Sulut

Keindahan Danau Moat, Wisata Sulawesi Utara

Apa yang Anda ketahui dengan tempat wisata di Sulawesi Utara? Pastinya Anda akan menjawab Taman Nasional Bunaken, karena taman laut ini memang dari dahulu sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Namun, sebenarnya tidak hanya Bunaken saja ada obyek wisata lain di Sulawesi Utara yang tak kalah kecantikannya dengan Taman Laut Bunaken.

Obyek Wisata tersebut adalah Danau Moat. Meskipun Danau Moat ini belum terlau terkenal seperti Taman Laut Bunaken, namun Anda harus memasukkannya ke dalam daftar tujuan wisata Anda ketika berkunjung ke Pulau Sulawesi ini.

Danau Moat ini terbentuk dari sebuah bekas kawah gunung purba. Kata Mo’oat berasal dari bahasa Mongondow yang artinya adaalah ‘tanah yang timbul di sebelah tengah air’. Perlu anda ketahui bahwa Danau Boat ini merupakan termasuk ke dalam bagian dari Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang, yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow dan terletak di ketinggian sekitar 1.100 mdpl dengan luas danau sekitar 617 ha.

Wisata Lainnya:   Mengintip Indahnya Pulau Mahoro, Sulawesi Utara

Danau Moat ini tidak hanya di pergunakan sebagai obyek wisata saja melainkan juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi area pertanian di sekitar danau dan juga sebagai PLTA Poigar PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan juga Gorontalo.

Sesampai di kawasan obyek wisata Danau Moat ini, anda akan disambut dengan udara yang sangat segar dan panorama alam yang sanagat indah. Air jernih danau dengan perpaduan dari berbagai pemandangan alam yang sangat sejuk, akan memanjakan mata Anda setelah lelah dengan aktivitas pekerjaan beberapa hari.

Jika Anda gemar memancing, Anda dapat menyalurkan kegemaran di danau ini. Di kawasan obyek wisata ini terdapat beberapa jenis ikan tawar yang hidup di Danau Moat. Ikan-ikan tawar tersebut diantaranya yaitu ikan sidat (ikan sogili), ikan nilem dan ikan mas. Namun, jika anda mendapatkan ikan sidat, sebaiknya Anda harus melepaskannya kembali ke danau karena ikan sogili ini adalah salah satu ikan air tawar yang dilindungi dan terancam punah.

Wisata Lainnya:   Mengintip Keunikan Danau Napabale, Wisata Sulawesi Tenggara

Lokasi

Obyek Wisata Danau Moat ini terletak  di wilayah Desa Moat Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara.

Akses

Jika Anda ingin menuju lokasi wisata danau ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa tour mengingat transportasi umum menuju Danau Moat relatif sangat sulit. Obyek wisata ini jika ditempuh dari dari Kotamobagu hanya berjarak sekitar 17 Km. (Berbagai sumber)

(Source images : skyscrapercity.com)

1 Comment

1 Comment

  1. Travedisi

    01/09/2017 at 12:40 pm

    wah mantap min berkat artikel ini jadi banyak mendapat info tentang kota mobagu. gak sabar nih pengen cepat-cepat berkunjung ke sna
    btw thanks buat infonya min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013 - 2017 Wisata Sulawesi.

To Top