Tempat Wisata Pulau Manado Tua di Sulawesi

Sebagai salah satu destinasi paling menarik dan indah dipandang mata, pulau manado tua bisa menjadi andalan Sulawesi Utara, nama Pulau Manado Tua masih kalah populer dengan Pulau Bunaken. Meskipun, destinasi liburan ini mempunyai estetika bawah laut wisatasulawesi.com yang tidak kalah menarik dan luar biasa daripada Pulau Bunaken.

Letak Wilayah Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua berada dalam satu wilayah Taman Nasional Bunaken bersama dengan Pulau Bunaken, Siladen, Mantehage, dan Nani. Kelima pulau ini menyusun suatu gugusan taman nasional yang menarik hati para pencinta diving, laut, dan pantai.

Seperti halnya Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua malah mengandalkan pemandangan bawah lautnya. Malahan, saking spektakuler estetika bawah lautnya, Pulau Manado Tua pernah diwujudkan sebagai World Ocean Conference pertama pada tahun 2009.

Baca Juga : Pulau Wisata di Manado Sulawesi Utara

Ketika menyelami dasar lautan, air lautnya semacam itu bersih, bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan adanya perlindungan kehidupan bawah laut dari beraneka tipe kesibukan penangkapan ikan dan terumbu karang bagus dengan memancing apalagi mengaplikasikan bahan peledak.

Yang membedakan Pulau Manado Tua dengan pulau di wilayah Taman Laut Bunaken lainnya ialah vegetasi yang ada di dalam pulau. Pulau yang dihuni kurang lebih 3000 penduduk ini ialah daratan yang berbentuk gunung.

Keindahan Pulau Manado Tua

Di pulau ini terdapat gunung berapi yang menyebabkan banyaknya pohon-pohon hijau nan rindang menumbuhi. Tidak cuma itu, lebih kerennya lagi, puncak gunung berapi yang ada di Pulau Manado Tua berada di bawah laut.

Pada komponen bawah laut, terdapat dataran dengan kemiringan 5 sampai 30 meter. Dataran hal yang demikian dibelah lantas oleh karang berkedalaman 25-50 meter ke dasar laut. Kemudian, di bawah laut sana, terdapat gua besar dengan panorama yang menakjubkan.

Tidak cuma itu, jenis biota lautnya membikin para pencinta diving dunia terus berdatangan. Taman laut Pulau Manado Tua ini dihuni biota laut langka seperti dugong, lumba-lumba dan beraneka tipe ikan hias seperti Hippocampus sp, kima raksasa, serta penyu sisik dan penyu hijau.

Untuk tipe terumbu karang didominasi oleh tipe Pocilopora sp, Seriaattopora sp, Pachyseris sp, Porites sp, Fungia sp, Herpolitha sp, Holomitra sp, Galaxea sp, Pectinia sp, Lobophyllia sp, Echinopora sp, dan Tubastrea sp.

Keragaman dan estetika bawah laut Pulau Manado Tua inilah yang menjadi tenaga tarik pelancong untuk menyelami dasar lautnya.

Kecuali dunia bawah laut, pulau ini menawarkan liburan hutan, Kubur Raja Mokodokettk, Raja Kokodompis, Raja Wulangkalangi, Pantai Raja (Apeng Datu), Pantai Istana Wakil Raja (Apeng Gugu), Pantai Apeng Salah, Batu Layar (Batu Senggo), Batu Kadera, Batu daerah rehat (Pangilolong), dan Bua Alo yang kini menjadi Ibu Kota Kelurahan Manado Tua Dua adalah Bualo.

Untuk menempuh lokasi Pulau Manado Tua, Anda dapat mengendarai kendaraan dari kota Manado sejauh 10 mil. Setelahnya, Anda dapat menyeberang mengaplikasikan kapal-kapal kecil yang ada di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279