Berbagai Kuliner Enak Khas Bulukumba

wisatsulawesi.com – Bulukumba sebagai salah satunya kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Selatan. Jarak kabupaten ini sekitaran 164 km dari pusat perkotaan Makassar.

Bulukumba populer dengan macam kulineran berasa sedap dan beraroma ciri khas yang sanggup mengunggah hasrat. Hal itu karena proses mengolah yang memakai langkah tradisionil dan pemakaian bumbu rempah-rempah lokal berkualitas.

Kira-kira apa ya kulineran ciri khas kabupaten Bulukumba yang sayang dilewati? Yok, cari info berikut ini!

1. Borobbo

Bila jadi perhatian sepintas, penampilan borobbo seperti bubur. Perbedaannya bahan khusus bubur ialah beras, dan borobbo dibuat dari jagung. Cita-rasanya juga unik, renyah dan sedikit manis.

Borobbo akan makin nikmat saat dikonsumsi dengan ikan asin, ayam goreng, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan sambal.

2. Bandang-bandang

Bandang-bandang sebagai kue basah ciri khas Bulukamba yang dibuat dari tepung beras, santan, gula pasir, dan pisang kepok. Seterusnya campur seluruh bahan itu sampai jadi adonan. Selanjutnya buntel memakai daun pisang. Lantas kukus sampai masak.

Baca Juga : Daftar Bukit Sulawesi Yang Wajib Kalian Kunjungi

3.Kue Uhu-Uhu

Di Jawa, kue ini diberi nama nogosari. Cita-rasanya manis yang renyah dengan struktur halus yang mengunggah hasrat.

Kue uhu-uhu sebagai kulineran ciri khas Bulukumba berbentuk cemilan. Uhu-uhu dibuat dari adonan tepung yang dibuat seperti jala laba-laba. Kemudian, diberi dengan gula aren yang awalnya sudah dicairkan selanjutnya dimasak.

Kue uhu-uhu mempunyai cita-rasa renyah dan struktur gurih yang banyak disukai bukan hanya oleh warga di tempat, tetapi juga beberapa pelancong. Pas dijadikan oleh-olehan untuk keluarga di dalam rumah.

4. Coto kuda

Diproses dengan bumbu-bumbu khusus, coto kuda mempunyai cita-rasa yang lebih renyah dan wewangian ciri khas. Umumnya, warga di tempat melahap coto kuda bersama dengan ketupat.

5. Jagung marning

Proses pembikinan jagung marning tidak susah. Kamu juga dapat membuat sendiri di dalam rumah.

Sebelumnya jagung dikasih bumbu-bumbu khusus supaya cita-rasanya renyah dan nikmat. Selanjutnya jagung itu dimasak sampai masak dan memiliki tekstur gurih.

Ada dua tipe variasi jagung marning yang dapat kamu tentukan sesuai dengan selera, yakni orisinal dan pedas.

Dengan macam kulineran ciri khas yang sedap tentu saja kamu tidak cemas saat perut keroncongan sepanjang liburan di kabupaten Bulukumba. Hebat sekali, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279