Berbagai Makanan Khas Soppeng

wisatasulawesi.com – Keanekaragaman tradisi dan budaya jadikan Indonesia kaya bisa banyak hal, satu diantaranya ialah makanan. Kulineran Indonesia dari tiap wilayah sanggup membuat beberapa pencinta kulineran dimanja lidah dan perutnya. Begitupun saat dan berkunjung Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan yang kaya kulineran. Baca makanan ciri khas wilayahnya dalam pembahasan ini.

1. Kapurung

Kapurung sebagai kulineran ciri khas Bugis yang bisa juga Anda dapatkan di Soppeng. Makanan yang kaya nutrisi ini dibikin dari sagu yang dipertambah dengan beragam sayur. Sayur ini terbagi dalam bayam, kacang panjang, jantung pisang, tomat dan terong bundar. Makin kaya rasa plus tambahan seafood seperti ikan teri atau udang.

Sepintas Anda kemungkinan menilainya seperti pugalu atau begalu, tapi berbeda. Karena makanan satu ini mempunyai keunikan pada bumbunya. Bumbu yang dikenali patikala berikut yang jadikan rasa dari Kapurung demikian ciri khas. Patikala mempunyai rasa asam tetapi membuat rasanya jadi lebih fresh dan unik.

Pada intinya, Anda bukan hanya dapat mendapati Kapurung di Soppeng saja. Kapurung jadi kulineran kebersama-samaan yang jadikan acara nikmati kapurung sebagai acara untuk bergabung. Dalam kata lain, Kapurung bisa menjadi penyatu yang hendak membuat situasi jadi lebih hangat. Apa lagi makanan ini dapat dimakan dalam semua situasi.

Makanan berkuah ini, dapat secara mudah Anda dapatkan saat memijakkan kaki di Soppeng. Jika Anda tidak menyenangi ikan, Anda dapat pilih kapurung yang mempunyai kombinasi daging ayam. Macam yang ditawari untuk Kapurung ini bermacam, dimulai dari Kapurung Ikan, Kapurung Ayam, Kapurung Udang sampai Kapurung Campur.

2. Jalangkote

Saat sebelum mencicip makanan berat yang lain, Anda dapat jadikan Jalangkote sebagai cemilan lebih dulu. Bila menyaksikan penampilannya pertama kalinya, panganan satu ini benar-benar serupa dengan pastel, komplet dengan ukir-pahatan pada bagian pinggirnya. Namun bila jadi perhatian lebih dekat, pastel dan Jalangkote mempunyai ketidaksamaan.

Baca Juga : 7 Wisata Pemandian Air Panas di Sulawesi Selatan

Ketidaksamaan ini berada pada kulitnya yang lebih tipis bila dibanding dengan pastel. Disamping itu Jalangkote mempunyai struktur kulit yang lebih bergelombang, berlainan dengan pastel yang kulitnya lebih lembut. Ini rupanya karena, pada proses pembikinan kulitnya dipertambah dengan minyak panas pada adonan, hingga lebih bergelombang.

Bukan hanya pada kulitnya, ketidaksamaan dari jalangkote dan pastel pada isinya. Tiap wilayah di Sulawesi Selatan akan memberi isian yang lebih bermacam. Di Soppeng, Jalangkote memakai isian bihun, kentang dan wortel yang awalnya sudah diolah. Untuk membuat makin nikmat umumnya akan dipertambah dengan telur rebus.

Sekarang ini juga yang membuat Jalangkote jadi menu yang lebih modern, yaitu dengan isian mayonaise dan daging asap. Kombinasi rasa renyah dan teksturnya yang gurih dan halus di saat membuat makanan satu ini banyak sekali fans. Warga Soppeng biasanya menikmatinya dengan cuka dan cabe. Yakinkan tidak untuk melewati jajan ini.

3. Nasu Palekko

Untuk membikin perjalanan rasa Anda di Soppeng makin komplet, Anda dapat mencicip makanan yang dikenali dengan Nasu Palleko. Nasu Palleko sendiri sebagai kulineran ciri khas suku Bugis yang hendak membuat siapa saja suka. Panganan satu ini dibikin dari daging bebek, dipotong jadi kecil kecil yang selanjutnya dibumbu dengan bumbu khusus.

Pada proses pembikinannya, daging bebek yang sudah disembelih akan dikuliti. Baru selanjutnya jadi lebih kecil dan dibersihkan sampai bersih. Tambahan cuka atau jeruk nipis dilaksanakan untuk hilangkan amis dari dagingnya. Biasanya, bumbu dari Nasu Palekko mempunyai warna yang mengunggah, dengan rasa pedas yang membuat telinga memeras.

Wewangian yang dibuat akan membuat Anda tidak kuat untuk mencicipinya. Wewangian antiknya ini karena, minyak yang dipakai untuk menggoreng ialah lemak dari kulit bebek yang sudah dipisah awalnya. Kombinasi rasa pedas dan gurih yang dibuat Nasu Palekko ini benar-benar pas untuk Anda yang menyenangi makanan pedas.

Untuk mendapati panganan satu ini tidak susah, ada beberapa warung makan yang sediakan menu satu ini. Walau tidak setenar makanan lainnya, Nasu Palekko akan membuat lidah Anda bergetar karena rasa pedasnya. Akan nikmat bila dicicipi dengan nasi hangat yang hendak bersatu secara halus dan pedasnya daging bebek cincang ini.

4. Gogoso

Setelah nikmati masakan daging bebek cincang, sekarang waktunya Anda mencicip makanan tradisionil yang tidak kalah nikmat. Warga Sulawesi Selatan mengatakan bernama Gogoso yang mempunyai cita-rasa yang nikmat. Bila Anda menyaksikannya sepintas, makanan satu ini serupa dengan lemper karena wujud dan berbahan termasuk serupa.

Tetap, makanan ini mempunyai ketidaksamaan yang membuat Anda harus mencicip saat ada di Soppeng. Sebetulnya, tidak cuma di Soppeng makanan satu ini populer di wilayah Sulawesi Selatan yang lain. Khususnya saat lebaran datang, reputasi dari Gogoso tidak kalah dari ketupat yang demikian dicari saat lebaran.

Yang membuat Gogoso ini berlainan dengan lemper ialah isian yang dipakai. Meskipun ada beberapa Gogoso yang memanglah tidak memakai isian. Untuk Gogoso yang memakai isian dikenali dengan gogoso kambu. Isian yang dipakai berbentuk ikan tongkol yang diambil dagingnya saja. Daging ini telah digabungkan dengan bumbu unik dan kelapa sangrai.

Beberapa memakai abon ayam atau sapi sebagai alternatif daging ikan tongkol. Yang membuat panganan ini makin unik ialah langkah mengolahnya. Untuk membikin Gogoso, beras ketan yang sudah diisi isian akan dibuntel daun pisang kemudian dibakar. Proses pembikinan berikut yang membuat Gogoso mempunyai harum yang lebih memikat serta lebih unik.

Selainnya dapat Anda cicipu saat di Soppeng, Anda bisa juga menjadikan sebagai oleh-oleh. Karena ditawarkan secara keliling, jadi tidak susah untuk cari makanan tradisionil ini. Harga yang ditawari untuk satu Gogoso tidak mahal, biasanya dibanderol dimulai dari Rp. 1500 sampai Rp. 10 ribu rupiah saja.

5. Songkolo Bagadang

Menelusuri makanan Soppeng bukan hanya dapat dilaksanakan pada siang hari, karena saat malam hari Anda bisa juga memperoleh kulineran unggulan dari kota satu ini. Kulineran malam ini dikenali dengan Songkolo Bagadang yang hendak membuat perjalanan rasa Anda makin komplet. Sebagian orang mengatakan dengan Sokko yang dibikin dari beras ketan.

Satu jatah Songkolo, Anda akan dihidangkan nasi ketan plus tambahan ikan kering, sambal dan tidak ketinggal parutan kelapa goreng. Ketan yang dipakai biasanya sebagai ketan hitam yang hendak membuat siapa saja suka. Karena pulennya ketan bersatu dengan gurihnya lauk yang membuat panganan ini wajib buat dicicip.Dari beberapa lauk yang didatangkan memang memberi rasa sensasi berlainan. Seperti parutan kelapa goreng yang condong lebih manis dan renyah. Sementara untuk teri keringnya, mempunyai kesan krispi yang paling cocok di lidah. Tanpa memakai krupuk, teri goreng ini telah memberi kesan makan dengan krupuRasa sensasinya makin komplet dengan kehadiran sambal yang dibikin dari kombinasi cabe dan tomat. Pedasnya sambal ini makin mengunggah dengan kehadiran wewangian kayu manis yang membuat siapa saja ingin selekasnya menikmatinya. Satu jatah Songkolo Bagadang akan makin nikmat bila pengepakannya memakai daun pisang.

Untuk memperoleh panganan ini di Soppeng, bukan kasus yang susah. Telah banyak rumah makan atau lokasi kuliner malam yang berada di Soppeng. Bahkan juga beberapa telah ada yang tawarkan panganan ini lewat online. Harga yang dibanderol untuk makanan unik dan nikmat ini tidak membuat kantong Anda bobol.

6. Pisang Epe

Panganan manis ini benar-benar pas menjadi penutup diperjalanan Anda menelusuri enaknya kulineran Soppeng. Pisang Epe bukan hanya dapat diketemukan di Makassar, tetapi jadi kulineran ciri khas dari Soppeng. Dengan bahan dasar pisang seperti namanya, Anda dapat jadikan Pisang Epe sebagai menu dessert yang paling sedap.

Pisang Epe dibikin dengan memipihkan pisang yang selanjutnya dibakar. Sesudah pisang masak, untuk menambahkan cita rasaya dipertambah dengan sauce yang dibikin dari gula merah. Kombinasi rasa manis berikut yang jadikan cemilan satu ini demikian terkenal di Sulawesi Selatan. Untuk pisang yang dipakai sebagai pisang raja.

Pisang ini benar-benar pas karena mempunyai rasa yang manis dan wewangian yang unik. Jadikan rasanya dari Pisang Epe makin orisinal dan membuat suka. Bukan hanya ada dalam sauce gula merah, sekarang ini pisang Epe juga alami modernisasi. Tambahan seperti keju atau meses sekarang ini bisa Anda dapatkan.

Bahkan juga seringkali telah ada yang jual olahan pisang ini plus tambahan matcha atau durian yang membuat semakin kaya rasa. Nikmati olahan satu ini, benar-benar cocok bila dipertemukan dengan kopi panas. Sambil nikmati keelokan pantai ataupun waktu Anda sedang santai, mendapati makanan ini tidak susah.

Tersebut beberapa makanan ciri khas Soppeng yang dapat Anda coba. Olahan makanan yang didatangkan bukan hanya berbentuk makanan berat tetapi cemilan yang tidak kalah memikat. Yakinkan untuk mencicip semua, karena belum pasti Anda dapat mendapati pada tempat Anda . Maka telah putuskan akan coba yang mana terlebih dahulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279