Taman Hutan Raya Murhum, Wisata Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara menawarkan beragam jenis tempat wisata di provinsi ini, sehingga tidaklah heran jika mengundang banyak wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia, maupun dunia.

Nah, bila anda ingin merasakan sesuatu yang berbeda dari Sulawesi Tenggara, bisa mampir ke lokasi wisata Taman Hutan Raya Murhum.

Hutan Raya Murhum,Tempat Wisata Sulawesi (source : yukpegi.com)

Obyek wisata Taman Hutan Raya Murhum terletak di area pegunungan Nipa-Nipa, tepatnya di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Obyek wisata ini terbagi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Mandonga, Kecamatan Kendari, dan Kecamatan Soropia yang ketiga-tiganya berada di wilayah Kota Kendari.

Penyebutan Murhum diambil pada nama Raja Buton yang terakhir dan juga nama Sultan Buton pertama, sebagai penghormatan pada raja dan sultan yang pernah berkuasa di sana. Maka diabadikan namanya pada Taman Hutan Raya ini.

Taman hutan ini masih termasuk ke dalam salah satu Kawasan Konservasi Alam di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Hutan Raya Murhum ini memiliki bentuk topografi datar, bukit, serta gunung yang berada di kondisi kemiringan hingga mencapai 20-40%. Tahura Murhum (Taman Hutan Raya Murhum) berada tepat di atas tanah yang seluas sekitar 8.146 hektar dengan ketinggian sekitar 500 m di atas permukaan laut.

Wisata Lainnya:   Melirik Permandian Bidadari di Air Terjun Moramo, Konawe Selatan

Tahura Murhum ini memiliki berbagai macam keistimewaan dan keunikan yang beraneka ragam salah satunya terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang bermacam-macam. Tanaman tumbuh-tumbuhan yang banyak terdapat di Tahura Murhum adalah kayu besi, bolo-bolo putih, palem, rotan, dan sebagainya. Sedangkan hewan yang banyak terdapat di Tahura Murhum adalah hewan anoa, musang, elang laut, kupu-kupu, dan kesturi.

Selain itu, di dalam area hutan ini, anda akan bisa menikmati air terjun yang sangat bersih dan dapat anda pergunakan untuk mandi. Tak hanya itu, tidak jauh dari lokasi air terjun tersebut, anda akan menemukan situs bersejarah. Yaitu benteng pertahanan peninggalan Jepang.

Kombinasi yang beragam antara jenis-jenis tumbuhan, hewan, serta panorama alam yang memukau, dan situs bersejarah membuat obyek wisata Sulawesi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Wisata Lainnya:   Wow…! Sungai Terpendek di Dunia Ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara

Selain keindahan alam yang memukau pada obyek wisata ini, Tahura Murhum juga sudah menyediakan berbagai fasilitas yang di peruntukkan bagi kenyamanan setiap pengunjung. Di sekitar kawasan Tahura Muhum ini terdapat rumah makan dan restoran yang memiliki berbagai macam menu masakan yang sangat tepat untuk menambah stamina anda setelah berjalan kaki selama menyusuri kawasan wisata ini. Jika anda sangat lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup lama dan tidak sanggup meneruskan untuk menelusuri obyek wisata Tahura Murhum ini, anda bisa menginap terlebih dahulu di sekitar lokasi obyek wisata untuk beristirahat. Di sekitar obyek wisata Tahura Murhum ini sudah di sediakan akomodasi hotel yang terdiri dari berbagai macam kelas hotel, mulai dari motel hingga hotel berbintang.

Wisata Lainnya:   Wisata Danau Tempe, Unik dan Menakjubkan

AKSES

Untuk menuju obyek wisata ini, anda harus memperhatikan akses jalan yang tepat dalam rangka untuk mempercepat perjalanan sampai ke tempat obyek wisata. Jika anda memulai perjalanan dari Bandara Wolter Mongisidi, anda harus naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju Kelurahan Kemaraya dan kemudian di lanjutkan menuju ke Benua-benua Tipulu, Gunung Jati, Sodohoa dan Mangga Dua. Setelah anda sampai di Mangga Dua, anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak sekitar 3,5 km atau sekitar 2 jam berjalan menuju ke Obyek Wiasata Tahura Murhum ini. Jangan khawatir, perjalanan yang melelahkan yang anda lewati akan terbayar dengan keindahan alam Tahura Murhum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *