda laut serta ikan-ikan cantik yang ikut menari-nari.

Konon, Pulau Samalona merupakan gugusan pulau karang, begitu banyak misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-II di tempat tersebut. Dan diperkirakan ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan  pulau itu.

Wisata Lainnya:   Obyek Wisata Pulau Karampuang

Diantaranya,  kapal Maru, kapal perang milik Jepang, kapal Lancaster Bomber, kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang, kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda, serta kapal selam yang juga milik Jepang.

Nah, kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi tempat tinggal ratusan biota laut yang beraneka ragam. Keindahan inilah yang menjadikan laut di pulau Samalona sempurna untuk diselami, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berenang di antara bangkai-bangkai kapal itu. Sangat mengagumkan dan sungguh suatu pemandangan yang tak membosankan.

Pulau Samalona ini, berada di sebelah barat Kota Makasar atau sekitar 2 km dari Pantai Losari. Secara administratif , Samalona ini juga termasuk wilayah kota Makasar, tepatnya, di Kecamatan Ujung Pandang,  Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Wisata Lainnya:   Malino Highlands, Wisata di Puncak Alam Raya Sulawesi

Untuk yang ingin berwisata ditempat ini, pengunjung dapat menggunakan perahu nelayan atau perahu motor melalui pantai Losari. Hanya waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Pokoknya Gak jauh dan tidak melelahkan.

Yang pastinya jika anda berwisata ditempat ini, anda disuguhkan pulau kecil nan cantik dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Wisata Pulau Samalona (Foto : blogspot)

Tak hanya itu, di pulau ini wisatawan juga dapat merasakan berbagai macam makanan segar yang dimasak dengan cara yang unik, yaitu masakan diletakkan di atas tempurung kelapa yang ditutupi dengan dedaunan. Nah, aromanya pun segera tercium dan menggugah selera makan. Mantap!!!

Selanjutnya, pengunjung juga bisa bersantai menikmati kelapa muda sambil bermain pasir ataupun berjemur.

Saat senja tiba, sunsetnya sungguh menawan. Dengan pemandangan laut lepas yang luas akan membuat para wisatawan merasa nyaman dengan menikmati Sang mentari yang tenggelam secara perlahan.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keindahan Panorama Pantai Nambo, Kendari

Tak heran, para wisatawan silih berganti bertandang kepulau ini. Dan bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan di kota Makassar, tak ada salahnya jika pulau Samalona menjadi pilihan anda.

Untuk masalah penginapan bagi yang ingin melewati malam di pulau ini, Gak perlu khawatir, soalnya di lokasi ini tersedia penginapan sederhana berbentuk rumah pangggung. Tapi kalau lebih fresh dan menikmati suasana malam, anda bisa bawa sendiri tenda untuk melengkapi keindahan waktu berwisata dimalam hari di Pulau Samalona ini.

Sekian dulu info tentang pulau yang mungil nan indah, Samalona ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi, dan selamat berwisata untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *