Sulteng

Togean, Deretan Pulau Kecil Menakjubkan

Wisatasulawesi.com Tak bisa dipungkiri jika Indonesia memang Negara kaya dengan sejumlah potensi wisatanya. Apalagi berbicara tentang wisata alam dan bahari, Indonesia memiliki pemandangan pesisir pantai, hingga panorama alam dan bawah laut yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dan diakui sebagai salah salah satu terbaik di dunia. Wow… Luar biasa.

Nah kali ini, kita menuju ke pulau kecil yang indah dan mengapung di lautan. Pulau ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi.

Selain itu, obyek keindahannya juga terletak pada pantai dan laut dengan berbagai kombinasi bentuk karang berpadu dengan birunya air laut yang jernih.

Iya, inilah kepulauan Togean. Togean adalah merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. Dan disini ada sekitar 60-an pulau dengan dua area ekosistem berupa lautan seluas 292.000 hektar dan daratannya 70.000 hektar. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Karena memiliki keragaman hayati dan keindahan, maka pada tahun 2004 Kepulauan Togean ini ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan.

Wisata Lainnya:   Indahnya Air Terjun Saluopa, Wisata Sulawesi Tengah

Kegiatan Wisata

Nah meski lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan. Namun justru hal itulah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Disini ada beragam kegiatan yang dapat Anda lakukan mulai dari memancing, berlayar, berenang, dan tentunya yang menarik adalah menyelam (diving).  Karena disini ada banyak sekali tempat penyelaman yang didukung kegiatan snorkeling.

Salah satu pulau yang cukup familier di Togean yang menawarkan keindahan pantai dengan lokasi snorkeling dan diving, adalah pantai pulau Kadidiri. Karena dipantai ini memiliki arus tenang, dan juga terdapat situs penyelaman berupa dinding karang vertikal yang memanjang dari utara ke selatan.

Oh iya, selain beragam terumbu karang bawah laut yang menakjubkan, Anda bisa bertemu paus pilot, kima raksasa (Tridacna gigas), dan lola (Trochus niloticus), ikan pari manta, hiu karang abu-abu, dan ikan trevally mata besar, dan tentunya warna-warni karang dengan kedalamannya bervariasi dari 5-30 meter dan airnya dihangati sinar matahari sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama di bawah sana.

Wisata Lainnya:   Indahnya Panorama Wisata Bahari Pulau Sembilan

Bagaimana, belum puas?

Tak jauh dari pulau Kadidiri/atau sekitar 16 km, ada situs penyelaman berupa bangkai pesawat pembom B24 milik Amerika serikat yang jatuh pada Mei 1945. Anda bisa melihat sisa baling-baling sayap pesawat dan salah satu kabin lengkap dengan senjata mesin di bagian belakang pada pesawat. Reruntuhan pesawat ini dapat Anda temukan pada kedalaman sekitar 14-22 meter.

Taman Nasional Kepulauan Togean (Foto: indonesia.travel)

Tapi bagi Anda yang tidak berminat terjun ke bawah lautnya, jangan khawatir. Karena masih ada kegiatan wisata lainnya, seperti memancing, menyusuri pantainya yang indah dan berlayar atau masuk ke hutannya untuk melakukan trekking. Dan dijamin, petualangan tak kalah serunya, karena Anda dapat temukan beraneka flora dan fauna unik yang hanya ada di Taman Nasional Kepulauan Togean ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi permukiman salah satu suku penghuni lautan, yaitu Bajo. Dimana ada sebuah rumah suku Bajo yang masih asli bangunannya dengan tanpa menggunakan paku satu pun yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mengunjungi Pulau Togean untuk melakukan berbagai kegiatan wisata disana?

Wisata Lainnya:   Melirik Permandian Bidadari di Air Terjun Moramo, Konawe Selatan

Yang pasti jika berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Togean, dijamin pasti Anda mendapatkan pengalaman luar biasa yang belum pernah anda temukan ditempat wisata lainnya.

Penginapan & Akses

Soal penginapan, gak usah ragu. Karena banyak penginapan disana dengan tarif harga yang beragam. Mulai dari yang murah hingga relatif mahal.

Sementara untuk menuju ke Taman Nasional Kepulauan Togean, bisa dengan perjalanan darat dari Palu ke Ampana melalui Poso dengan jarak tempuh sekitar 375 km  atau selama 10 jam perjalanan.

Alternatif rute lain adalah yang lebih singkat, yaitu: Dari Luwuk ke Ampana hanya sekira 4-5 jam perjalanan darat.

Tapi apabila Anda datang dari Gorontalo, maka dapat melakukan perjalanan dengan naik perahu. Dari Gorontalo perahu hanya berlayar setiap hari Rabu, sedangkan sebaliknya dari Ampana perahu berlayar hanya setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Minggu.

Nah setibanya di Ampana, Anda dapat langsung mendatangi kantor balai Taman Nasional Kepulauan Togean, untuk bertanya tentang informasi Kepulauan Togean lebih lanjut. (Berbagai Sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top