Lompat ke konten
Home » Destinasi Wisata Di Kepulauan Togean

Destinasi Wisata Di Kepulauan Togean

  • oleh
Tempat Wisata di Kendari

Wisata Di Kepulauan Togean – Taman Nasional Kepulauan Togean ialah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi tengah yang diresmikan di tahun 2004. Secara administrasi daerah ini ada di Kabupaten Tojo Una-una.Kepulauan ini dikenal kaya terumbu karang dan beragam biota laut yang sangat jarang dan dilindungi. Dibuat oleh aktivitas vulkanis, pulau ini tertutupi oleh beberapa tumbuhan yang subur dan rimbun, dan disekelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai sediakan tempat untuk beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Beberapa tindakan rekreasi yang bisa dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing, menelusuri alam rimba yang ada di dalam rimba yang berada di Pulau Malenge, dan berkunjung gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan bisa juga berkunjung pemukiman orang Bajo di Kabalutan.Berikut adalah informasi selengkapnya dari wisatasulawesi .

Daya Tarik

Kekayaan hayati di taman nasional ini tidak begitu menonjol, karena dikuasai oleh fauna yang hidup di daerah perairan. Disamping itu, keadaan tanahnya kurang memungkinkannya untuk banyak beragam tipe flora.Beberapa macam hewan laut yang bisa ditemui di teritori taman nasional ini diantaranya ikan tuna, bujang (Decapterus nacrosoma), cakalang (Gymnosarda unicolor), kura-kura hijau, penyu sisik, duyung, kima raksasa, monyet togean (Macaca togeanus), dan biawak togean.Hasil riset Wisata Di Kepulauan Togean menulis jika ada sekitaran 262 spesies karang di TNKT yang termasuk ke 19 tipe kerabat. Antara spesies itu ada pula karang tipe epidemik Togean seperti Accropora togeanensis.

Disamping itu, diketemukan enam karang baru Kepulauan Togean dan Banggai, yakni masing-masing satu tipe dari genus Porites, Acropora, Echinophyllia, Leptoseris, dan 2 tipe dari genus Galaxea.Ada empat type terumbu karang yang bisa ditemui di teritori taman nasional ini, yaitu karang pinggir (fringing reef), karang penghambat (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).Bentangan terumbu karang kepulauan togean benar-benar luas. Umumnya tempat bermalam ada di tepi-tepi pantai berpasir putih yang di depannya ada bentangan terumbu karang. Bisa dipikirkan, anda bisa lakukan aktivitas snorkeling pas di muka cottage anda, saat sebelum makan pagi atau kapan pun anda harapkan. Untuk lakukan ini Anda tidak harus pandai dan kuat berenang karena sarana di cottage memungkinkannya anda bisa mengapung dan bergerak di permukaan air sekalian menyaksikan panorama terumbu karang dengan kacamata air.Bila berasa capek sesudah diving dan atau snorkeling, anda dapat relax sekalian berkeliling-keliling disekitaran kepulauan memakai perahu bermotor sewaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279