Lompat ke konten
Home » Air Terjun Tumimperas, Surga Alam Tersembunyi Di Tomohon

Air Terjun Tumimperas, Surga Alam Tersembunyi Di Tomohon

  • oleh

Air Terjun Tumimperas – Menjelajah kekayaan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, terhitung di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kota Tomohon Selatan yang simpan kekayaan alam berbentuk air terjun indah namanya Tumimperas. Air terjun cantik ini sudah dikenal semenjak jaman penjajahan Belanda di Indonesia sekitar tahun 1880 an.

Nama Tumimperas dengan bahasa daerah Tombulu mempunyai arti merdunya suara . Maka pertama kali orang mengenal air terjun eksotik ini karena dengar gemericik merdunya suara air yang jatuh di batu-batuan.

Air Terjun Tumimperas jadi tempat liburan harus untuk wisatawan yang ada di Sulawesi Utara. Keadaan sekitaran air terjun masih terbangun keasriannya, ini dapat disaksikan dari jernihnya air yang mengucur, bersihnya udara disekitaran air terjun dan lingkungan yang bersih tentunya. Berikut adalah informasi selengkapnya dari wisatasulawesi .

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tumimperas

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 52 mtr. dengan kedalaman kolamnya capai 2 mtr.. Tingginya air terjun ini diperkirakan untuk sumber dari merdunya suara air yang turun. Debet airnya cukup deras, pelancong dapat tutup mata sesaat untuk rasakan merdunya suara air yang jatuh.

Tidak seperti air terjun yang lain memerlukan usaha ekstra untuk sampai ke lokasinya di Air Terjun Tumimperas ini pelancong perlu lewat lebih kurang 800 anak tangga, tak perlu cemas dengan adanya banyak anak tangga yang perlu dilewati karena keadaan lajurnya telah dibikin senyaman kemungkinan untuk dilewati.

Daya tarik seterusnya dari air terjun hits ini ialah keadaan lingkungannya yang asri, udaranya masih terbangun, panorama alamnya juga tidak kalah memesona. Sejauh jalan pengunjung dapat berpose berdasar belakang pohon-pohonan. Suara burung dipadankan merdunya suara air terjun benar-benar menganakemaskan indra pendengaran.Selainnya keelokan alam sekelilingnya yang memesona, daya magnet lain dari tempat ini ialah ada pelangi yang kadang ada di tengah-tengah air yang berguguran. Pelangi umumnya akan kelihatan sesudah hujan rintik-rintik. Jika untung pelancong dapat menyaksikan pelangi di air terjun eksotik ini.Air Terjun Tumimperas ini punyai batu-batuan yang lumayan besar sebagai tempat bertumpu pelancong yang ingin mendokumentasikan peristiwa di tempat air terjun. Pinggirannya ada juga bangku yang dibuat dari kayu-kayu untuk tempat pelancong istirahat sambil nikmati keelokan air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tumimperas berada di Kelurahan Pinaras, terhitung dalam Kecamatan Tomohon Selatan, Sulawesi Utara. Dari Lapangan terbang Manado pelancong perlu tempuh perjalanan sepanjang 44 km, yang dapat dilakukan dalam kurung waktu 1 jam 26 menit memakai kendaraan individu.

Sebetulnya dari Lapangan terbang Manado pelancong dapat pilih dua transportasi untuk dipakai yakni kendaraan individu atau memakai kendaraan umum. Karena keadaan jalan ke arah tempat rekreasi yang cukup melawan seharusnya saat sewa kendaraan telah dan pengemudinya yang sudah eksper lewat jalanan yang ada.

Rute menuju lokasi Air Terjun Tumimperas, dari Lapangan terbang Manado wisatawan keluar ke arah Jalan Raya Manado, selanjutnya telusuri jalan, juga bisa memakai service peta untuk memudahkan cari titik lokasi air terjun.

Dan bila pelancong memilih untuk naik kendaraan umum dapat naik ojek ke Terminal Manado selanjutnya naik bis jalur Tomohon, dari terminal arah perjalanan dilanjut dengan naik mikrolet yang warna biru.

Medan jalan yang perlu dilewati untuk dapat sampai ke lokasi pintu gerbang air terjun cukup berliku dan menikung hingga pengendara harus waspada. Untuk wisatawan yang memakai kendaraan umum juga harus juga siap-siap dengan keadaan jalan yang ada walau pengemudi mikrolet telah eksper lewat medan jalannya.

Harga Tiket Masuk Rekreasi Alam

Harga Tiket masuk lokasi Air Terjun Tumimperas sejumlah Rp 10.000,- per-orang. Harga Tiket masuk ini masih dapat dijangkau ingat jika lokasi yang hendak didatangi sebagai tujuan bermain air dambaan.

Harga ticket masuk ini belum terhitung ongkos parkir dan ongkos yang lain seperti beli minuman atau makanan dan ongkos untuk pemondokan bila pengunjung ini menginap di dekat teritori air terjun.

Jam Membuka dari pagi sampai sore, saat yang pas untuk bertandang ke air terjun cantik ini ialah saat cuaca sedang panas. Mengapa perlu tiba di keadaan cuaca yang panas? karena keadaan di teritori air terjun masih tetap sejuk, ditambahkan lagi sesudah capek perjalanan pelancong dapat sepuasnya bermain air.

Aktivitas yang Menarik

Aktivitas seru pertama kali yang dapat dilaksanakan saat bertandang ke Air Terjun Tumimperas ialah bermain air. Keadaan airnya yang jernih dan kedalaman kolam yang sampai dua mtr. dapat dijadikan tempat merendam yang nyaman.Photo jadi aktivitas yang harus dilaksanakan saat berkunjung satu tempat, di rekreasi alam ini ada beberapa batu-batuan yang dapat dijadikan tempat duduk untuk ambil photo. Eksplore dari beragam angle untuk memperoleh photo terbaik.

Olahraga dapat dilaksanakan pada tempat ini karena saat sebelum sampai ke lokasi kehadiran air terjun pelancong perlu melalui 800 anak tangga. Ada beberapa lemak yang dapat terbakar dari aktivitas liburan ini tentu saja. Bila kecapekan pelancong dapat stop sesaat untuk istirahat dan nikmati panorama alam yang ada.

Siapa kira aktivitas rekreasi bisa juga dilaksanakan di tempat Air Terjun yang elok ini. Wisatawan yang tiba dengan keluarga dapat habiskan waktu quality time dengan berekreasi. Membawa semua perlengkapan yang diperlukan dan bekal yang cukup agar rekreasi keluarga jadi membahagiakan.Ada beberapa sarana pemondokan yang sudah ada di teritori air terjun, pelancong yang dari luar wilayah dapat menginap dan nikmati keelokan pagi hari di teritori pemakaian ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279