Pulau Runduma, Pesona Pulau Eksotis dan Surganya Beberapa Penyu di Wakatobi

Pulau Runduma, Pesona Pulau Eksotis dan Surganya Beberapa Penyu di Wakatobi – Pulau Runduma secara geografis terpisah jauh dengan pulau lain di Wakatobi. Masih juga dalam satu daerah administrasi Kecamatan Tomia, pulau ini kelihatan paling unik dibanding dengan beberapa pulau lainnya. Ini karena bila disaksikan dari satelit, pulau ini terlihat berwujud hati dengan pemandangan pasir putih yang memanjang di pesisir pantainya. Memiliki bentuk yang unik jadi keunikan pulau ini.

Pulau yang populer dengan keindahan alam dan pantainya yang indah ini benar-benar tenang. Mayoritas daerahnya tertutup dengan pohon-pohonan dan semak ilalang. Dan pulaunya sendiri berpasir putih dan empuk. Pulau yang bersih ini benar-benar pas untuk beberapa pencinta alam untuk menelusuri dan coba beragam aktivitas untuk mendapatkan pengalaman berlibur baru.

Bukan hanya keindahan alamnya, Pulau Runduma populer untuk tempat menangkar penyu. Masyarakat sekitaran biarkan penyu-penyu tiba dan bertelur. Umumnya tiap bulan, pengawas Taman Nasional Wakatobi akan tiba untuk menyaksikan dan hitung bertambahnya komunitas penyu dan biota laut di teritori itu. Penyu yang umumnya bertelur umumnya ialah tipe penyu hujau dan penyu sisik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Runduma

Sebagai tujuan rekreasi untuk beberapa pencinta alam, Pulau Runduma mempunyai beragam daya tarik. Anda yang ingin liburan di lokasi yang tenang dengan situasi alam yang masih kental, karena itu pulau ini menjadi alternative Anda. Di pulau ini, Anda bisa rasakan kembali lagi ke alam. Daya tarik berikut bisa saja bisa membuat Anda ingin bertandang.

1. Pantai yang Indah

Pulau ini dikitari dengan bentangan pasir putih yang bersih dan luas. Pasir yang lembut ini, selanjutnya dipadankan dengan laut biru kehijauan yang paling jernih. Ombak di laut tidak terlalu besar dan angin yang sepoi-sepoi membuat situasi jadi tenang dan damai. Bila Anda menyenangi ketenangan, karena itu Anda akan kerasan lama-lama habiskan waktu di pulau ini.

Pemandangan alam akan lebih indah saat mendekati sore saat matahari tenggelam. Dari pulau ini, matahari kelihatan benar-benar terang. Udara selalu fresh karena jauh dari keramaian kota hingga tidak ada pencemaran. Keindahan alam dan keasriannya dan udara yang bersih jadi daya tarik khusus tempat ini. Pengunjung yang capek oleh aktivitas di perkotaan, bisa istirahat sesaat di pulau ini.

2. Terumbu Karang

Wakatobi terdaftar mempunyai lebih dari 500 tipe terumbu karang, menyebar pada pulau koral atau disebutkan atol sepanjang 47 km dan jadi yang paling panjang di dunia. Terumbu karang tipe Acropora spp dan Porites spp jadi yang paling menguasai di daerah ini. Biota laut pun tidak kalah indah. Ada beberapa ikan-ikan yang cuma bisa di jumpai di Wakatobi saja.

Masih juga dalam satu daerah Wakatobi, Pulau Runduma mempunyai keindahan terumbu karang. Perairan yang melingkari pulau dipenuhi oleh terumbu karang yang membuat beberapa pencinta olahraga snorkeling atau diving untuk tiba dan menyaksikan keelokannya. Hingga dengan begitu, terumbu karang menjadi daya tarik tertentu.

3. Penangkaran Penyu

Pulau ini populer sebagai surga untuk penyu, khususnya penyu hijau dan penyu sisik. Penyu-penyu tiba dan bertelur di daerah pantai atau di pulau tidak memiliki penghuni dari sisi pulau ini. Taman Nasional Wakatobi dengan teratur terus memantau komunitas penyu supaya selalu terlindungi. Menjadi satu diantara daya tarik, karena bila untung, pengunjung bisa menyaksikan sendiri penyu tiba dan bertelur.

4. Warga Pulau

Warga dari Pulau Runduma yang sejumlah lebih kurang 140 kepala ini jadi daya tarik tertentu karena mempunyai kepedulian yang tinggi pada lingkungan. Warga hidup bersebelahan dengan penyu. Mereka biarkan dan tidak juga mengganggu penyu-penyu yang tiba untuk bertelur. Selainnya penyu, mereka juga jaga kelestarian ekosistem laut.

Warga yang cari ikan secara konservatif. Dengan begitu, terumbu karang dan ekosistem didalamnya bisa terbangun secara baik. Mereka tidak memakai beberapa cara yang bisa menghancurkan laut seperti bius atau bahan peledak, hanya memakai pukat atau jaring saja. Untuk warga di pulau ini, terumbu karang harus dijaga dengan sebagus-baiknya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Pulau Runduma terpisah jauh dari pulau lain tetapi masih juga dalam Kecamatan Tomia, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju lokasi pulau ini, Anda bisa mengawali perjalanan dari Lapangan terbang Matahora yang berada di Pulau Harum-wangi. Selanjutnya perjalanan diteruskan menuju Dermaga Wakatobi. Disana Anda baik perahu ke Pulau Tomia dan arah usai di pulau ini.

Perjalanan dari Pulau Tomia ke Pulau Runduma lumayan jauh. Perjalanan perlu dilakukan sepanjang 4 jam perjalanan. Tetapi, Anda bisa sewa speed boat untuk perjalanan yang bisa lebih cepat. Speed boa ini telah disiapkan oleh Taman Nasional Wakatobi.

Untuk bertandang ke pulau ini, Anda tidak diambil ongkos retribusi atau ticket masuk. Anda cuma bayar transportasi fasilitas menuju pulau ini saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279