Taka Bonerate, Taman Laut yang Menakjubkan di Selayar

Taka Bonerate, Taman Laut yang Menakjubkan di Selayar – Keindahan alam Indonesia tidak terdapat habisnya. Tidak terkecuali keindahan bawah lautnya. Keindahan bawah laut ialah salah satu daya tarik untuk turis mancanegara untuk berkunjung.

Salah satu taman laut yang layak didatangi merupakan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate di daerah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Di tempat itu kalian dapat memandang langsung gimana keindahan dan betapa kayanya alam bawah laut kita.

Berikut ini beberapa data tentang TN Taka Bonerate yang bisa jadi butuh kalian tahu bila mau berkunjung ke situ.

1. Lokasi

Semacam yang telah disebutkan di atas, Taman Nasional Taka Bonerate terletak di perairan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Jaraknya dekat 300 km dari Makassar, bunda kota Sulsel.

Kalian dapat menggapai tempat ini dengan pesawat dari Makassar ke Benteng, bunda kota Selayar. Dapat juga dengan menempuh jalan perahu penyeberangan dari Bira, Bulukumba.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Togean, Keindahan Gugusan Pulau di Sulawesi Tengah

2. Daya tarik Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate ialah taman laut dengan kawasan atol terbanyak ketiga di dunia, sehabis Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Hamparan atol ini terbentang dekat 220 ribu hektare, dengan sebaran terumbu karang sampai 500 km persegi.

Terdapat 15 pulau di daerah TN Taka Bonerati, yang jadi tujuan kesukaan untuk menyelam, snorkeling, dan wisata bahari yang lain. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari kelompok pulau- pulau karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau- pulau dengan banyak yang lumayan banyak.

Di sela pulau- pulau gosong karang, ada selat- selat kecil yang dalam dan terjal. Sebaliknya pada proses permukaan rataan terumbu, banyak ada kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada masa air surut terendah, nampak dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam- kolam kecil.

Di kawasan Taka Bonerate ada paling tidak 244 tipe moluska dan banyak nudibranch ataupun yang kerap diucap dengan siput telanjang. Kawasan itu juga ialah rumah untuk penyu. Paling tidak ada 4 tipe penyu, ialah semacam penyu sisik, penyu tempayan, penyu hijau, dan penyu lekang.

3. Terdapat puluhan spot diving

Taman Laut Taka Bonerate jadi surga untuk para pecinta diving. Ada 43 spot diving di mari. Salah satu spot yang biasa didatangi merupakan spot mercusuar. Spot ini mempunyai ciri lokasi yang berbentuk karang tepi, dengan temperatur 27 derajat dan juga pola arus yang berbentuk arus susur pantai. Spot mercusuar ini mempunyai kedalaman dekat 5 sampai 8 m, dengan kecepatan arus 0, 25 m per detik dan kecerahan perairan yang menggapai 10 m. Keadaan karang hidup disini berkisar 30 sampai 70 persen.

Jinato Wall Paradise merupakan spot diving berikutnya yang lebih istimewa. Dengan kedalaman sampai 15 m dan kecerahan yang menggapai 15 hingga 20 m. Spot ini didominasi oleh softcoral dan hardcoral. Keadaan terumbu karangnya lumayan bagus dengan keadaan karang hidup disini menggapai 57 sampai 83 persen.

Itu tadi data tentang Taman Laut Taka Bonerate yang bisa jadi bermanfaat buat kalian yang tertarik berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279