Yuk Intip Sejenak Masjid Tertua di Sulawesi Selatan

Wisatasulawesi.com – Agama Islam adalah agama yang menjadi mayoritas di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia beragama Islam sejak dahulu sebelum penjajahan Belanda. Nah tentu kalau mendengar kata Islam, kita tak asing lagi dengan tempat ibadahnya bukan? Yup, tempat ibadah umat muslim diseluruh dunia yang tak lain dan yang bukan adalah masjid.

Nah kali ini Wisatasulawesi.com akan membahas salah satu lokasi wisata sejarah dan budaya yang tak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Sulawesi Selatan. Yaitu masjid tua Katangka.

Masjid Katangka terletak di jalan Syeh Yusuf, kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Kira-kira dari kota Makassar berjarak sekitar 10 km.

Masjid Katangka ini bisa kita sebut juga dengan Masjid Al-Hilal. Umur dari masjid ini benar-benar sudah sangat lama, yaitu dibangun pada tahun 1603, jadi umurnya kira-kira sudah mencapai 4 abad. Masjid ini adalah masjid yang paling tua di Sulawesi Selatan dan juga sebagai masjid tertua dengan nomor urut 9 di Indonesia.

Wisata Lainnya:   Wow, Keindahan Wisata Pantai Tanjung Bira, Tak Diragukan Lagi

Masjid Katangka

Masjid Katangka ini didirikan di area Benteng Kale Gowa. Jadi, Masjid Katangka ini memiliki tembok yang sama dengan Benteng Kale Gowa. Sebelumnya kamu tau apa itu Benteng Kale Gowa? Benteng Kalegowa ialah benteng yang terkuat yang dimiliki oleh Kerajaan Gowa pada saat itu.

Masjid Katangka berdiri di atas lahan sekitar 150 meter persegi. Masjid ini memiliki ciri khas seperti memiliki satu kubah, atap dua lapis menyerupai bangunan joglo. Bangunan ini juga memiliki empat tiang penyangga, yang berbentuk bulat dan memiliki ukuran yang besar dibagian tengah. Jendela masjid ini berjumlah enam serta memiliki lima pintu. Atap dua lapis berarti dua kalimat syahadat, empat tiang berarti empat sahabat nabi, jendela bermakna rukun iman ada enam dan lima pintu bermakna rukun Islam.

Wisata Lainnya:   Menengok Ragam Wisata Sulawesi di Tana Toraja

Bagian kubah dipengaruhi oleh arsitektur Jawa dan lokal, tiang dipengaruhi oleh budaya Eropa, sedangkan bagian mimbar sangat kental dengan pengaruh kebudayaan Cina, ini terlihat pada atap mimbar yang mirip bentuk atap klenteng. Di sekitar mimbar juga masih terpasang keramik dari Cina yang konon dibawa oleh salah satu arsiteknya yang berasal dari sana.

Masjid Katangka Gowa

Untuk desain atapnya, masjid Katangka ini termasuk masjid dengan atap yang sangat unik, mengapa? Karena atapnya seperti piramida.

Dinding Masjid Katangka ini lumayan tebal, yaitu sekitar 120 cm. Atapnya juga unik, strukturnya mirip-mirip dengan adat rumah Joglo.

Sekitar 80 persen peralatan dan ornamen masjid tersebut masih asli yang hingga kini terus dirawat dan dijaga kelestariannya.

Wisata Lainnya:   Mengintip Kisah Sang Putri Berubah Jadi Batu, di Goa Mampu Bone

Sementara itu, hampir setiap hari masjid tertua di Sulawesi Selatan ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ada yang datang dari Malaysia, Perancis, Jerman, dan juga pernah dari Cape Town, Afrika Selatan yang tak lain adalah keturunan Syekh Yusuf.

Nah penasaran dengan masjid Katangka ini? Ya gak ada salahnya mengunjungi sejenak masjid tertua di Sulawesi Selatan tersebut, ketika Anda sedang traveling atau berwisata di daerah ini. (Yusdi/Berbagai Sumber)

3,572 x

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *