Indonesia

Wisata Bunaken, Pesona Bawah Laut Tak Terlupakan

Pesona Bawah Laut Bunaken – Taman Nasional Bunaken identik dengan keindahan bawah lautnya. Di bawah hamparan laut seluas 890,65 km persegi tersebut, pengunjung dapat merasakan sensasi menyelam dengan suguhan pesona keindahan terumbu karang yang berwarna warni, berbagai jenis spesies ikan serta ratusan biota laut. Tempat tersebut bagaikan surga bawah laut.

Taman Nasional Bawah Laut, Bunaken, Sulawesi Utara (Foto : Blogspot)

Menyelam memang merupakan cara terbaik bila anda ingin menikmati panorama bawah laut Bunaken secara jelas. Di sekitar pulau tersebut, terdapat 40 lokasi penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi dan sekitar 3000 spesies ikan yang berseliweran, Serta berkisar 390  terumbuh karang dengan lekak lekuknya yang sangat mungil.

Di kawasan ini terdapat pula karang berukuran raksasa berbentuk vertikal dan melengkung. Karang  tersebut bagaikan terowongan sekaligus menjadi istana bagi ikan dan penghuni laut lainnya. Pemandangan tersebut sangat sulit atau bahkan tidak akan anda ditemukan di tempat lain.

Wisata Lainnya:   Indahnya Sunset di Pantai Losari Makassar

Menyelam, bukanlah satu-satunya pilihan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan bawah laut di tempat ini. Disini, pengunjung juga dapat menggunakan kapal selam maupun kapal semi selam. Eksotisme laut pun dapat terlihat jelas melalui dinding kaca kapal tersebut. Suatu pesona yang tak akan terlupakan.

Tak hanya pada taman laut, namun di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan empat pulau lainnya yang berada tak jauh dari pulau Bunaken.

Karena kekayaan alamnya, organisasi nasional dan internasional non pemerintah menjadikan tempat tersebut sebagai konservasi terumbu karang. Bahkan, pemerintah kota Manado berencana akan menjadikan Bunaken sebagai wisata edukasi.

Pantai yang dilirik oleh para wisatawan tersebut telah diresmikan oleh menteri kelautan pada tahun 1919 sebagai Taman Laut Nasional dan termasuk taman laut pertama di dunia. Pada tahun 2005, Bunaken didaftarkan di UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Wisata Lainnya:   Menikmati Indahnya Pulau Saronde di Gorontalo

Seiring dengan perjalanan waktu, kunjungan wisatawan ke Bunaken mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Apalagi tempat wisata tersebut, dicanangkan menjadi ikon pariwisata andalan Provinsi Sulawesi Utara.

Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Indonesia. (Source images: initempatwisata.com)

Bagi anda yang ingin berlama-lama berada dan menjelajahi pulau ini, gak perlu khawatir,di tempat ini  telah disiapkan  penginapan mulai dari harga murah hingga hotel kelas berbintang.

Secara geografis, Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Yaitu jalur perairan yang menghubungkan antara laut Indonesia dengan lautan Papua serta laut Filipina.

Lokasi

Taman laut Bunaken terletak di Teluk Manado Pulau Sulawesi.  Tepatnya, di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado.

Akses

Untuk mencapai Bunaken, pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang dan langsung transit di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi yang ada di Kota Manado.

Wisata Lainnya:   Pantai Nirwana Bau-Bau, Menyajikan Keindahan Alam Lengkap

Bandar udara ini sudah terhubung dengan beberapa Kota – kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan dan juga Denpasar Bali.

Bahkan dari luar negeri pun seperti dari Singapura, Malaysia, Filipina, juga bisa langsung transit di Bandara Sam Ratulangi.

Nah dari Manado ke Bunaken, Anda akan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas. Dari pelabuhan ini menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transportasi speed boat/perahu motor yang bisa Anda sewa dari Marina atau dari Calaca.

Dari lokasi ini, perahu/speed boat berangkat setiap hari antara pukul dua sampai empat sore dan perjalanan sekitar waktu 30 menit, akan tetapi juga tergantung pada kondisi pasang surutnya air laut. [Dari Berbagai Sumber]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Menikmati Keindahan Objek Wisata Selat Lembeh di Bitung | Wisata Sulawesi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top