Duren Montong asal Sulteng Tembus Pasar Internasional

Duren montong produksi Sulawesi Tengah menembus pasar internasional. Semenjak Maret 2021, buah itu diekspor ke luar negeri, tepatnya ke Jepang.

Duren montong asal Sulteng diketahui berukuran besar, berdaging tebal, dan rasanya manis. Selama ini, duren telah dijual sampai ke luar provinsi, seperti DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Durian Paling Enak Asal Sulawesi

Baca Juga : Pakaian Adat Khas Pulau Sulawesi Selatan

“Untuk memenuhi pasar ekspor ke sejumlah negara kami terus mendukung potensi buah duren asal Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan dinas berkaitan dan para eksportir,” kata Kepala Balai Karantina Kelas II Palu, Amril, Rabu (30/6/2021).

1. Duren berasal dari tempat sekitar Palu

Amril mengatakan, hampir seluruh tempat di Sulteng menciptakan buah duren dengan kwalitas bagus. Antara lain Kabupaten Parigi Moutong, Sigi, dan Poso. Tapi selama ini orang luar lebih mengetahui duren berasal dari Palu, yang justru bukan tempat penghasil wisatasulawesi.com.

“Duren yang diekspor dari beragam ragam tempat di Sulteng, tetapi yang viral duren Palu. Nah ini yang perlahan-perlahan kita ubah menjadi duren Sulteng,” ia menjelaskan.

2. Telah empat kali duren Sulteng diekspor ke Jepang

Via PT. Arumia Kharisma Indonesia, buah duren asal Sulawesi Tengah telah diekspor sebanyak empat kali ke negara Jepang. Duren ragam montong beku diekspor dengan sempurna kiriman 784 kilogram.

Sebelum tembus pasar internasional, semenjak tahun 2019 duren montong asal Sulawesi Tengah telah dijual ke sebagian tempat di Indonesia.

“Mulanya dikirim duren utuh, kemudian dalam wujud frozen dan hasilnya tembus pasar internasional,” tutur Amril.

3. Kendala ekspor duren Sulteng ke pasar internasional

Untuk urusan pasar internasional, Amril menyebut ekspor duren montong masih terkendala urusan administrasi. Yakni akta kesehatan yang diterbitkan melalui institusi Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Tempat (OKKPD).

Apabila akta itu telah ada, Balai Karantina Pertanian Palu dapat mengeluarkan akta phytosanitari, ialah dokumen yang menerangkan suatu komoditi tanaman terbebas dari organisme penggangu tumbuhan karantina tertentu. Akta hal yang demikian juga akan mempermudah pengiriman ekspor lantas dari Sulawesi Tengah.

“Balai Karantina Pertanian Palu berupaya mengurus prasyarat ini sehingga pengiriman lantas dari Sulawesi Tengah bukan Surabaya lagi,” kata Amril.

“Soal pasar, pemerintah juga berusaha membuka pasar internasional layak dengan prasyarat dan apa yang diperlukan tiap-tiap-tiap-tiap negara,” ia menambahkan.

Durian Parigi Yang Lezat Bertekstur Lembut

Jika kita mampir ke kota Parigi, hampir seluruh jalan utama Kota Parigi dipenuhi pedagang duren musiman. Malahan para pedagang menjajakan dagangannya mulai pagi sampai malam hari.

Berikut keistimewaan duren Parigi sehingga menjadi unggulan pecinta duren dan tenar hingga ke ibukota Jakarta:

  • Mempunyai tekstur buah yang lembut sehingga sungguh-sungguh legit dan sedap dimakan.
  • Daging buah nya teval dan padat sehingga padahal dengan berat 500 gram, anda dijamin puas memakannya buah ini, Kecuali itu duren ini mempunyai biji yang sungguh-sungguh kecil dan tipis alias banyak dagingnya/
  • Rasanya manis dan mantap. Rasa duren Palu Parigi ini sungguh-sungguh manis dan mentap sehingga sungguh-sungguh digemari pecinta duren Inilah kelebih utama diperbandingkan dengan duren monthong Thailand yang sama-sama mempunyai daging yang tebal.
  • Dan yang paling penting yakni duren ini mempunyai bebauan yang harum dan nikmat serta tak menyengat. Banyak orang tak menyenangi duren sebab bebauan yang menikam hidung. Walaupun duren montong Palu mempunyai bebauan yang sungguh-sungguh berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279