Wow, Keindahan Wisata Pantai Tanjung Bira, Tak Diragukan Lagi

12,202 x dibaca

Wisata SulawesiPantai Tanjung Bira…! Mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar namanya, entah melalui obrolan teman atau mungkin saja melalui situs website yang ada di internet ataupun melalui media lainnya. Ya, memang namanya sudah tak asing lagi di telinga.

Bahkan, dia sudah menjadi perbincangan hingga ke penjuru dunia. Tak sedikit wisatawan yang memberinya sebuah nama baru; ada yang menyebutnya ”Primadona”, atau ”surga yang tenang di ujung Sulawesi Selatan”, malah, ada yang menganggapnya sebagai “pasir putih terbaik sedunia”.

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan (foto : blogspot)

Namun, apakah pernah terbersit dipikiran anda untuk mengunjunginya? Atau paling tidak, anda membayangkan keindahan pantai dan panoramanya.

Keindahan dan kenyamanan dalam berwisata, Pantai Tanjung Bira sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sepanjang mata memandang terbentang laut yang luas nan jernih, hingga tak membuat mata bosan untuk memandangnya. Ditepi pantai terdapat hamparan pasir putih yang semakin menambah pesonanya.

Ya, pantai pasir putih yang cantik, indah, tertata rapi oleh alam dan sangat memukau, bagaikan tepung yang sangat halus, bahkan sedemikian halusnya nyaris tak menimbulkan suara langkah kaki yang terseret saat melangkah. Mungkin hal itulah yang membuat para wisatawan asing rela berjemur diri berjam-jam menikmati hangatnya mentari.

Wisata Lainnya:   Indahnya Panorama Wisata Bahari Pulau Sembilan

Terlebih lagi, hembusan angin yang tak begitu kencang disertai hempasan ombak yang seakan menggelitik kaki dapat membuatnya terlena.

Gimana, udah berminat untuk menyaksikan keindahannya bro?

Pantai yang telah menjadi perbincangan itu terletak di daerah paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Soal akses, gak perlu khawatir.

Wisata Pantai Tanjung Bira yang berjarak sekitar 200 Kilometer dari Kota Makassar, dapat dijangkau dengan angkutan umum dari terminal Mallengkeri, Makassar menuju Kota Bulukumba dengan waktu perjalanan sekitar empat jam.

Sementara dari pusat kota Bulukumba, jarak tempuh sekitar 40 KM menuju pelabuhan Tanjung Bira, yang hanya memerlukan waktu sekitar 1 – 2 jam untuk mencapai tempat itu dengan menggunakan angkutan umum.

Tapi jika anda menggunakan kendaraan pribadi, waktu tersebut bisa lebih efisien. Dan tidak usah ragu akan tersesat dijalan, karena sepanjang jalan menuju tempat wisata itu, sudah dilengkapi petunjuk arah.

Wisata Lainnya:   Benteng Balangnipa, Rekam Jejak Masa Silam Sinjai

Kembali kelaptop, Tukul Arwana kali hehe… Maksudnya kembali lagi soal keindahan wisata Tanjung Bira.

Pantai Tanjung Bira memiliki daratan yang agak lebih tinggi, dari sanalah wisatawan dapat melihat aktivitas pelabuhan kapal fery yang siap mengantar penumpang ke kepulauan selayar. Tak hanya itu, keindahan pantai ini juga semakin menakjubkan dengan adanya pulau liukang dan pulau kambing yang nampak tak jauh dari bibir pantai.

Udah puas belum? Eits tunggu dulu, masih ada yang lebih seruh loh!!!

Di tempat ini, para wisatawan bukan hanya dapat berenang atau sekadar mencelupkan diri merasakan sejuknya air laut. Tapi, berolahraga volley pantai, diving, banana boat hingga snorkeling juga dapat anda lakukan.

Para pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam atau yang lebih popular dengan sebutan sunrise dan sunset yang cahayanya berkilau pada satu garis lurus alias pada satu posisi yang sama yaitu di hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer itu. Seru kan bro?

Masih ada lagi nih bro…

Malam hari adalah malam yang paling indah di Tanjung Bira. Kenapa demikian? Karena wisatawan dapat menyaksikan gemerlap bintang sambil berbaring di pantai, suara desiran ombak pun semakin melengkapi keromantisan malam di pantai ini.

Wisata Lainnya:   Menengok Ragam Wisata Sulawesi di Tana Toraja

Jika ingin bermalam, tidak usah khawatir. Di sini dilengkapi fasilitas berupa hotel, villa, penginapan. Anda tinggal memilih mulai hotel kelas bintang atau hotel murah.

Tak hanya soal penginapan, soal perut-pun anda tak perlu ragu, sepanjang jalan ke arah pantai dan di pinggir pantai itu sendiri, banyak warung makan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumsi para pengunjung. Dan tak kalah serunya lagi, menjelang tengah malam, wisatawan bisa mencicipi ikan bakar segar dengan cara membeli hasil tangkapan para nelayan setempat yang baru pulang dari melaut.

Eh, hampir lupa… Disini anda juga dapat melihat beberapa anak yang mencari kerang atau keong kecil yang terhempas ke pantai. Dari cangkang kerang dan keong tersebut, nantinya akan di sulap menjadi seni yang sangat menakjubkan dan sekaligus dapat menjadi ole-ole serta menjadikan suatu hiasan yang memiliki kenangan tersendiri untuk dipajang dirumah.

Selamat berlibur dan berwisata untuk anda semua.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *