Intip Keindahan Pantai Tanjung Bira di Bulukumba

Intip Keindahan Pantai Tanjung Bira di Bulukumba – Sulawesi ialah pulau yang diketahui sangat kaya akan kemampuan alam dan budaya. Dekat dengan negeri lain, tidak mengherankan jika mereka mempunyai kombinasi adat dan bahasa. Tidak hanya itu, Sulawesi pula ialah pulau yang posisinya lumayan jauh dari pusat bunda kota dan dekat dengan pulau Papua.

Tetapi Sulawesi sendiri diketahui lebih modern dan maju dimana pertumbuhan di Sulawesi memanglah tidak kalah pesatnya dengan di Jawa. Walaupun tidak menyeluruh, Sulawesi mempunyai daya tarik untuk turis asing untuk berkunjung. Salah satunya sebab terdapatnya Pantai Tanjung Bira di Bulukumba.

Wisata tersembunyi ini seolah jadi surga dunia yang terletak di Sulawesi. Turis bisa mendatangi Tanjung Bira ataupun diucap dengan nama lain Tanjung Bire. Terdapat wisata alam berbentuk pantai yang luar biasa indah. Di sinilah pengunjung akan bisa menikmati pesona alam Indonesia yang diketahui bermacam- macam dan menawarkan sejuta keindahan. Lokasi Pantai Tanjung Bira terletak di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba. Jaraknya lumayan jauh, turis wajib menempuh jarak 200 kilometer dari pusat bunda kota Makassar.

Sebab posisinya yang terpencil ini, Tanjung Bira bisa dikatakan terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan. Apalagi, warga dekat menjadikan Tanjung Bira selaku senjata untuk menarik turis asing ataupun lokal untuk tiba dan menikmati keindahan pantai yang mereka miliki. Terdapat pemandangan dasar laut yang indah dan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

Baca Juga: Coto Nusantara, Mencicipi Kuliner Legendaris Makassar Kaya Rempah

Tempat Wisata Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira kerap dijadikan objek wisata untuk menikmati waktu sunset dan sunrise. Mereka bisa memandang secara langsung gimana matahari tenggelam ke laut lepas. Sebab laut di Tanjung Bira ialah laut lepas yang begitu biru dan melegakan. Destinasi wisata ini mempunyai karakteristik khas utama ialah terdapatnya pasir pantai yang halus dan sangat kecil. Apalagi sebagian orang berkata itu merupakan tepung sebab sangat halus. Banyak laut dan pantai yang mempunyai ciri semacam ini tetapi senantiasa saja Pantai Tanjung Bira yang sangat mempesona.

Keunikan yang lain merupakan hadirnya 3 lapis warna menawan yang nampak dari kejauhan. Pantainya bersih dan aman. Pengunjung yang memerlukan suasana tenang bisa menciptakannya di Pantai Tanjung Bira yang tidak seramai Bali ataupun Lombok. Betul- betul lokasi yang pas untuk mencari ketenangan disini.

Terdapat pula tempat wisata yang lain semacam Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Sebagian besar pengunjung melaksanakan snorkeling dan diving di wilayah ini sebab biota dasar laut yang indah jika dibanding dengan tempat lain.

Salah satu kegiatan lain yang bisa dicoba turis merupakan berkelana pulau memakai perahu dengan harga Rp. 300. 000 per perahu yang bisa diisi sebagian orang. Berikutnya turis pula bisa melancong religi ke makam salah satu penyebar agama Islam di Sulawesi ialah Dato Ri Tiro.

Tidak banyak orang yang ketahui tentang wisata religi, tetapi pengunjung yang tiba senantiasa menyempatkan diri untuk berangkat kesana. Ini memenuhi kekayaan spiritual dan pariwisata yang lebih bercorak. Sehabis itu, turis pula bisa menikmati wisata budaya dan sejarah. Sebab wilayah Sulawesi sendiri pula populer dengan pengrajin kayu dan perahu phinisi. Dari mari kita bisa menciptakan phinisi yang terbuat oleh pengrajin. Kapal yang telah terdapat semenjak nenek moyang kita ini memanglah populer hingga ke mancanegara. Tidak tidak sering Indonesia memamerkan kapal Phinisi dikala menjajaki festival pariwisata di luar negara.

Baca Juga: Pulau Siladen, Destinasi Wisata Pulau Cantik Berpasir Putih di Manado

Transportasi ke Pantai Tanjung Bira Pantai

Untuk hingga di Pantai Tanjung Bira, turis bisa menempuh ekspedisi dari Bulukumba yang mempunyai jarak tempuh dekat 40 kilometer. Sebaliknya jika dari Makassar jaraknya 200 kilometer. Jika pengunjung berasal dari Sulawesi sendiri, bisa mengawali dari Makassar terlebih dulu.

Baru nanti sehabis menempuh ekspedisi, turis bisa memakai angkutan universal ekspedisi dari Makassar mengarah Bulukumba. Biayanya dekat Rp. 40. 000 per orang. Lokasinya lumayan jauh dan biayanya pula worth it. Sesampainya di Bulukumba, turis bisa melaksanakan ekspedisi memakai mikrolet ataupun yang diucap dengan pete- pete dan mengarah Tanjung Bira dengan bayaran Rp. 15. 000/ orang.

Alternatif lain jika dari lapangan terbang, turis bisa memakai bis Damri untuk mengarah lapangan Karebosi. Baru sehabis itu, pengunjung bisa memakai transportasi lokal ataupun pete- pete ke Malengkeri. Kala Kamu datang, naik bis ataupun ekspedisi dengan mobil individu dengan bayaran dekat Rp. 75. 000/ orang.

Bagi jarak dari Bulukumba ke Tanjung Bira, cuma memerlukan waktu dekat 30 menit hingga 1 jam. Sebaliknya total waktu tempuh turis dari Makassar ke Bira optimal 5 jam dan tercepat 4 jam. Tidak perlu takut bosan sebab di pinggir jalur banyak ada keindahan ataupun pemandangan alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279