Kebun Raya Kendari, Wisata Edukasi Favorit dengan Koleksi Flora dan Fauna

wisatasulawesi.com – Indonesia mempunyai banyak keberagaman budaya dan keelokan alamnya. Keberagaman ini bisa diketemukan pada tiap kota di Indonesia, satu diantaranya Kendari. Kota ini mempunyai sebuah tarian ciri khas namanya Lulo. Tarian ini benar-benar populer, bahkan juga Kendari dipanggil Kota Lulo. Rupanya tidak cuma hanya itu, Kendari dilirik oleh pelancong karena mempunyai kebun raya yang namanya Kebun Raya Kendari.

Untuk pelancong wisatawan yang menyenangi berekreasi ke alam bebas, kebun raya ini sebagai opsi yang akurat. Tak perlu jauh ke luar negeri untuk rasakan damainya ada di kebun raya. Pelancong dapat memperolehnya di Kendari. Di sini pelancong akan dimanja dengan bermacam tipe flora atau fauna yang menempati kebun raya.

Panorama yang disuguhi oleh Kebun Raya mendatangkan situasi sejuk pohon-pohonan rimbun dan beragam fauna yang bisa secara mudah dijumpai di sini. Dengan situasi yang sejuk ditambahkan sahut-sahutan hewan membuat pengunjung yang berasa kerasan lama-lama di sini. Benar-benar direferensikan sebagai tempat wisata keluarga karena kebun raya ini pas untuk anak-anak.

Daya Ambil yang Dipunyai Kebun Raya Kendari

Pengunjung yang tiba ke sini bukan hanya datang dari dalam wilayah Kendari saja, tapi ada juga pelancong yang dari luar wilayah. Dengan semua daya magnet yang dipunyainya, patut saja jika kebun raya ini selalu didatangi oleh pelancong dari beragam wilayah.

1. Mempunyai Keberagaman Flora dan Fauna

Bila mengulas berkenaan keberagaman flora dan fauna, kebun raya satu ini tak perlu disangsikan kembali koleksinya. Banyak macam flora atau fauna yang menempati kebun raya ini. Seperti Burung Gelatik, Rangkong, Mandar dan Makaka ada di sini. Tidak cuma hanya itu, sekitar 38 spesies tumbuhan kayu juga tumbuh secara lebat di sini,

Bermacam flora dan fauna eksotik ciri khas Sulawesi Tenggara bisa pelancong dapatkan di sini. Di sini ada taman flora dalam jumlah 7 ribu koleksi yang terbentang di tanah selebar 22 hektar. Wah, patut saja jika kebun raya ini jadi tempat favorite wisata keluarga. Semua tipe koleksi itu disiapkan selengkapnya oleh Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI).

2. Ada Pelintasan Sungai

Daya magnet seterusnya dari kebun raya ini ialah ada pelintasan sungai. Kehadiran pelintasan sungai yang mengucur di sini sebagai satu hal khusus yang cuma dipunyai oleh Kebun Raya Kendari. Ada saluran sungai kecil yang mengucur makin menambahkan keasrian dari kebun raya. Benar-benar sayang bila melewati objek rekreasi penuh faedah ini.

Baca Juga : Pesona Kolam Makale Sembari Kulineran di Toraja

Saluran sungai yang mengucur muncul karena lokasinya yang ada di lembah pegunungan hingga tidaklah aneh jika banyak mata air yang menyalurkan air ke arah objek rekreasi. Pelintasan sungai kecil yang mengucur dijepit oleh bermacam pohon-pohonan yang seolah memberikan nilai lebih keelokannya . Maka, bukan satu hal yang mengejutkan bila banyak pelancong kerasan lama-lama di sini.

3. Terdapatnya Camping Ground

Daya magnet yang lain dari kebun raya ini adalah terdapatnya camping ground . Maka, tidak cuma keanekaragaman flora fauna dan saluran sungainya saja yang dilirik oleh calon pengunjung, ada camping ground yang ada juga ikut jadi daya magnet dari kebun raya ini. Sering pelancong manfaatkan tempat ini untuk aktivitas camping.

Tempat camping ground ini berdiri di atas tanah yang luas. Hingga pelancong dapat rasakan camping betulan didampingi bermacam tipe flora dan fauna. Sahutan flora plus tambahan sepoi-sepoi angin yang diusung oleh daun daun dari pohon-pohonan dan suara recikan saluran sungai jadikan kebun raya ini sebagai tempat terbaik untuk camping.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Kebun Raya Kendari

Kebun Raya terhitung objek rekreasi alam yang cukup digemari baik yang ingin rasakan keelokan kebunnya atau pelancong yang lakukan penelitian. Bahkan juga setiap minggunya terdaftar ada lebih dari 2.000 lawatan. Lokasi kebun raya ini ada 14,4 km dari pusat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Akses jalan ke arah lokasi telah termasuk gampang, ingat tempatnya yang tidak jauh dari pusat perkotaan.

Waktu pintas yang dibutuhkan untuk berkunjung objek rekreasi ini lebih kurang 30 menit dari pusat Kota Kendari memakai kendaraan memiliki roda empat. Tetapi, umumnya pada tanggal-tanggal berlibur sekolah atau cuti kerja, jalan ke arah lokasi sedikit ramai. Situasi sejuk dan alami yang disuguhi oleh kebun raya ini jadi factor jumlahnya pengunjung yang pilih berwisata di sini.

Pengunjung bisa mengawali perjalanan ke arah Jl. M.T. Haryono di Kendari selanjutnya belok arah ke kanan ke arah Jl. HEA Mokodompit. Setelah tiba di Jl. HEA Mokodompit, belok arah ke kiri lalu teruskan perjalanan sampai menjumpai bundaran. Selanjutnya ke arah Jl. Haluoleo. Belok arah ke kiri sampai hingga di lokasi rekreasi tujuan.

Objek rekreasi alam yang sejuk dengan menguasai warna hijau ini belum memasangkan biaya untuk pengunjung yang akan mengunjunginya. Ini karena kebun raya ini masih jadi asset punya pemerintahan pusat Kendari. Maka dari itu, tidak ada kemampuan hukum yang menjadi dasar biaya masuk dari beberapa pelancong yang tiba.

Rupanya kebun raya sejuk ini belum memasangkan biaya untuk pengunjung . Maka, tidak ada kelirunya untuk Anda yang akan bertandang di sini. Selainnya gratis, Anda bisa juga memperoleh pembelajaran dari bermacam koleksi flora dan fauna di sini. Tidak itu saja, kondisi yang sejuk benar-benar pas jadi tempat wisata untuk keluarga. Memberikan kepuasan!

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Kebun Raya Kendari

1. Mendidik Diri dengan Bermacam Flora dan Fauna

Kebun raya ini dahulunya sebagai tempat penambangan batu dan pasir. Tidak itu saja, kebun raya yang asri ini dahulunya dipakai sebagai tempat penebangan kayu ilegal. Karena alasan tersebut yang membuat Kebun Raya Kendari digunakan sebagai tempat pelestarian untuk bermacam flora dan fauna di sini. Semenjak digunakan sebagai tempat pelestarian, kegiatan tidak terpuji awalnya telah menyusut.

Pada umumnya, kebun raya ini bukan hanya berperan sebagai tempat pelestarian tetapi tempat untuk bermacam riset. Kebun raya ini seringkali digunakan sebagai objek rekreasi wisata yang ramah untuk keluarga. Perannya yang digunakan sebagai tempat wisata keluarga didasarkan pada bermacam faedah baik dari sisi pendidikan yang dapat diperoleh bila berkunjung kebun raya.

2. Santai Didampingi Pelintasan Sungai

Kebun raya yang berada di Kendari ini, disahkan di tanggal 22 Oktober 2019 langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara. Pohon-pohonan yang membubung tinggi didampingi irama sautan hewan keduanya, dan sejuknya udara bisa dijumpai dalam kebun raya ini. Disamping itu, kehadiran pelintasan sungai yang mengucur tenang di sini juga jadi kelebihan dari Kebun Raya

Bila pelancong berkunjung kebun raya, situasi yang serupa seperti rimba asli juga bisa berasa kental di sini. Bukan hanya situasinya yang menarik beberapa pengunjung, saluran sungai di sini juga makin menambahkan kenyamanan situasi. Tempatnya yang bersih dari sampah jadi nilai lebih dari kebun raya ini.

3. Camping di Tempat Camping Ground

Kebun raya satu ini termasuk unik karena di sini ada tempat camping ground. Tidak seperti kebun raya yang lain yang cuma mendatangkan bermacam hewan dan rimbunnya pohon-pohonan, kebun raya ini seolah ingin tampil berlainan dari lainnya. Karena ada tempat camping ground itu membuat lawatan pelancong makin bertambah.

Pengunjung dapat beraktivitas camping bersama komune camping atau keluarga. Tempat camping ground di sini ada di atas sebuah tempat yang luas. Pelancong ditanggung akan memperoleh pengalaman camping yang demikian mengagumkan. Situasi yang disuguhi membuat aktivitas camping di sini jadi membahagiakan.

Sarana yang Ada di Kebun Raya Kendari

Terletak yang tidak begitu jauh dari kota membuat sarana yang ada di objek rekreasi ini telah termasuk komplet. Meskipun lokasinya ada di lembah dan dijepit oleh pegunungan, pelancong tak perlu mencemaskan sarana yang kurang. Karena faksi pengurus kebun telah sediakan sarana yang oke untuk mendukung semua aktivitas pelancong yang tiba.

Kebun Raya yang membuka setiap hari dari jam tujuh pagi sampai lima sore hari ini sediakan sarana umum seperti objek rekreasi yang lain. Seperti misalnya toilet umum dan warung makan yang bisa pelancong gunakan untuk santai sambil melahap makanan. Di sini juga ada camping ground yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat camping.

Tidak itu saja, bermacam sarana berwujud bangunan juga diperkirakan akan dibuat di sini. Seperti gedung pusat pembelajaran, kantor riset, perpustakaan, ruangan eksibisi, gedung pelestarian, laboratorium sampai museum, taman tematik dan green house ada juga di sini. Wah, sebagai opsi yang pas bila Anda habiskan berlibur di sini.

Demikian banyak hal berkenaan Kebun Raya Kendari yang telah diringkas. Seolah tidak ada selesainya bila mengulas kelebihan kebun raya ini. Untuk Anda yang ada di Kendari tidak ada kelirunya mendatanginya. Selainnya memperoleh ketenangan dalam santai, pelancong juga bisa memperoleh pengetahuan berguna berkenaan flora dan fauna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279