Lompat ke konten
Home » Wisata Sejarah Di Monumen Westerling Makassar

Wisata Sejarah Di Monumen Westerling Makassar

  • oleh

Monumen Westerling Makassar – Melihat banyaknya potensi wisata di pulau sulawesi disini kita akan melihat Monumen Westerling. Tanggal 10 November sudah diperingati sebagai hari Pahlawan. Nah ngomong- ngomong hari pahlawan.Tidak hanya di Makassar juga sama dengan kota – kota besar lainnya. Nah Salah satunya ini adalah Monumen Westerling.

Untuk Mengulik sejarahnya, pada tahun 1946-1947 pastinya adalah lembaran kelam pada masyarakt sulawesi Selatan. Konon ada 40.000 orang dibantai pada operasai penumpasan memberontak oleh pasukan khusus Belanda dimpimpin oleh Raymond Pierre Paul Westerling

Juga monumen Westerling ini sudah berdiri sampai sekarang menjadi pengigat peristiwa tersebut. Monumen Ini pun berada Kl/ langgau Tallo. Kota Makasasar. Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari wisatasulawesi .

Daya Tarik

Mengingat Monumen Korban 40.000 Jiwa ini pastinya ada perasaan yang meremang. Relief pada monumen itu mengingatkan betapa rakyat. Juga mendengar kabar bahwa Indonesia telah merdeka, Akhirnya dikumpulkan di tanah terbuka kemudia diberondong dengan senapan. Kemudian mayat mereka di satukan di satu liang.

Monumen ini beridiri di wilayah yang asri dan juga rapi. Tetapi tidak banyak kendarang lewat di daerah sekitar. Kemudian menempati lahan disudut jalan dengan luas kira – kira sekitar 250 meter persegi. Serta terdiri dari beberapa bangunan, merupakan pendopo sert amonumen disertai relief pada dindingnya. Kemudian Di tempat inilah ada satu aksi dari pasukan Westerling dilakukan.

Nah ternyata ditempat itu, dulunya adalah tempat dibuangnya sekitar puluhan korban. ternyata korban – korban lain itupun dikuburkan di sekitar ditempat mereka dibantai. Kemudian menyebar di beberapa daerah sulawesi. Lubang monumen itu pun sekarang sudah tidak terlihat. Dilokasi lubang ini pun saat ini berdiri tembok yang melingkari monumen. Dan akhirnya pemerintah kota makasasar serta pemerintah provinsi Sulawesi selatan selalu memperingatri peristiwa pembantaian setiap 11 Desember. Di kota parepare juga didirikan monumen serupa.

Pastinya dengan kalian berwisata ke Monumen Westerling Makassar ini kalian dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang zaman penjajahan kolonial Belanda di Sulawesi. Nah selain bersifat edukatif, kalian pun dapat memaknai perjalan wisata kali ini dengan lebih mendalam juga ada nilai spiritualnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279