Wow…! Sungai Terpendek di Dunia Ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara

Wiatasulawesi.com Tak sedikit dari panorama alam Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Bahkan ada diantaranya masuk dalam rekor dunia. Salah satunya adalah Sungai Tamborasi.

Sungai Tamborasi ini terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, dimana telah mencatat rekor sebagai sungai terpendek di dunia dan itu telah diakui oleh dunia internasional. Wow… Indonesia keren ya.

Oh iya, sebelum Sungai Tamborasi ditahbiskan sebagai sungai terpendek sedunia oleh Guiness Book of World Record, rekor sungai terpendek didunia sebelumnya disandang oleh Sungai Roe di Great Fallas, Montana, Amerika Serikat, yang mana memiliki panjang sekira 61 meter. Namun rekor tersebut akhirnya berhasil dipatahkan ketika Sungai Tamborasi yang memiliki panjang hanya sekira 20 meter dan lebar 15 meter ditemukan di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Sungai Tamborasi, Sungai terpendek di dunia (Foto : kaskus.co.id)
Sungai Tamborasi, Sungai terpendek di dunia (Foto : kaskus.co.id)

Selain Guiness Book of World Record, situs Wikipedia juga mencatat jika Sungai Tamborasi sebagai sungai terpendek di jagad raya ini.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keindahan Pantai Talise, Sulawesi Tengah

Maka jangan heran jika sungai ini selalu dipadati pengunjung. Dan bahkan telah menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena selain datang untuk sekadar bersantai, berenang atau mandi, kedatangan para pengunjung di sungai terpendek ini, hanya ingin menyaksikan keunikan dan keindahan wisata Pulau Sulawesi ini.

KEINDAHAN DAN KEUNIKAN YANG DITAWARKAN

Iya, bagi anda yang berkunjung ke Sungai Tamborasi dijamin akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Dan yang pasti akan merasa takjub jika dapat menyaksikan langsung salah satu keajaiban dunia tersebut.

Selain itu, sungai ini juga menawarkan pemandangan unik dan mempesona. Keunikan Sungai Tamborasi adalah memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat. Dimana letak hulu sungai hanya berjarak sekitar 20 meter dari hilir yang bermuara langsung ke laut. Dan hamparan pasir putih di sekitar pantai dan hilir sungai, juga ikut menambah keindahan di tempat wisata ini.

Wisata Lainnya:   Menikmati Keindahan Air Terjun Lembang Saukang

Bukan hanya itu, sungai ini juga memiliki dua jenis air, yakni air tawar yang dingin dan air laut yang terasa hangat. Nah dengan demikian, jika ingin berenang atau mandi di sana, Anda memiliki dua pilihan sensasi air yang berbeda.

Anda pun bisa temukan beberapa jenis binatang hutan dan beberapa spesies burung, serta beragam tumbuhan laut, karena suasana alam di sekitar sungai ini masih terbilang alami.

Olehnya itu, semua keindahan dan keunikan yang ada Sungai Tamborasi ini, sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja, terutama ketika Anda sedang bepergian di Kabupaten Kolaka.

FASILITAS

Beberapa fasilitas umum untuk memanjakan pengunjung seperti gazebo untuk beristirahat dan tempat ganti pakaian sudah dilengkapi.

Wisata Lainnya:   Pantai Nirwana Bau-Bau, Menyajikan Keindahan Alam Lengkap

Sementara untuk fasilitas lainnya seperti hotel dan restoran, memang disana belum tersedia. Tapi jika Anda dan keluarga ingin menginap disana, tidak usah ragu. Karena di sekitar lokasi, ada beberapa rumah makan yang sudah “disulap” untuk sekaligus menjadi penginapan.

LOKASI DAN AKSES

Kendati lokasi Sungai Tamborasi jauh dari pusat kota Kolaka, namun tidak usah ragu jika ingin liburan disana. Karena dalam perjalanan, Anda akan disuguhkan dua pemandangan alam sekaligus yaitu, pinggir pantai dan pegunungan batu marmer di sepanjang jalan.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda bisa mengaksesnya dengan perjalanan darat dengan jarak tempuh sekira 90 Kilometer dari pusat Kabupaten Kolaka, atau membutuhkan waktu sekitar 2 jam. (Berbagai Sumber)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *