Lompat ke konten
Home » Berwisata Sejarah Di Benteng Sumba Opu

Berwisata Sejarah Di Benteng Sumba Opu

  • oleh
Wisata Benteng Sumba Opu

Wisata Benteng Sumba Opu – Bangunan bersejarah yang dimiliki Gowa ialah Benteng Somba Opu. Bangunan ini sebetulnya sudah terendam bahkan juga hancur oleh ombak pasang. Tapi d tahun 1990 benteng ini kembali mendapatkan pemugaran. Tidak hanya benteng tapi pengunjung dapat menemukan museum, meriam dan bangunan tempat tinggal yang unik akan tradisi Bugis. Benteng Somba Opu ini merupakan temppat yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Letak Benteng Somba Opu berada di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu. Persisnya ada di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa yang mempunyai jarak sekitaran 7 km dari kota Makassar. Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari wisatasulawesi .

Daya Tarik

Benteng Somba Opu Makassar berkembang jadi pusat permukiman bahkan juga jadi pusat perkotaan. Warga yang tinggal disekitaran benteng bukan hanya sebagai masyarakat Gowa saja, tapi juga beberapa pedagang dari seluruh penjuru dunia, seperti Denmark, Inggris, Portugis, sampai Gujarat. Beberapa pedagang itu mempunyai kantor sendiri untuk aktivitas dagang, mereka membangun loji. Beberapa kantor itu berada di dekat benteng dan mempunyai beberapa lokasi yang berperan sebagai pasar dan pusat keramaian yang berada di muara Sungai Je’neberang di mana beberapa kapal biasa bertambat.

Sejak masa pra-kolonial, Dermaga Makassar (Somba Opu) telah dikenali sebagai pintu ke arah teritori timur Indonesia. Kota yang berada di selatan Pulau Sulawesi ini mempunyai sejarah yang panjang sebagai bandar niaga yang masyhur. Menurut sejarah, Benteng Somba Opu sebagai benteng khusus Kerajaan Gowa. Benteng ini dibangun oleh Raja Gowa IX yang namanya Karaeng Tu Mapa’risi Kallonna yang selanjutnya diteruskan oleh Sultan Alauddin dan beberapa raja sesudahnya. Pembangunan benteng ini mempunyai tujuan membuat perlindungan Kota Somba Opu dari gempuran Belanda. Benteng Somba Opu berwujud persegi dengan luas sekitaran 15 ha. Menurut google beberapa sisi Wisata Benteng Sumba Opu ini memiliki ukuran 2 km dengan tinggi sekitaran 7-8 mtr. dan ketebalan 12 kaki. Di setiap sisi ujung benteng, ada pagar tinggi yang dibuat dari batu tanah liat.

Peninggalan sejarah sebagai saksi bisu pada jaman dulu ini juga sering didatangi oleh wisatawan lokal atau luar negeri ketika sekarang ini. Dalam kawasan Benteng Somba Opu, terdapat banyak cagar budaya berbentuk beberapa rumah tradisi beragam suku di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Selainnya beberapa rumah tradisi, dalam teritori Benteng Somba Opu ini ada banyak museum sebagai area untuk menyimpan beberapa benda monumental, terhitung meriam besar yang panjangnya sekitaran 9 mtr. diletakkan dan dilestarikan di museum itu. Tiap hari, Benteng Somba Opu ramai didatangi beberapa wisatawan atau beberapa ratus mahasiswa yang lakukan beragam aktivitas organisasi kemahasiswaan. Beberapa mahasiswa ini juga lakukan beragam aktivitas kemahasiswaan di beberapa rumah tradisi dan bahkan bermalam sekian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279