Pesona Alam Pulau Langkai di Selat Makassar

Makassar tersohor estetika tamasya bahari, salah satunya Pulau Langkai yang berada di Selat Makassar, menjadi surga bagi para pecinta wisatasulawesi.com kesibukan memancing sebab terdapat baragam spesies ikan dan gugusan terumbu karang yang benar-benar luas. Sekitar 142 hektar yang memutari segala pulau.

Suasana Alam Pulau Langkai di Selat Makassar

Sulawesi familiar dengan situasi alamnya yang masih benar-benar asri dan cukup liar. Tidak heran banyak pelancong yang berminat untuk berkunjung dan eksplore kawasan sekitar. Makassar jadi salah satu destinasi yang familiar dengan estetika bahari, namun banyak yang belum mengenal tentang pulau pulau terluar yang berada di selat Makassar.

Baca Juga : Daerah Tamasya Menarik Di Kepulauan Talaud

Daya Tarik Pulau Pulau Langkai

Termasuk ke dalam sederet pulau terluar yang ada di selat Makassar, namun justru jumlah penduduk yang mendiami pulau ini benar-benar banyak. Tercatat sekitar 430 jiwa dengan 127 KK yang tinggal di pulau seluas itu. Kekuatan tarik pertama yang benar-benar unik, merupakan keberagaman dalam satu pulau sebab terdapat tiga suku yang mendiami pulau. Suku Bugis jadi penduduk yang paling banyak, merupakan sekitar 80 persen dan sisanya dihuni oleh Suku Mandar dan Suku Makassar.

Pulau dengan jumlah penduduk yang cukup padat ini jadi salah satu destinasi menarik untuk Anda. Pasalnya, para pelancong bisa merasakan secara segera kehidupan masyarakat sekitar secara segera. Mata pencaharian penduduk lokal beberapa besar jadi seorang nelayan, padahal sisanya jadi pengrajin perahu, pedagang, guru, atau pegawai negeri. Oleh karena itu, Anda bisa memperhatikan kesibukan jual beli atau pencarian ikan dari jarak dekat.

Daya tarik utama dari pulau ini tentu dari situasi alam atau pulaunya. Pulau Langkai ini mempunyai kawasan perairan yang benar-benar bening, sehingga kedalaman bisa dirasakan dari atas permukaan air. Para pelancong bisa memperhatikan ikan ikan di bawah air dengan benar-benar terang. Dengan demikian itu kekayaan hayati serta biota laut bisa dirasakan secara segera oleh para pelancong yang datang berkunjung ke daerah ini.

Tempat Wisata Alam Pulau Langkai

Berwisata ke pulau seluas 27 hektar ini jadi salah satu daerah tamasya yang harus dikunjungi sebab mempunyai sederet estetika alam. Tidak cuma biota laut, namun juga terdapat terumbu karang di sepanjang bibir pantai atau sepanjang pulau. Sekitar 142 hektar terumbu karang memutari pulau padat penduduk ini. Anda bisa menjumpai beraneka macam karang yang ada di bawah laut dengan warna beraneka serta format bermacam-macam tipe.

Tidak cuma terumbu karang, surga bagi para pecinta kesibukan memancing ini juga tentu dimanjakan dengan banyaknya macam ikan. Terdapat ikan kerapu, napoleon, udang Mutiara, kaneke, cakalang, tinumbu, lamuru, cepa, suni, bangang, kerapu, terbang, dan yang paling menarik merupakan hiu. Sebagian macam ikan ini justru belum pernah Anda temui sebelumnya, salah satunya predator besar di wilayah perairan merupakan ikan hiu yang cukup besar.

Tidak heran, nelayan jadi salah satu mata pencaharian utama di salah satu pulau terluar di kota Makassar ini. Mengingat banyaknya macam ikan yang bisa Anda temui menjadi alasan utama penduduk memilih berlayar. Tidak cuma untuk dipasarkan, beberapa ikan juga dikonsumsi sendiri sehingga keperluan protein si kecil buah hatinya terpenuhi. Uniknya perairan di Sulawesi ini sebab kapabel menjadikan ikan dengan ukuran yang besar, sehingga benar-benar puas.

Daerah satu ini tampaknya jadi titik terbaik untuk mencari panorama sang surya yang kembali ke peraduannya. Ketika berangsur cicil mentari turun untuk berganti dengan malam, langsung langit akan berubah jadi jingga sampai semburat orange. Warna inilah yang kapabel menarik perhatian untuk diabadikan dengan sebagai kenangan yang tak akan terlupakan hingga kapan saja. Golden hours inilah yang dicari oleh banyak pelancong Pulau Langkai.

Kegiatan Menarik di Pulau Langkai

Kesibukan utama yang dapat dikerjakan selama berada di pulau ini, merupakan jalan berkeliling sekitar bibir pantai. Anda bisa berjalan di atas pasir lembut berwarna putih yang memutari pulau Langkai. Pulau ini dipastikan membikin kaki Anda lelah sebelum sukses mengelilinginya. Akan namun, berjalan di hangatnya pasir serta sapuan ombak jadi salah satu hal yang tak mungkin dijumpai di perkotaan secara khusus kota kota besar yang padat penduduk.

Tidak cuma berjalan jalan, Anda juga dapat berjemur di bawah terik sang surya untuk sekedar membikin kulit eksotis. Surya bercahaya jelas sampai air laut nampak bening, sebening kristal. Sebelum itu, hendaknya senantiasa menerapkan tabir surya atau sunscreen supaya terhindar dari teriknya mentari yang kapabel membikin kulit Anda iritasi. Banyak yang mencari udara segar serta cemerlangnya cuaca sekitar melewati berwisata di destinasi tamasya terluar dari kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Air laut yang ada di pulau ini sebening kristal sampai biota laut malahan nampak dengan benar-benar terang. Tidak jarang nampak ikan berlalu lalang berenang semakin kemari, sehingga jadi titik yang ideal untuk memancing ikan. Anda bisa berlayar sekitar 2 kilometer dari terumbu karang yang umumnya jadi titik terbaik memancing. Dengan demikian itu, Anda dipastikan mendapatkan ikan dalam jumlah banyak dan berukuran besar sehingga benar-benar memuaskan ketika disantap.

Mengingat banyak ikan serta estetika terumbu karang seluas 142 hektar, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kesibukan menyelam. Terdapat kelengkapan komplit untuk diving dengan kedalaman yang cukup tinggi atau sekedar snorkeling dengan alat snorkel serta pelampung. Kedua kesibukan hal yang demikian bisa membawa Anda ke zona terumbu karang yang benar-benar rapat serta menawan. Titik terbaik untuk menyelam, merupakan sekitar 300 hingga 500 meter dari bibir pantai.

Salah satu mata pencaharian yang banyak dikerjakan oleh masyarakat sekitar, merupakan sebagai pengrajin perahu. Para pelancong tak jarang kali memperhatikan dari dekat pelaksanaan membikin perahu dari permulaan sampai berdiri megah dan bisa digunakan berlayar. Tidak cuma itu, Anda juga akan memperoleh pengetahuan baru berkaitan sistem merawat perahu kayu supaya bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama. Dengan demikian itu, wisata Anda akan terasa jauh lebih berkhasiat.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Langkai

Dihuni oleh sekitar 430 jiwa membikin pulau ini semestinya mempunyai fasilitas memadai. Mulai dari listrik yang menerangi di kala malam hari sudah bisa diakses secara gampang. Terdapat dua generator yang akan nyala mulai pukul 17.30 sampai 21.00 waktu Indonesia komponen tengah. Akan namun, sebagian rumah warga sudah dipasang panel surya untuk memenuhi keperluan listrik. Dengan demikian itu, selepas pukul 9 malam sebagian rumah konsisten jelas benderang.

Tidak cuma dari segi penerangan, telah tersedia fasilitas kesehatan yang cukup memadai. Sedangkan ketersediaannya tergolong terbatas untuk wilayah padat penduduk, namun sudah tersedia 1 puskesmas asisten. Gedung yang digunakan sudah mempunyai tiga ruangan dengan bangunan permanen yang aman. Dengan demikian itu, para penduduk atau pelancong yang merasa kurang bagus bisa berobat ke puskesmas asisten yang sudah dilengkapi kekuatan pakar.

Bagi para pelancong yang berasal dari luar kota pun luar pulau, Anda bisa menginap secara sesuai di daerah ini. Sudah tersedia resort dan penginapan yang cukup memadai dengan harga cukup relatif murah. Tidak jarang, para pengunjung justru memilih mendirikan kemah di bibir pantai sembari merasakan ombak di malam hari. Tentu Anda semestinya berhati hati supaya kemah tak terlalu dekat dengan datangnya air laut yang umumnya pasang.

Domisili dan Rute Menuju Lokasi Pulau Langkai

Lokasi ideal dari pulau terluar yang masih berada di wilayah Kota Makassar ini cukup unik. Pulau Langkai ini berlokasi di kelurahan Barrang Caddi dengan jarak tempuh dari sentra kota sekitar 36 kilometer. Oleh karena itu, akan benar-benar memakan waktu jika Anda menentukan untuk pulang pergi. Kecuali itu, tak ada kendaraan regular yang bisa digunakan sampai hingga ke daerah tujuan sebab jalan masuknya yang masih masih terbatas.

Anda cuma perlu menjalankan perjalanan ke arah Pelabuhan Paotere dan menyewa kapal nelayan setempat untuk hingga ke pulau Langkai. Akan namun, alternatif pertama ini membikin Anda tak mempunyai kendaraan dan jam pasti pada ketika kepulangan. Oleh karena itu, sebaiknya menyewa sekoci dengan kapasitas 10 orang seharga 750 ribu rupiah. padahal untuk rombongan sebaiknya kapal berkapasitas 50 hingga 70 orang seharga 1,5 hingga 2 juta rupiah.

Harga yang cukup mahal, namun sebanding dengan jarak yang semestinya Anda tempuh, merupakan sekitar 2 jam dari Pelabuhan. Dengan demikian itu, Anda dipastikan tak akan mengalami mabuk laut sehingga mengganggu wisata. Jika menentukan untuk menumpang kapal kapal yang akan berlayar ke Pulau Langkai Anda semestinya siap tak mempunyai kendaraan. Pasalnya, harga sewa kapal hal yang demikian untuk perjalanan pulang dan pergi.

Menariknya, tiap pengunjung yang datang ke pulau ini tak ditarik karcis masuk atau bisa dikatakan tarif masuk cuma-cuma. Anda cuma perlu membayar untuk tarif sewa kapal yang cukup susah ditemukan sebagai jalan masuk masuk ke pulau Langkai. Oleh karena itu, tak banyak pelancong yang datang ke daerah ini meski pemandangannya benar-benar cantik. Seperti pula dengan jam buka, Anda dapat berkunjung kapan saja tanpa ada Batasan waktu.

Estetika alam pulau Sulawesi tampaknya sudah tersohor, termasuk untuk estetika tamasya bahari. Akan namun, tidak banyak yang mengetahui sederet pulau terluar yang termasuk ke dalam wilayah Makassar salah satunya pulau satu ini. Pulau terpadat satu ini mempunyai pemandangan yang menarik serta energi tarik tiada duanya. Itulah yang kapabel menarik atensi para pelancong, bagus domestic ataupun mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279