Makanan Khas Kendari, Sulawesi Tenggara Yang Menggugah Selera

Indonesia terkenal dengan makanan dan budaya yang sangat banyak. Salah satu nya berada di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu Provinsi yang berada di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi. Beribukota di Kendari, Sulawesi Tenggara menaruh estetika alam dan eksotisme yang indah.

Seperti di tempat-tempat pada lazimnya Kendari mempunyai bermacam-macam masakan unik dan lezat yang dapat kau coba. Tentunya, masakan hal yang demikian dapat kau jadikan oleh-oleh untuk orang tersayang.

Baca Juga : Duren Montong asal Sulteng Tembus Pasar Internasional

Beratensi berkunjung ke Kendari, Sulawesi Tenggara? Jangan lupa cicipi variasi panganan khas Sulawesi Tenggara berikut!

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Paling Enak

1. Pisang Epe

Pisang Epe diwujudkan dari pisang kepok yang kemudian dibakar separo matang lalu dipipihkan. Pisang Epe dihidangkan bersama gula merah cair. Rasanya yang manis layak untuk jadi makanan penutup wisatasulawesi.com sesudah kau makan yang asin-asin.

Dikala ini pisang Epe dipasarkan dengan beragam varian rasa. Tetapi sekiranya mau menikmati otentiknya pisang epe khas Kendari, harus untuk mencicip ras originalnya dulu.

2. Bagea
Bagea yakni salah satu makanan tradisional yang populer di Sulawesi. Makanan yang kerap kali diwujudkan oleh-oleh ini terbuat dari tepung sagu.

Manis kering Bagea mempunyai rasa manis dengan tekstur yang cukup keras. Tetapi semacam itu masuk mulut akan semacam itu sedap dan lembut. Untuk membikin rasanya makin sedap, lazimnya ditambahkan dengan kacang tanah atau biji kenari.

3. Krupuk Mete
Olahan kacang mete di Kota yang miliki banyak pantai ini memang semacam itu bermacam-macam. Sebagai opsi, Krupuk Mete dapat diwujudkan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Adanya beragam varian rasa membikin kripik mete ini kian menarik untuk dicicipi. Rasanya yang gurih berpadu dengan tekstur yang renyah, membikin kau dapat ketagihan ketika menyantapnya.

4. Lapa-Lapa
Lapa-lapa yaitu makanan khas Sulawesi Tenggara, tepatnya berasal dari tempat Buton. Mempunyai cita rasa gurih, masakan tradisional Sulawesi Tenggara ini sering timbul pada bulan Ramadan.

Supaya lebih sedap, lazimnya masyarakat setempat merasakan makanan tradisional ini bersama ikan asin atau lebih diketahui dengan nama Ikan Kaholeonarore oleh masyarakat Sulawesi.

5. Kabuto
Makanan khas Sulawesi Tenggara berikutnya yang harus Toppers cicipi yaitu Kabuto. Masakan tradisional asal tempat Muda dan Buton ini berbagan dasar ubi dan singkong yang dikeringkan dan diperbolehkan berjamur.

Sedangkan terdengar unik, cita rasa dari makanan tradisional asal Sulawesi Tenggara ini cukup menarik untuk dicoba.

6. Sinonggi
Makana tradisional Sulawesi Tenggara berikutnya berasal dari Suku Tolaki yang terbuat dari sari pati sagu yang diolah bersama kuah rempah yang mewujudkan rasa gurih yang sedap.

Masyarakat Suku Tolaki sendiri mempunyai budaya menyantap Sinonggi ini bersama-sama dan budaya ini dinamakan Mosonggi. Makanan khas Sulawesi Tenggara ini mulanya yakni makanan pokok masyarakat setempat yang sekarang mulai langka sebab masyarakat mulai mengkonsumsi nasi.

7. Kasoami
Panganan tradisional Khas Sulawesi Tenggara berikutnya yang terbuat dari ubi yaitu Kasoami. Sering melengkapi sajian makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya, Kasoami paling ideal disantap bersama ikan asin.

8. Kapusu
Kapusu yaitu bubur jagung yang diolah beriringan dengan kacang merah. Tekstur lembut dari makanan tradisional khas Sulawesi Tenggara ini memberikan pengalaman masakan yang nggak akan pernah dapat kau lupakan.

9. Sate Gogos Pokea
Buat penggemar seafood, makanan khas Sulawesi Tenggara, Sate gogos pokea dapat jadi pilihanmu. Sate gogos pokea yaitu sate yang berbahan kerang. Kadang sate ini dibumbui bacem manis sehingga menciptakan rasanya makin sedap untuk disantap.

10. Karasi
Manis khas Sulawesi Tenggara satu ini memang cukup terkenal di beragam tempat nusatara lain melainkan dengan nama berbeda seperti roti jala maupun kudapan manis rambut. Karasi mempunyai cita rasa manis dengan tekstur renyah yang menarik hati. Sedangkan nampak simpel, terbukti pelaksanaan pengolahan makanan khas Sulawesi Tenggara ini cukup susah, lho.

11. Ikan Dole
Ikan Dole yaitu masakan tradisional Sulawesi Tenggara tepatnya tempat Buton yang berbahan dasar Ikan Tenggiri. Sistem pembuatannya yaitu dengan menggiling daging ikan dan dicampir dengan kelapa muda parut sebelum alhasil digoreng sampai kecokelatan.

Makanan khas Buton ini paling ideal disantap bersama makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya seperti sate gogos dan lapa-lapa. Bila berkunjung ke hajatan masyarakat setempat, masakan khas Buton ini juga benar-benar gampang dijumpai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279