Makanan Khas Manado Terfavorit Kaya Cita Rasa

Kelezatan makanan manado memang sudah terkenal, pedas, asin, dan gurih adalah cita rasa kekhasannya. Manado sendiri di kenal sebagai wilayah yang masih termasuk dalam pulau sulawesi. Berbagai jenis kuliner lezat khas manado tersedia sangat banyak. Kelezatan makanan manado memang sudah terkenal, pedas, asin, dan gurih di seluruh indonesia.

Mencari sesuatu yang unik bisa jadi hal yang akan kalian temui dalam kuliner manado. Dengan harga yang bersahabat, kuliner manado paling enak akan bisa kalian santap tanpa membuat kantong kalian terkuras.

Makanan Khas Manado Paling Enak

Bubur Tinutuan ( Bubur Manado)

Bubur kaya akan vitamin ini biasanya memang disajikan di pagi hari. Bubur dengan isi sayuran berupa kangkung, bayam, ubi merah, jagung, dan bumbu-bumbu seperti serai, daun salam, jahe, serta garam ini dinikmati dengan ikan asin goreng dan sambal pedas khas Manado wisatasulawesi.com.

Nasi Kuning Saroja

Sama dengan nasi kuning kebanyakan di Indonesia, nasi kuning ini juga disajikan dengan berbagai hidangan lainnya seperti abon ikan cakalang, keripik ubi yang dibuat mirip kentang, semur daging, dan sambal goreng tak lupa perkedel jagung.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Kalian Kunjungi

Ikan atau Ayam

Woku Menu ini berkuah dengan racikan banyak bumbu, terasa pedas dan sedikit asam, segar dengan bau daun kemanginya.

Nasi Jaha

Ketan putih dan santan yang dimasak dalam bambu. Nasi Jaha dikenal juga dengan nama Lemang di daerah Sumatera.

Paniki

Menu yang satu ini terbilang ekstrim, karena Paniki adalah kelelawar besar yang banyak hidup di Manado. Paniki dimasak dalam santan kental dan bumbu berempah yang kuat. Cara lainnya lagi Paniki dimasak seperti dioseng dengan bumbu rempah dan cabai yang banyak, sehingga rasanya sangat pedas dan panas. Daging paniki berwarna hitam.

Kawok

Ini yang lebih ekstrim lagi, Kawok adalah tikus hutan berekor putih. Dimasak dengan berbagai bumbu dapur dan cabai, sehingga rasanya cukup pedas dan gurih.

Tuturuga

Kata ini artinya kura-kura, namun semenjak pemerintah mengeluarkan larangan untuk menangkap kura-kura secara ilegal, daging kura-kura diganti dengan ayam atau ikan. Dibumbui khas Manado dengan sedikit kuah dan pedas. Sangat pas dinikmati dengan nasi panas.

Sambal Dabu

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang cara membuatnya dipotong kotak-kotak, disiram jeruk nipis, dan ditambahkan irisan kemangi. Paling enak disajikan setelah didinginkan di lemari pendingin.

Pisang Goreng Sambal

Pisang goreng biasanya disajikan begitu saja, seselesainya digoreng. Beda di Manado, pisang goreng hangat dinikmati dengan cocolan sambal terasi yang pedas. Sebagai peneman, disandingkan dengan es kelapa muda dengan gula merah sebagai pemanisnya.

Klappertaart

Namanya memang diadaptasi dari bahasa Belanda yang berarti Tart Kelapa. Memang benar tart ini berbahan dasar kelapa muda dicampur dengan susu, keju, kacang kenari, dan kismis. Terkadang ada juga yang menambahkan rhum dan kayu manis. Ada dua macam klappertaart, dibakar dan tanpa dibakar. Keduanya sama enaknya, lembut dan langsung leleh di lidah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279