Makanan Tradisional Khas Palu, Sulawesi Tengah

Palu merupakan daerah sulawesi yang memiliki ciri khas dan budaya yang menarik. Berkunjung ke Kota Palu tentu belum lengkap jika kalian tidak mencicipi berbagai kuliner khas Kota Palu. Kota di wisatasulawesi.com yang duduk di tepi laut ini punya berbagai hidangan yang bikin kamu betah dengan makanan-makanan khasnya. Sebagai ibu kota Sulawesi Tengah, tak heran Palu dikunjungi ini turis domestik maupun internasional.

Cita Rasa unik Makanan Khas Palu

Umumnya, salah satu kesan yang membekas bagi pengunjung tentang Palu adalah hidangan tradisionalnya yang memiliki cita rasa yang unik dan enak di lidah para penikmat kuliner. Makanan khas palu biasanya memiliki harga yang tergolong ramah di kantong. Makanan Khas palu banyak sekali yang di sukai oleh masyarakat indonesia khususnya para turis yang berkunjung ke kota palu. Jangan khawatir mengenai makanan disini karena makanan di palu akan sangat memanjakan lidah kalian dan pasti akan disukai.

Baca Juga : Senjata Tradisional Gorontalo Asal Sulawesi Selatan

Kuliner Tradisional Khas Palu Sulawesi Tengah

Selain punya pantai yang memukau dan kain tenun yang indah, Palu punya beragam hidangan yang bisa bikin selera tergugah. Baik pedas, gurih, atau asam segar bisa kamu temukan di sini!

1. Uta Dada

Dari namanya, mungkin kamu menebak kalau makanan ini terbuat dari dada ayam. Tebakan itu tidak sepenuhnya meleset, tapi sebenarnya uta dada berasal dari bahasa Kaili yang berarti kuah santan.

Selain bisa menggunakan dada ayam, uta dada juga bisa dibuat dengan bahan baku utama ikan cakalang asap/bakar. Hidangan ini memiliki kuah yang tidak hanya gurih namun juga pedas di mulut. Kalau makan ini, pasangannya adalah ketupat atau buras.

2. Ayam Bambu

Disajikan di atas bambu, hidangan satu ini memiliki aroma yang nikmat dan cita rasa yang khas. Makanan yang diolah dengan cara dibakar di atas bara api ini juga sering disebut ayam buluh. Meskipun dibakar, menu ini termasuk makanan berkuah yang bisa melunasi rasa lapar dan membuatmu ketagihan.

3. Duo Sale

Bagi Toppers pecinta sambal, tentu kamu harus mencicipi Duo sale, sambal khas dari kota Palu. Kuliner khas Palu satu ini terbuat dari ikan teri yang telah dikeringkan dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan juga tomat. Memiliki cita rasa manis tak terlalu pedas, makanan khas Kota Palu ini cocok disantap bersama nasi hangat ataupun nasi jagung, panganan khas kota Palu lainnya.

4. Palumara

Lauk khas Palu lainnya yang bisa melengkapi sajian nasi jagung adalah Palumara. Palumara sendiri merupakan sup ikan khas Palu yang memiliki rasa khas pedas dan asam. Dimasak dengan ikan laut khas di laut Sulawesi, kuliner Palu satu ini wajib dicicipi penggemar seafood.

5. Lalampa

Lalampa adalag makanan ringan khas Palu yang sekilas terlihat seperti lemper. Namun, ang memedakan adalah isian dari makanan ini yaitu ikan cakalang. Dimasak dengan cara dibakar, makanan Palu satu ini memiliki aroma khas yang sangat sedap.

6. Labia Dange (Sagu Dange)

Camilan khas Palu lainnya selain Lalampa adalah Labia dange atau sagu dange. Camilan Palu satu ini terbuat dari sagu yang dimasak menggunakan wajan dan tungku tanah liat. Biasa disantap dengan olahan gula merah atau dengan ikan, makanan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang lezat.

7. Milu Siram

Kuliner Palu selanjutnya juga masih terbuat dari jagung. Milu siram yang dikenal juga dengan nama Binte biluhuta adalah sup jagung yang dilengkapi ikan dan udang. Cita rasa makanan khas Palu, Sulawesi Tengah ini adalah manis, pedas, dan asin serta dipercaya ampuh untuk menghancurkan kolesterol jahat yang ada pada tubuhmu, lho.

8. Onyop

Sekilas, kuliner khas Palu, Sulawesi Tengah ini terlihat seperti Jenang, makanan khas Jawa Timur. Yang membedakannya adalah Onyop disajikan bersama kuah ikan yang memiliki rasa asam yang segar.

9. Saraba

Saraba adalah minuman khas Palu yang memiliki rasa menyerupai wedang jahe dan disajikan dalam keadaan hangat. Minuman ini sangat pas untuk disantap saat hari hujan ataupun malam hari saat udara dingin. Untuk Toppers yang menyukai rasa manis, Saraba juga sedap jika diberi tambahan susu kental manis.

10. Kaledo

Kuliner khas Kota Palu selanjutnya sangat cocok untuk kamu penggemar daging sapi. Kaledo adalah sejenis sup kaki sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas yang membuat kaldu dari Kaledo sangat gurih dan lezat.

11. Kapurung

Kapurung adalah kuliner khas Palu yang juga terbuat dari sagu. Sagu yang telah masak kemudian disiram kuah kuning yang terbuat dari kaldu ikan, sayuran, irisan mangga, dan juga daging udang yang membuat panganan ini sangat gurih.

12. Uta Kelo (Sayur Daun Kelor)

Makanan khas Palu selanjutnya adalah uta kelo atau sayur daun kelor. Makanan satu ini tergolong unik karena daun kelor umumnya bukanlah bahan makanan yang umum di bagian Nusantara lainnya. Memiliki ciri khas berkuah, kuliner khas Sulawesi Tengah ini kerap membuat orang yang mencicipinya ketagihan.

13. Nasi Jagung

Telah disinggung di awal, makanan khas Palu selanjutnya adalah Nasi Jagung. Terbuat dari biji jagung yang sudah tua, kemudian ditumbuk kasar hingga menjadi sebesar biji beras, nasi jagung ini memiliki rasa pulen yang nggak kalah dengan nasi dari beras padi, lho! Cocok untuk disantap bersama Duo Sale dan Uta Kelo yang telah dibahas sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279