Inilah Pesona Air Terjun Salodik

wisatasulawesi.com – Jika mengulas mengenai Sulawesi tengah, pasti terpikir oleh teluk-teluk cantik dan macam pulaunya yang cantik dan ayu. Propinsi yang berada di Pulau Sulawesi ini kaya sumber daya alam, dimulai dari bidang agraris sampai bidang rekreasi.

Tetapi, tahukan Anda jika di propinsi ada satu tujuan rekreasi yang selalu didatangi oleh beberapa pelancong tiap tahunnya? Nama tempat rekreasi itu ialah Air Terjun Salodik Luwuk, dan kepopularitasanya juga memanglah bukan tanpa ada alasan.

Air terjun yang unik ini berada antara rimba belantara, dan sebagai salah satunya spot rekreasi yang harus Anda datangi saat berekreasi ke Sulawesi tengah. Untuk ketahui mengenai Air Terjun Salodik selanjutnya, silahkan baca rincian berikut ini.

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Salodik

1. Air Terjun Bertingkat

Beberapa orang yang menjuluki tempat ini sebagai sepotong surga di ujung kota, dan hal itu memang tidaklah heran. Sama seperti sama air terjun yang alami, tempat ini terdiri dari beberapa saluran air.

Anda dapat menyaksikan air terjun ini terdiri dari beberapa undakan yang terlihat seperti tingkat-tingkat kecil. Tidak ada beberapa tebing memiliki ukuran tinggi pada tempat ini, hingga undakan itu terlihat seperti sumber mata air yang mengucur secara halus. Menariknya, ada juga wujud tingkat yang seperti seluncuran hingga Anda dapat bermain di lokasi ini secara nyaman.

2. Tempatnya yang Cantik dan Sejuk

Air Terjun Salodik ini berada di lokasi yang dapat disebut benar-benar vital. Tempatnya yang ada di dusun membuat berkadar udara yang paling bersih, hingga Anda dapat mengisap udara yang ada di lokasi ini dengan senang tak perlu takut oleh kandungan udara beracun seperti yang umum berada di perkotaan.

Tidak itu saja, tempatnya yang ada di tengah rimba belantara membuat dikitari oleh pohon-pohonan yang teduh dan embun, hingga Anda dapat rasakan ketenangan yang damai karena tempatnya yang paling cantik.

3. Airnya yang Unik dan Beri kesegaran

Salah satunya sebagai keunikan dari air terjun ini dibanding dengan lainnya ialah karena airnya yang mempunyai warna unik. Air pada tempat ini warna biru kehijauan yang membuat terlihat makin memikat jika disaksikan. Hal itu muncul karena dasar sungainya berisi tanah liat.

Disamping itu, airnya juga benar-benar fresh hingga Anda dapat mandi di air terjun ini dengan bebas. Saluran airnya benar-benar tenang dan damai, hingga recikan airnya tidak ada keras. Karena itu, banyak pelancong yang memutuskan untuk beraktivitas renang atau sekedar hanya merendam pada tempat ini.

Baca Juga : Pasar Bolu Rantepao Jadi Pasar Ternak Terbesar di Indonesia

4. Banyak Spot Photo yang Menarik

Karena mempunyai panorama yang elok, air terjun ini tawarkan Anda beberapa lokasi yang benar-benar pas untuk jadi background photo. Anda dapat berpose di tengah-tengah sungai tanpa perlu cemas karena tempatnya yang tidak begitu dalam.

5. Rumah Burung Epidemik Maleo

Selainnya tawarkan nuansa yang memesona, Air Terjun Salodik jadi lokasi yang spesial karena tempat ini sebagai cagar alam yang dipakai sebagai rumah untuk burung Maleo, burung epidemik ciri khas Sulawesi yang sekarang makin hampir musnah.

Burung yang makin sangat jarang ini sering kelihatan sedang menetaskan telurnya disekitaran tempat ini, hingga tidaklah aneh jika air terjun ini dijadikan daerah untuk melestarikan burung Maleo.

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket Masuk Air Terjun Salodik

Secara administratif, air terjun yang ini masuk ke daerah dusun Salodik, Kota Luwuk, Sulawesi tengah. Letak air terjun eksotik ini berada pas di tepi jalan trans Sulawesi sebagai lajur penyambung di antara Kecamatan Luwuk dengan Kecamatan Pagimana.

Karena lokasi Air Terjun Salodik yang tidak begitu jauh dari pusat perkotaan, akses yang diperlukan untuk capai tempat ini juga tidak begitu susah. Anda dapat tempuh perjalanan dengan memakai kendaraan beroda 2 atau mobil karena jalan yang penting dilewati untuk ke arah tempat ini tidak begitu beresiko. Perlu waktu pintas sekitaran satu jam untuk dapat sampai di lokasi ini jika Anda memulai perjalanan dari Kota Luwuk. Anda juga tinggal jalan beberapa mtr. dari lokasi parkir untuk sampai di air terjun.

Untuk nikmati situasi air terjun yang elok ini, beberapa pelancong cuma akan dikenai harga ticket masuk yang paling murah. Cukup dengan Rp 2.500 per-orang, Anda sudah diperbolehkan untuk masuk lokasi air terjun dan nikmati semua sarana yang ada. Walau demikian, harus diingat membawa harga ticket ini dapat berbeda setiap saat.

Walau dikenakan harga yang murah, tidak berarti tempat rekreasi ini murahan. Di situ, Anda akan disuguhi oleh panorama alam yang betul-betul eksklusif sekalian didukung oleh beberapa sarana yang hendak membuat Anda terasa nyaman.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Salodik

1. Nikmati Keelokan dan Situasi Air Terjun

Saat berkunjung air terjun, sudah pasti nikmati panoramanya yang mengagumkan sebagai hal khusus. Di Air Terjun Salodik, ada beragam pohon-pohonan yang teduh dan hijau hingga bisa memunculkan nuansa yang alami saat mendatanginya.

Karena dikitari oleh rimba tropis, hal itu membuat air terjun ini tidak pernah kering walau dirundung kemarau panjang. Disamping itu, suara serangga rimba dan kicauan beberapa burung yang sama-sama bersahutan akan selalu memberi kesan-kesan damai dan mempersejuk.

2. Mandi dan Merendam

Seperti air terjun lainnya, tempat ini mempunyai beberapa kolam alami di bawahnya yang dapat Anda pakai untuk merendam atau sekedar hanya bermain sama air. Jika Anda tidak dapat berenang, Anda tak perlu cemas karena kolam-kolam di air terjun ini umumnya cukup dangkal.

Dengan situasi yang sejuk yaitu ada di tengah rimba, nuansa yang dibuat akan membuat Anda berasa rileks dan lupakan penatnya kehidupan. Saluran airnya juga tenang dan mempersejuk, hingga Anda dapat berenang dengan aman seperti ada di pemandian air panas.

3. Rileksasi

Situasi di air terjun yang eksotik ini benar-benar pas untuk jadi tempat rileksasi. Bahkan juga cukup dengan sekedar duduk rileks di gazebonya, panorama yang ditawari oleh tempat ini cukup untuk membikin Anda rasakan kenyamanan yang tidak dapat Anda peroleh di lain tempat.

Disertai oleh deru suara air terjun yang tidak begitu keras dibarengi oleh panorama yang cantik, hal itu akan membuat Anda jadi makin kerasan ingin lama-lama di lokasi ini. Tempat ini sebagai lokasi yang benar-benar pas untuk didatangi untuk Anda yang telah lama mengidamkan situasi yang tenang dan ingin mengucilkan diri sesaat dari keributan kota.

4. Melahap Makanan di Tepi Sungai

Daya tarik Air Terjun Salodik bukan hanya berada di titik air terjunnya. Karena keelokannya yang mengagumkan, ini juga selanjutnya digunakan pleh penjual makanan untuk sewakan alas untuk tempat bersantap di tepi sungai.

Walau demikian, Anda pun diwajibkan untuk bawa kantong sampah sendiri supaya masih tetap jaga kebersihan dan kelestarian air terjun ini. Daya magnet khusus yang membuat tempat ini jadi disukai oleh warga ialah karena kemurniannya, hingga semakin lebih arif jika Anda juga jaga kelestarian itu.

5. Memburu Photo Kece

Paling akhir, aktivitas yang dapat Anda kerjakan di teritori air terjun ialah photografi. Dengan keelokan dan daya tarik air terjun ini dan teritori rimba lebat yang mengitarinya, karena itu Anda tidak menyesal jika mendokumentasikan peristiwa cantik ini dengan camera.

Yakinkan Anda bawa camera dibarengi alat pengaman supaya alat itu tidak hancur dan stop berperan saat terserang air. Anda juga harus juga waspada saat mengincar beberapa object disekitaran lokasi air terjun karena bakal ada kubangan air yang dapat membuat camera Anda hancur jika mengenainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279