Wisata Rohani Bukit Kasih, Simbol Cinta dan Perdamaian

Jika Anda ingin merasakan sensasi keindahan alam dari puncak bukit sambil berendam di air panas belerang, maka berkunjunglah ke Bukit Kasih, Sulawesi Utara. Selain itu, obyek wisata Sulawesi ini juga menawarkan udara segar serta menjadi simbol cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama. Karena di puncak bukit ini terdapat tempat ibadah dari lima agama.

Bukit ini dinamakan Bukit Kasih karena di bukit ini orang-orang dari berbagai lintas agama dapat berkumpul dan berdamai menjadi satu. Bukit Kasih dijadikan sebagai sebuah simbol yang melambangkan perdamaian. Selain itu, bukit ini juga dijadikan sebagai tempat untuk saling mengingatkan kepada semua umat manusia akan kerukunan beragama.

Wisata Lainnya:   Obyek Wisata Bukit Jati Gentungan

Di puncak Bukit Kasih, Anda akan menemukan lima tempat ibadah dari lima agama yang telah diresmikan di Indonesia, yaitu Masjid untuk umat Islam, gereja untuk agama Katholik dan Kristen Protestan, Vihara untuk agama Budha, dan Pura untuk agama Hindu. Kelima tempat ibadah tersebut telah dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga yang berliku.

Tempat-tempat ibadah yang telah dihubungkan tersebut, mewakili simbol bahwa penganut agama apa saja bisa hidup berdampingan dalam kerukunan tanpa ada satu pun permusuhan antara agama satu dengan agama yang lainnya.

Selain lima tempat ibadah di puncak Bukit Kasih tersebut, di area pintu masuk kawasan wisata ini dibangun sebuah monumen dengan ketinggian mencapai 22 meter. Monumen ini diberi nama Tugu Toleransi. Dinamakan demikian karena tugu ini berbentuk segi lima, dan tiap sisinya terdapat ukiran gambar maupun simbol serta cuplikan ayat kitab suci dari masing-masing agama yang diakui di Indonesia.

Wisata Lainnya:   Keindahan Danau Moat, Wisata Sulawesi Utara

Obyek wisata Bukit Kasih ini terletak di sekitar wilayah sumber belerang, sehingga jika anda berjalan-jalan mengelilingi kawasan wisata ini anda akan menemukan beberapa kawah dan panorama alam yang masih sangat hijau dan segar. Selain itu, di tempat ini Anda bisa mencoba makanan, seperti jagung, pisang, kacang dan ubi yang semuanya direbus di kawah bukit.

Memang memerlukan stamina atau tenaga yang kuat untuk menuju puncak bukit. Karena Anda harus menaiki dua ribu lebih anak tangga. Tapi tak perlu khawatir karena ada beberapa tempat beristirahat di sepanjang jalan menuju puncak. Selain itu ketika mendaki tangga, pengunjung akan melihat pemandangan indah dan kawah belerang dimana air panasnya yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk memasak makanan.

Wisata Lainnya:   Wisata Bunaken, Pesona Bawah Laut Tak Terlupakan

Lokasi

Kawasan wisata rohani Bukit Kasih ini berada di wilayah Desa Kanonangan Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Akses

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Manado, anda bisa menggunakan kendaraan darat atau transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 55 km sebelah selatan Kota Manado dengan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya. (Berbagai sumber)

2 Comments

  1. Ato Basahona 22/06/2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *