Sulut

Menikmati Keindahan Objek Wisata Selat Lembeh di Bitung

Selat Lembeh Bitung [foto by: ksmtour.com]

Keindahan Objek Wisata Pulau Lembeh, Bitung – Anda mungkin pernah atau sering mendengar nama Bitung? Bitung adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara, dan terletak sekitar 48 kilometer dari Kota Manado. Menurut cerita sejarah, nama Bitung diambil dari nama sebuah pohon yang banyak tumbuh di daerah utara Jazirah Pulau Sulawesi.

Di daerah ini terdapat sejumlah obyek wisata menarik dan beragam, terutama wisata bahari di Selat Lembeh. Selat sepanjang 16 kilometer dengan lebar 1-2 kilometer ini memiliki 95 titik penyelaman yang tak kalah indah dibanding dengan Taman Nasional Laut Bunaken.

Selat Lembeh termasuk di dalamnya Pulau Lembeh, yang terbagi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. Beraneka biota laut akan menyajikan pemandangan yang menarik termasuk ribuan jenis ikan seperti Mimic Octopus yang hanya ada di Selat Lembeh.

Wisata Lainnya:   Ingin Berlibur di Pantai Dengan Aman? Berikut Tipsnya

Kendati demikian, namun itu bukanlah alasan utama para wisatawan datang ke lokasi ini. Bukan hanya sekadar karena keindahan bawah lautnya, tetapi lantaran keunikan diving spotnya. Dimana, terdapat muck diving di Selat Lembeh. Muck Diving adalah spot penyelaman dengan dasar laut yang berpasir, dan tekanan udara yang sedikit saja. Jadi, menyelam di sini seolah-olah berada dalam akuarium raksasa dimana ikan tak dapat lari ke mana-mana.

Keindahan bahari dan keunikan serta keragaman flora dan fauna di Selat Lembeh memang tidak akan pernah terlupakan dan akan membuat jatuh cinta pada siapa yang mengunjunginya.

Maka tak heran jika Selat Lembeh menjadi salah satu tempat wisata favorit yang sudah mendunia, karena keunikan serta keindahan surga bawah lautnya.

Selat Lembeh, Surga Tersembunyi di Bitung, Sulawesi Utara. [Foto by: superadventure.co.id]

Akses

Wisata Lainnya:   Samalona, Pulau Cantik nan Indah di Barat Kota Makassar

Dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado,  jarak tempuh ke Kota Bitung sekitar 60 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Dari bandara ini, Anda bisa menyewa mobil atau menggunakan taksi menuju Bitung. Selain itu, juga tersedia angkutan Damri yang langsung menuju Bitung.

Sesampai di Kota Bitung, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan penyeberangan laut dengan menggunakan kapal motor sekitar 15 menit dari pelabuhan laut Bitung menuju Pulau Lembeh. Penyeberangan ini relatif sangat aman karena laut terhalang oleh Pulau Lembeh sehingga permukaan air relatif cukup tenang.

Akomodasi

Suasana di kota Bitung sangat menarik untuk diabadikan, terutama pada malam hari, jadi mungkin ada baiknya jika Anda menginap di sekitar kota. Di Kota Bitung sendiri tersedia hotel dengan tingkatan tertinggi hotel bintang tiga.

Wisata Lainnya:   Togean, Deretan Pulau Kecil Menakjubkan

Sementara kalau Anda mau menginap di Pulau Lembeh, rata-rata resor di sana menyediakan peralatan selam.

Kuliner

Selain keindahan wisata baharinya, Bitung juga adalah surga dari para pecinta hidangan laut. Hidangan laut di Bitung dijamin segar, karena daerah ini merupakan kota industri ikan, terutama jenis cakalang.

Selain itu, beberapa kuliner yang terkenal adalah nasi jaha (nasi dimasukkan ke bambu lalu dibakar), roll ikan tuna, sashimi tuna, ikan woku belanga, dan cakalang asap.

Tapi jika Anda mau menikmati ikan segar, direkomendasikan untuk berkunjung ke Pasar Tua. Karena pasar ini merupakan pusat kuliner ikan segar, dan telah didaulat pemerintah Kota Bitung sebagai lokasi wisata kuliner. Bahkan di Pasar Tua, bukan hanya ikan saja, berbagai jenis kuliner lainnya juga tersedia.

Nah tunggu apa lagi? Selamat berwisata di Provinsi Bumi Nyiur Melambai. Torang samua basudara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top