Menyusuri Jejak Jepang di Desa Wisata Lakkang, Makassar

Menyusuri Jejak Jepang di Desa Wisata Lakkang – Jika Anda ingin jalan-jalan atau berwisata di sebuah pedesaan yang masih asri dan melihat sejumlah bungker peninggalan Jepang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, maka berkunjunglah di Desa Lakkang.

Salah satu objek wisata yang bisa dikatakan dekat dengan pusat kota Makassar adalah Desa Lakkang. Anda tak perlu merogok kantong dalam-dalam untuk liburan di tempat ini. Bahkan salah satu dari beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Makassar, Desa Lakkang inilah yang menawarkan biaya murah.

Wisata Desa Lakkang Makassar [Foto: Matasulsel.com]
Iya, Lakkang adalah desa wisata atau daerah wisata sejarah yang ada di kota Makassar yang diresmikan pada tahun 2011 lalu. Bahkan jauh sebelum diresmikan atau tepatnya pada tahun 2006 silam, peringatan Hari Habitat Sedunia bertema “Cities Magnet of Hope” dipusatkan di Desa Lakkang.

Wisata Lainnya:   Ayo Jelajahi Wisata Di Sinjai Sambil Menikmati Minas

Desa Lakkang adalah sebuah perkampungan yang terletak di antara Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Desa ini juga merupakan kawasan penelitian terpadu serta daerah konservasi alam dan budaya yang ada di Makassar.

Lokasi Desa Lakkang mirip sebuah pulau, namun jangan salah, Lakkang bukanlah pulau. Desa Lakkang adalah daratan yang juga kerap disebut delta, terbentuk karena berkumpulnya sedimentasi dalam kurun waktu tertentu dengan luas daratannya sekitar 195 hektar.  Desa ini dihuni sekitar 300 kepala keluarga, yang kebanyakan dari mereka bekerja sebagai petambak dan nelayan.

Apa Keistimewaan Lakkang Sebagai Desa Wisata?

Selain kawasan penelitian terpadu dan daerah konservasi alam serta budaya, pemandangan pohon-pohon nipah, dan mangrove yang begitu indah dan bunker tentara Jepang sebagai daya tarik unggulannya di desa wisata ini.

Wisata Lainnya:   Indahnya Sunset di Pantai Losari Makassar

Tatkala berada di Lakkang, banyak hal yang bisa disodorkan kepada pengunjung. Mulai dari suasana lingkungan yang asri, hijau dan segar, kehidupan masyarakat agraris yang masih orisinal, hingga bungker Jepang yang ada di desa ini. Berdasarkan informasi yang ada, terdapat tujuh bungker tua peninggalan Jepang di perkampungan ini.

Selain itu, jalan setapak yang sangat bersih dengan hiasan pohon bambu yang rimbun di pinggir jalan setapak itu. Apalagi pemandangan matahari terbenam yang membuat Anda tak akan pernah lupa tentang Desa Lakkang.

Sementara soal perut, Anda tak perlu takut kelaparan di sana. Karena ada beberapa warung makan di areal dermaga Desa Lakkang yang menjual aneka makanan.

Wisata Lainnya:   Menengok Makam Raja-Raja Banggae di Majene

Salah Satu Bunker Peninggalan Jepang Di Desa Lakkang Makassar [Foto: Kecamatantallo.blogspot.com]
Lokasi & Akses

Desa Lakkang berada di wilayah administrasi Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk berkunjung ke Desa Lakkang, ada dua jalur dermaga yang bisa Anda pilih untuk menyeberangi sungai ke desa tersebut. Yakni, dari penyeberangan dermaga Kera-kera dan penyeberangan dari Dermaga Kawasan Industri Makassar (KIMA). Dari dermaga tersebut, membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15-30 menit.

Ketika Anda memulai perjalanan, di atas perahu Anda tidak akan merasakan kebosanan sedikitpun. Karena di sepanjang perjalanan, Anda akan menikmati pesona sungai Tallo. Jejeran pohon nipah kiri-kanan sungai, sesekali berganti jejeran bakau diselingi rumah panggung milik penduduk.

Bagaimana Anda tertarik ke Lakkang? Langsung saja, karena berbagai keseruan lainnya bisa Anda dapatkan di desa wisata ini.

[Dari Berbagai Sumber]

210 x

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *