6 Tempat Wisata Menarik di Konawe Utara yang Perlu Anda Kunjungi

8,575 x dibaca

Tempat Wisata Menarik di Konawe Utara – Secara geografis Kabupaten Konawe Utara (Konut) terletak di jasirah Tenggara Pulau Sulawesi. Kabupaten ini terbentuk pada tahun 2007 silam yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Konawe. Sektor pariwisata di kabupaten ini pun kini menggeliat karena dengan adanya beberapa obyek wisata bahari, alam dan obyek wisata lainnya yang sudah dikenal oleh para wisatawan.

Misalnya pulau Labengki yang diklaim sebagai miniatur Raja Ampat, adalah salah satu tempat wisata di daerah ini sudah populer dan mendunia. Apalagi saat ini, pemerintah setempat sedang melakukan pengembangan sektor pariwisata yang dikenal dengan sebutan “Wisata Segitiga Berlian”.

Nah berikut 6 tempat wisata di Konawe Utara yang ‘wajib’ dikunjungi jika sedang berlibur di daerah ini:

  1. Pulau Labengki

Pulau Labengki terdiri dari beberapa gugusan pulau karang besar dan beberapa pulau karang kecil. Sehingga pulau yang sudah mendunia ini terbagi menjadi dua, yakni; Pulau Labengki besar dan Pulau Labengki kecil.

Pulau Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Pulau Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Dipulau ini terdapat keindahan terumbu karang yang sangat menawan nan mempesona bagi siapa saja mengunjunginya. Banyak deretan karang yang tentu saja tumbuh secara alami yag mengelilingi pulau Labengki ini menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, di pulau ini wisatawan bisa pergi mendaki bukit-bukit di pulau-pulau kecil, berenang, menikmati hamparan pasir putih, hingga berkeliling pulau.

Tak hanya itu, di pulau ini terdapat banyak titik penyelaman, bahkan lokasinya menjadi salah satu lokasi favorit bagi para penyelam. Selain menyelam, para pengunjung juga bisa bersnorkeling ria tentunya.

Bahkan di pulau yang diklaim sebagai miniatur Raja Ampat ini, juga ada landscape yang sangat populer, landscape itu bernama Teluk Cinta. Mengapa dinamai Teluk Cinta? Karena di teluk ini bentuknya sangat unik, yaitu berbentuk hati. Nah di teluk hati atau Teluk Cinta ini kita juga bisa snorkeling, atau kita juga bisa menikmati pesona drop off dengan di temani dengan aneka jenis ikan yang ada di dalamnya.

Pulau Labengki terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jaraknya dari Kota Kendari, ibu kota provinsi sekitar 70 km, dengan akses perahu motor. Silakan baca info lengkapnya Pulau Labengki di sini.

  1. Air Panas Wawolesea

Mungkin objek wisata air panas Wawolesea belum banyak yang tahu. Namun tempat wisata yang satu ini perlu anda kunjungi. Pasalnya, tempat ini bagaikan lukisan alam dengan hiasan pohon pinus di sekitarnya. Bentuknya bertingkat-tingkat menyerupai terasering persawahan namun airnya berwarna biru muda. Bahkan dalam tiap tingkatannya, level air panasnya pun juga berbeda-beda; mulai dari hangat hingga relatif panas. Pengunjung tinggal pilih.

Air Panas Wawolesea, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Air Panas Wawolesea, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Mungkin anda sudah biasa atau sering ke tempat wisata air panas. Namun jangan salah di tempat ini, berbeda dengan wisata air panas lainnya, yang biasanya mengeluarkan air yang rasanya tawar, maka di tempat air panas Wawolesea ini, mengeluarkan air panas yang rasanya asin, persis seperti air laut, bahkan lengkap dengan aroma belerangnya yang siap memanjakan kulit pengunjung dengan suasana alamnya. Bahkan tidak sedikit pengunjung datang berobat di tempat ini, karena kandungan belerangnya dipercaya efektif untuk mengobati penyakit kulit.

Iya, objek wisata air panas Wawolesea ini menyimpan seonggok panorama alam nan indah di antara pegunungan kapur dengan ratusan mata air panas dengan gelembung didihnya tak henti-hentinya mengeluarkan air panas dari perut bumi.

Sementara itu, pengunjung pun tak usah khawatir akan keruhnya air, karena sumber air panas dari perut bumi secara terus menerus mengalir sehingga sirkulasi air tetap terjaga.

Jika belum puas dengan mandi air panasnya, pengunjung dapat naik ke  bukit di area tersebut dan menyaksikan eksotisme pemandangan laut yang berada di sebelah timur. Dari perbukitan itu, anda akan melihat kolam air panas Wawolosea dengan gradasi air yang membiru dan menyatu dengan putihnya kapur. Tak hanya itu, jika beruntung satwa seperti monyet, burung, dan jonga (rusa) siap menyapa.

Nah demi memanjakan pengunjung, di lokasi wisata air panas Wawolesea ini, mulai jalan setapak hingga sejumlah anjungan tempat peristrahatan atau gazebo telah dibangun oleh pemerintah. Tempat parkiran kendaraan pengunjung pun luas dan tertata.

Wisata alam ini terletak di Desa Wawolesea, Kecamatan Wawolesea (Kecamatan Lasolo, sebelum dimekarkan), Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Wisata permandian air panas Wawolesea begitu mudah dijangkau dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Dari Kota Kendari, Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, jarak tempuh sekitar 80 km, dan 20 km dari Wanggudu, ibukota Kabupaten Konawe Utara. Dari jalan poros ke permandian air panas ini sekitar 200 meter.

  1. Pantai Taipa

Objek wisata Konawe Utara ini, banyak yang menyebutnya adalah wisata primadona. Pantai Taipa terletak di Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Pantai Taipa, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Pantai Taipa, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Ketika memasuki lokasi Pantai Taipa, pengunjung akan disambut jejeran gazebo dan penjaja makanan dan minuman yang berada di belakang gazebo. Pantai Taipa juga memiliki pemandangan yang indah dan memikat hati bagi siapa saja yang mengunjunginya, dan pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air.

Tak hanya itu, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dengan panjang pasir putih dan gelombang laut silih berganti menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan ketika sedang berada di kawasan pantai sepanjang kurang lebih tiga kilometer itu.

Wisata Lainnya:   Air Terjun Kembar Batu Barae, Panorama Alam Menakjubkan

Bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang, di kawasan pantai ini juga terdapat tebing dan bukit yang bisa didaki. Di bibir tebing curam itu terdapat dinding karts. Sementara dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan pantai yang menakjubkan. Bukan hanya Pantai Taipa yang terlihat, namun juga pantai-pantai lain di sekitarnya. Yang pasti kelelahan usai mendaki bukit akan terbayar dengan keindahan pemandangan dari atas.

Tak hanya itu, jika beruntung pengunjung akan melihat burung Maleo bertelur di pasir. Burung maleo merupakan burung endemik Sulawesi. Habitat burung nan cantik dengan panjang sekitar 55 cm ini terdapat di beberapa tempat di Pulau Sulawesi. Burung ini seukuran ayam betina tapi tidak mengerami telurnya, melainkan menguburnya di dalam tanah maupun  pasir.

Nah untuk menikmati keindahan pantai yang menyuguhkan pemandangan laut lepas yang mengagumkan itu, perjalanan dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan butuh waktu 1-1,5 jam atau kawasan pantai ini terletak kurang lebih 70 kilometer ke arah utara.

  1. Pantai Panggulawu

Objek wisata pantai Panggulawu terletak di Desa Pudonggala, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Orang setempat biasa menyebutnya pantai Pudonggala karena tempatnya di wilayah Pudonggala.

Pantai Panggulawu, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Pantai Panggulawu, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Pantai dengan pemandangan yang sangat indah, warna air yang biru langit, serta memiliki pasir yang halus, terlebih lagi ada kapal tongkang tambang yang melintang menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung di tempat ini. Namun sayang, di pantai ini belum disediakan fasilitas atau wahana permainan seperti banana boat dan jetski.

Tapi jika berkunjung di pantai ini dan air laut sedang surut, anda bisa leluasa jalan – jalan di bibir pantai sambil foto-foto, namun tetap berhati-hati karena biasanya ombak di pantai wisata Panggulawu lumayan tinggi . Sementara jika ingin menikmati keindahan pantai, sebaiknya pengunjung menyewa tenda yang telah disediakan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, berdasarkan sumber yang diperoleh dari salah satu situs di internet dijelaskan jika luasan terumbu karang di Pantai Panggulawu seluas 89.4 Ha dengan beragam jenis bentuk tumbuh karang. Tentunya hal itu merupakan potensi besar yang dimiliki Pantai Panggulawu dan dapat dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Konawe Utara.

  1. Air Terjun Ameseu

Air Terjun Ameseu ini terletak di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Sumber mata air terjun ini berasal dari kaki gunung yang membentuk sebuah goa yang mengalir di bebatuan curam. Dengan di kelilingi tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun membuat air terjun ini terasa sangat dingin dan segar.

Air Terjun Ameseu, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Air Terjun Ameseu, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Keindahan yang terdapat dalam objek wisata Air Terjun Ameseu ini, adalah pemandangan bukitnya yang begitu indah, kesejukan air terjunnya dan tebingnya yang tersusun rapi. Selain itu, di tempat air terjun ini juga bertingkat-tingkat.

Jika berkunjung ke tempat ini, selain merasakan kesegaran airnya, masih banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan; seperti berpetualang di atas bukit, menelusuri dalam goa. Bahkan sejumlah sumber menyebutkan jika di dalam goa itu terdapat sejumlah patung, tengkorak manusia dan peralatan masak yang diduga adalah peninggalan manusia purba.

Yang pasti keindahan yang ditawarkan tempat ini sudah tak diragukan lagi, namun kendati demikian, objek wisata air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan dari luar. Selain penyebutan “air terjun Ameseu”, tempat ini juga dikenal dengan sebutan “air terjun Tetewatu”. Namun apapun namanya yang pastinya objek wisata alam ini wajib dikunjungi jika anda dan keluarga sedang berlibur di daerah ini.

Nah untuk mencapai tempat wisata alam ini, jarak tempuh sekitar 198 km dari Kota Kendari atau perjalanan sekitar 4 – 5 jam. Sementara dari Wanggudu, pusat Kabupaten Konwe Utara, jarak tempuh sekitar 80 km.

Meski perjalanan terbilang jauh, namun pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan deretan perbukitan hijau dengan tanaman kelapa sawit. Tunggu apa lagi?

  1. Telaga Tiga Warna

Objek wisata alam yang satu ini ada yang menamakan ”Telaga Biru” dan juga ada yang menyebutnya “Telaga Tiga Warna”. Telaga ini terletak di Desa Linomoiyo, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara.

Telaga Tiga Warna, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
Telaga Tiga Warna, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Selain memiliki air yang jernih kebiruan, di telaga ini memang terdapat air berwarna hijau kekuningan, dan air di telaga ini tidak pernah kekeringan. Yang pasti jika berkunjung di tempat ini dijamin tidak akan menyesal dan rasakan segarnya saat menyelam di dalamnya.

Demikian ulasan beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yang dirangkum dari berbagai sumber dan semoga bisa menjadi referensi. Jika artikel tentang objek wisata Konawe Utara ini menarik, silakan dibagikan agar orang lain tau. Namun sebaliknya jika ada kekurangan atau perlu ditambahkan, silakan berkomentar di kolom komentar. Salam Traveling!

Source images: https://www.facebook.com & https://lintokendari.blogspot.co.id/

4 Comments

  1. velasco 05/10/2016 Reply
  2. fitri 10/10/2016 Reply
  3. Vahlepy 21/01/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *