Wisata Kuliner Gorontalo Yang Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Gorontalo Yang Wajib Anda Coba – Dikala Kamu liburan di sesuatu tempat bisa jadi banyak sekali hal- hal yang mau Kamu nikmati di tempat yang Kamu kunjungi. Terlebih lagi bila Kamu berkunjung ke tempat tersebut buat awal kalinya, sehingga Kamu mau sekali mencicipi santapan khas yang tidak terdapat di kota Kamu. Banyak sekali tempat wisata yang dapat Kamu nikmati tidak butuh jauh- jauh buat menikmati wisata yang luar biasa. Tidak butuh berangkat keluar negara cuma buat hanya melancong di Indonesia sebab telah banyak tempat wisata yang dapat Kamu nikmati.

Banyak sekali tempat kuliner di Gorontalo yang dapat Kamu datangi apa apabila Kamu lagi berkunjung ke destinasi wisata kota Gorontalo. Paling tidak kali ini hendak mangulas seputar kuliner serta membagikan saran tempat kuliner terpopuler di Gorontalo. Pasti makanan- makanan ini sangat di rekomendasikan apabila Kamu lagi melancong di kota Gorontalo sebab di kota ini banyak santapan yang lezat. Tidak hanya itu, Wisata Kuliner di Gorontalo ini sangat banyak variannya, jadi bisa jadi dapat jadi tempat saran dikala Kamu terletak di Kota Gorontalo.

  • 1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta ialah santapan khas di Gorontalo, santapan khas ini dibuat dari Jagung Gorontalo populer selaku wilayah penghasil jagung yang produktif. Oleh warga pribumi, hasil bumi tersebut dimanfaatkan buat menghasilkan kuliner khas Gorontalo, ialah‘ Binte Biluhuta’ yang berasal dari bahasa Gorontalo.

Nama Binte yang berarti jagung, sebaliknya Biluhuta ialah disiram jadi dimaksud secara bahasa merupakan santapan jagung yang disiram. Racikannya sendiri terdiri dari jagung putih ketan, dicampur dengan parutan kelapa, udang serta suwiran ikan cakalang, setelah itu disiram dengan kuah. Binte Biluhuta berbumbu rempah khas Gorontolo serta santapan ini sangat lezat dimakan dikala masih panas serta santapan ini dapat Kamu miliki di rumah makan Gorontalo.

  • 2. Ayam Iloni

Ayam Iloni ialah santapan khas Gorontalo untuk para turis kuliner, manfaatkanlah waktu buat dapat mencicipi santapan khas yang satu ini. Ayam Iloni ini merupakan ayam bakar cuma saja yang membedakan tipe bahan- bahan bumbunya yang mempunyai cita rasa khas Gorontalo.

Perbandingan metode mencerna serta bumbu yang dipakai seperti itu yang membedakan Ayam Iloni dengan ayam bakar/ panggang pada biasanya. Perbandingan yang lain pasti saja dari rasanya yang gurih serta pedas semacam mayoritas masakan Gorontalo serta umumnya di sediakan dengan nasi ataupun sagu.

  • 3. Ilabulo

Satu lagi santapan khas dari Gorontalo merupakan santapan Ilabulo. Bisa jadi untuk mereka yang bukan orang Gorontalo bila memandang santapan ini tentu hendak mengira pepes. Ilabulo memanglah nampak sekilas semacam pepes serta Ilabulo merupakan santapan khas Gorontalo yang dibuat dari sagu serta hati ayam.

Dalam pengolahannya dimasak memakai santan serta umumnya Ilabulo disajikan oleh warga Gorontalo selaku hidangan makan siang. Untuk Kamu yang berkunjung ke Gorontalo Kamu dapat berupaya santapan khas Ilabulo yang terdapat di Gorontalo.

  • 4. Sate Tuna Gorontalo

Terbayangkan gimana rasa kelezatan serta gurihnya. Sate Tuna Gorontalo ini unik memanglah serta Sate Tuna ini menjadikan santapan khas yang terdapat di Gorontalo. Umumnya bahan yang terbuat sate dibuat dari daging ayam ataupun daging sapi tetapi di Gorontalo khasnya memakai daging ikan tuna.

Sate Tuna dengan olahan bumbu yang kaya hendak rempah- rempahnya membuat cita rasa sate tuna ini berbeda rasanya. Sate tuna ini dapat Kamu miliki di sebagian rumah makan di kota Gorontalo dengan harga yang terbilang lumayan terjangkau.

  • 5. Sayur Putungo

Sayur Putungo, masakan khas Gorontalo yang dibuat dari bahan bawah memakai jantung pisang yang tidak kalah lezatnya. Sayur Putungo ini pula tercantum masakan tradisional yang harus di coba sebab cuma ada di kota Gorontalo.

Sayur Putungo lebih nikmat bila dimakan dengan sambal serta di Gorontalo disajikan dengan menu ikan laut yang lain. Bisa jadi daerah- daerah yang lain pula mempunyai kuliner dari olahan jantung pisang, cuma saja tiap wilayah hendak mempunyai metode pengolahan serta ramuan bumbu yang berbeda.

  • 6. Duduli

Duduli ialah santapan khas yang seragam dengan dodol. Duduli merupakan santapan khas tradisional dari wilayah Gorontalo yang lezat. Pengolahan Duduli masih memakai metode yang tradisional tetapi rasanya tidak kalah lezat dengan santapan lain.

Bahan utama dari Duduli merupakan beras ketan yang di olah dengan gula merah serta santan yang di bungkus dengan daun woka. Kamu yang belum ketahui rasanya dapat berupaya santapan khas ini serta Duduli dapat dijadikan santapan oleh- oleh untuk Kamu yang singgah ke kota Gorontalo.

  • 7. Tili Aya

Kuliner Tili Aya merupakan jajanan khas wisata kuliner Gorontalo serta Tili Aya ini memanglah mempunyai nama yang unik. Sesungguhnya kuliner ini berbahan bawah gula merah yang dicampur dengan telur, santan serta bahan bawah gula merah ini yang menjadikan rasanya pasti manis.

Menariknya santapan khas Gorontalo ini mirip dengan olahan santapan di Jawa yang harus buat di coba dikala melancong ke Gorontalo.

  • 8. Bilenthango

Bisa jadi Kamu bingung hendak kuliner ini sebab mempunyai nama yang asing serta unik jadi terbayangkan santapan ini semacam apa. Sebetulnya kuliner ini berbahan bawah ikan mujair yang terbakar dengan bumbu bumbu.

Pengelolaannya dengan Ikan mujair opsi dibelah jadi 2, diletakkan dalam daun pisang kemudian di bakar. Pemakaian daun pisang ini bertujuan supaya ikan tidak sangat gosong serta mempunyai aroma yang khas.

  • 9. Rumah Makan Terapung Ainun

Rumah makan yang dikonsep mengapung di Gorontalo ini sediakan sajian berbagai berbagai menu olahan santapan seafood. Rumah makan ini terletak di Limba U 2 Gorontalo di mari Kamu dapat memesan santapan semacam ikan bakar yang lezat.

Di samping itu wisata kuliner ini sediakan sarana yang aman serta sesuai buat istirahat sejenak sembari menikmati hidangan.

  • 10. Coto Daeng Je’ ne Berang

Bila ke Gorontalo belum lengkap rasanya bila belum mencicipi kuliner khas Gorontalo ialah coto, salah satu warung yang menjual coto di Gorontalo merupakan warung Coto Daeng Je’ ne Berang. Warung ini buka tiap hari serta warung ini berlokasi di Jalan. D. I. Panjaitan, Limba U I yang rasanya recommended.

Tidak hanya sediakan menu andalan coto, warung ini pula sediakan nasi goreng merah, mie, es pisang ijo, serta masih banyak yang lain.

  • 11. Le Kioz

Le Kioz merupakan salah satu rumah makan yang terletak di kota Gorontalo yang dapat Kamu kunjungi. Le Kioz ialah salah satu tempat makan dengan desain yang asyik buat nangkring bersama keluarga ataupun teman.

Restoran ini buka hari Senin- Sabtu jam 10. 00- 22. 00, kecuali Jumat serta Sabtu tutup jam 23. 30 berlokasi di Jalan. Nani Wartabone Nomor. 2, Limba U I. Menu yang disediakan aneka hidangan ayam, nasi goreng, sup buntut, hidangan ikan, hidangan penutup, serta aneka minuman panas ataupun dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279