Keindahan Alam Bawah Laut Wakatobi, Menanti Anda

Keindahan Alam Bawah Laut Wakatobi – Hai bro, kayaknya kerjaan lagi numpuk ya? jangan terlalu dipaksakan, pikiran dan hati anda juga perlu penyegaran loh. Kok masih bingung? Gak tau mau liburan kemana untuk menghilangkan rasa penat anda?

Kali ini, tak ada salahnya Anda memuaskan mata dan memulihkan tenaga di salah satu surga bawah laut terindah di dunia. Iya, tempat tersebut merupakan salah satu wisata bahari yang ada di Sulawesi Tenggara. Ia dikenal dengan nama Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.

Objek Wisata pulau Wakatobi (Foto : tripadvisor)

Di bawah laut Wakatobi, banyak spesies karang langkah yang menantikan kedatangan anda. Dan tidak usah ragu soal panorama keindahan alam bawah lautnya, keaneka ragaman terumbuh karang serta bioata laut yang ada disana telah menduduki posisi tertinggi dari konservasi laut Indonesia.

Seperti yang dilansir situs Wikipedia (http://id.wikipedia.org), pada tahun 1996 silam, wisata laut ini ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan luas area 1,39 juta hektar. Wow, luas banget yah.

Bukan hanya soal karang, di bawah laut sana merupakan taman bermain 93 jenis spesies ikan. Dan salah satunya adalah ikan pari manta yang memiliki ukuran raksasa.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keunikan Danau Napabale, Wisata Sulawesi Tenggara

Beberapa jenis penyu juga menjadikan tempat ini sebagai kediaman, diantaranya penyu lekang, penyu sisik dan penyu tempayan.

Eits, masih ada lagi. Pada bulan November, laut Wakatobi memiliki tamu yang setia. Dia bernama Physeter macrocephalus alias ikan paus sperma. Karena pada bulan tersebut belahan bumi lain membeku. Nah pada saat itu, air laut Wakatobi relative lebih hangat di bandingkan laut lainnya.

Alam bawah laut Wakatobi (Foto : jalurindonesia)

Pesona bawah laut kepulauan Wakatobi sudah sejak lama terkenal hingga mancanegara. Maka tak heran, banyak wisatawan asing yang tidak segan merogoh kocek dalam-dalam, demi berpetualang ke Wakatobi untuk menyaksikan keindahannya.

Laut yang diakui sebagai pusat segitiga karang tersebut, telah menjadi perhatian dunia. Terutama setelah adanya tim ekpedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 silam. Menurutnya, daerah tersebut terdapat 750 bunga karang atau koral dari 850 total jenis koral yang tersebar di seluruh dunia. Olehnya itu, tak ada salahnya jika Wakatobi dijuluki sebagai tempat menyelam terindah di dunia.

Tak hanya itu, di pinggiran pantai terdapat hutan mangrove yang menjadi tempat bersarang berbagai jenis burung laut. Seperti burung raja udang erasia, angsa batu coklat serta burung cerek melayu. Suatu pemandangan yang turut melengkapi keindahan pulau tersebut.

Wisata Lainnya:   Hamparan Pulau Karang Takabonerate ‘Menghipnotis’ Wisatawan

Nah, jika Anda berencana atau sedang berlibur di sana, tak perlu khawatir karena daerah tersebut memiliki sejumlah fasilitas penginapan dan hotel.

Dan soal perut, menu makanan laut yang tersedia dijamin masih segar. Selain itu, anda juga dapat menikmati makanan khas Wakatobi, seperti: sayur paria yang diisi dengan ikan, tombole atau tepung ubi kayu yang di campur dengan kelapa dan di bungkus daun pisang lalu di bakar dengan batu panas, dan masih banyak lagi makanan khas Wakatobi yang layak dicicipi.

Objek wisata itu terdiri dari empat pulau, dan nama Wakatobi sendiri sebenarnya singkatan dari pulau-pulau tersebut. Yaitu pulau Wangiwangi, Kalidupa, Tomia serta Binongko.

Sebelumnya pulau ini bagian dari administratif kabupaten Buton dan dikenal dengan kepulauan Tukang Besi. Namun pada tahun 2003, ia dimekarkan menjadi Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Namanya pun ikut berubah menjadi Kepulauan Wakatobi.

Wisata Lainnya:   Melirik Permandian Bidadari di Air Terjun Moramo, Konawe Selatan

Akses ke Wakatobi.

Makassar – Wakatobi

Jika Anda ingin mengakses dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tumpangi pesawat Lion, Wings Air karena pesawat itu melayani rute penerbangan Makassar (Ujung Pandang) menuju Bandara Matahora Wakatobi.

Kendari – Wakatobi

Akses dari Kendari menuju Wakatobi dengan menggunakan pesawat terbang setiap hari.

Selain itu, dari Kota Kendari Anda juga dapat menggunakan kapal laut menuju pulau Wakatobi. Tapi ingat, kapal tersebut berangkat setiap pukul 10.00  dan Anda akan tiba di tempat tujuan pada pukul 12.00 WITA. Jangan sampai ketinggalan ya!

Bau bau – Wakatobi

Dari Bau Bau, ada kapal express cantika, keberangkatan sekitar jam 1 siang menuju wangi wangi dengan durasi perjalanan selama 4 jam.

Akomodasi

Ada beragam pilihan penginapan di Wakatobi. Hotel standar memiliki tarif sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per malam. Jika ingin lebih mewah, biasa memilih resort dengan harga Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000 per malam. Akan tetapi jika mau paling murah, adalah menginap di rumah warga, biayanya sekitar Rp 50.000 per malam.

Nah bagaimana, apakah sudah siap berwisata di Wakatobi untuk menikmati keindahan bawah lautnya?

13,612 x

2 Comments

  1. savista 26/02/2017 Reply
  2. grosir spon mandi murah 21/03/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *