Lompat ke konten
Home » Sumur Pusentasi, Keindahan Eksotis & Unik di Donggala

Sumur Pusentasi, Keindahan Eksotis & Unik di Donggala

  • oleh
Sumur Pusentasi

Sumur Pusentasi, Keindahan Eksotis & Unik di Donggala – Pantas dengan namanya, sumur raksasa Pusentasi Donggala yaitu obyek liburan alam berupa sumur dengan ukuran raksasa. Uniknya, sumur hal yang demikian mempunyai kedalaman air yang tidak bisa dinilai. Pasalnya, kedalaman air diberi pengaruh oleh pasang surut laut yang berada dalam wilayah hal yang demikian. Langsung apa yang membikin liburan ini semacam itu menarik? mari simak review wisatasulawesi.com berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Sumur Raksasa Donggala

Pusentasi, begitulah penduduk setempat mengetahui obyek liburan sumur raksasa yang satu ini. Kalau diistilahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Pusentasi mempunyai arti Sentra Laut. Obyek liburan bahari ini dinamakan sentra laut, sebab terdapat lubang atau terowongan yang mengaitkan sumur dengan Pantai Bonebula. Jarak antara sumur dengan pantai sekitar 500 meter.

Kalau sumur umumnya berlokasi di lahan luas atau di dalam rumah dan diciptakan dengan sistem bor, karenanya Pusentasi Donggala ini tak diciptakan dengan demikian. Sumur yang mempunyai diameter sampai 10 meter ini terwujud secara natural. Kecuali hal yang demikian diterangkan dengan eksistensi batuan alam besar yang memutari zona sumur hal yang demikian. Walaupun batuan, terdapat pula pohon besar di sekitar sumur.

Berenang di perigi raksasa yaitu kesibukan seharusnya yang dilaksanakan para pelancong. Kecuali senantiasa ramai pengunjung yang melaksanakan kesibukan berenang, air dalam sumur hal yang demikian tidak pernah keruh. Dari atas sumur para pelancong dapat memandang kedalaman dan dasar sentra laut, serta kehidupan biota laut yang ada di dalamnya. Jadi, Anda dapat bayangkan sendiri alangkah jernihnya air laut hal yang demikian.

Keindahan Sumur Raksasa

Letak sumur raksasa ini sendiri berada di kawasan yang masih satu lokasi dengan Pantai Bonebula. Pantai hal yang demikian juga menyuguhkan pesona yang sayang kalau dilewatkan. Birunya laut dan hamparan pasir putih, menjadi kekuatan tarik terbesar Pantai Bonebula dan Sumur Raksasa Pusentasi. Bebatuan karang yang berada di kedua liburan hal yang demikian menjadi komplementer estetika alamnya.

Walaupun mempunyai panorama pantai eksotis dan sumur raksasa yang mengagumkan, Pusentasi juga menjadi daerah unggulan para pengunjung yang berharap melaksanakan kesibukan diving ataupun snorkeling. Ketika yang telah diterangkan, air dalam sumur sentra laut Donggala senantiasa dalam keadaan bening. Kemilau kebiruan yang indah hati menjadi kekuatan tarik terbesar untuk menyelaminya.

Menariknya lagi, di komponen tepi liburan hal yang demikian dikelilingi dengan tembok yang dicat warna warni. Pun komponen dari tembok hal yang demikian digambari dengan tipe tipe artikel yang lucu dan dapat dibuat sebagai titik foto menarik. Jadi, sembari merasakan air yang segar dan bening, Anda dapat memenuhi galeri foto dengan latar belakang tembok warna warni.

Tidak hingga lokasi hal yang demikian, Anda pasti akan beratensi untuk menceburkan diri ke dalamnya. Bagi Anda yang berharap menguji nyali, melompat dari bibir Pusentasi Laut juga dapat dibuat sebagai kesibukan menarik di daerah hal yang demikian. Malahan, pihak pengelola juga telah menyiapkan tangga panjang untuk para pengunjung yang berharap kembali naik ke permukaan.

Menariknya air dalam sumur raksasa hal yang demikian diandalkan kapabel menyembuhkan bermacam penyakit kulit. Konon katanya, khasiat hal yang demikian berasal dari campuran air laut murni. Jika heran banyak pelancong yang pulang dengan membawa air dalam sumur hal yang demikian. Malahan, sebagian pengunjung berasal dari luar kota yang cuma berharap menikmati khasiat air sumur Pusentasi Laut Donggala.

Fasilitas yang Tersedia di Sumur Raksasa Pusentasi

Di sekitar lokasi sumur raksasa terdapat sebagian penginapan dengan harga sewa yang murah. Kecuali hal yang demikian tentu bisa mempermudah para pengunjung yang berharap menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini. Bagi Anda yang datang dari luar kota dan berharap menginap di sekitar lokasi Pusentasi Donggala, dapat memanfaatkan penginapan hal yang demikian untuk beristirahat.

Kalau tak membawa bekal saat berkunjung ke Pusentasi, Anda tak perlu cemas untuk mengisi perut yang lapar. Pasalnya, di sekitar lokasi hal yang demikian terdapat sebagian kios makan yang menjajakan masakan khas Sulawesi dengan harga yang ramah di kantong. Objek makan di sekitar zona hal yang demikian memasarkan aneka makanan yang bisa memuaskan rasa lapar.

Seusai menyantap makan siang, Anda dapat mengistirahatkan diri dengan membaringkan badan di pondok pondok kecil sekitar pantai. Pondok hal yang demikian yaitu fasilitas yang dikasih pihak pengelola untuk menyokong kenyamanan para pelancong. Fasilitas pondok bisa menampung lima sampai enam orang pengunjung yang datang dari jauh.

Rute Menuju Lokasi Sentra Laut Donggala

Walaupun liburan bahari Sentra Laut Donggala berlokasi di Dusun Simbe, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Letak liburan sumur raksasa ini masih berada di wilayah Pantai Tanjung Karang. Lokasi hal yang demikian cukup tenar dengan keindahannya, karenanya tidak heran banyak pelancong yang seketika mengenali lokasi dari Sentra Laut Donggala itu sendiri.

Lokasi Pusentasi Donggala ini cuma berjarak sekitar 12 kilometer dari arah Ibu Kota Donggala. dari Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, lokasi Pusentasi berjarak sekitar 46 kilometer. Lokasi yang cukup strategis membikin obyek liburan bahari hal yang demikian bisa diakses dengan gampang, malahan para pengunjung dari luar kota bisa menemukannya dengan gampang.

Kalau Anda datang dari Banawa Ibu Kota Donggala, karenanya dapat memakai kendaraan bagus roda dua ataupun roda empat. Di sana, Anda juga dapat memakai kendaraan awam yang mencapai jarak sekitar 12 kilometer saja. kalau dicapai dari Palu, Anda dapat memakai kendaraan pribadi untuk mencapai jarak sekitar 46 kilometer saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279