Wisata Bahari Manado, Menikmati Panorama Laut Eksotis Sambil Kuliner

Wisata Bahari Manado, Menikmati Panorama Laut Eksotis Sambil Kuliner – Wisata Bahari Manado menjadi satu diantara rumah makan yang unik karena bukan hanya menyuguhkan beragam menu seafood yang sedap, tetapi memberi panorama laut yang cantik. Karenanya rumah makan ini menjadi satu diantara favorite beberapa pengunjung. Servis yang memberikan kepuasan disokong dengan lokasi yang benar-benar menjuru ke pantai membuat rumah makan ini tak pernah sepi.

Pengurus rumah makan ini mengunggulkan seafood sebagai sajian. Diharap, rumah makan ini bisa menambahkan rekomendasi kulineran untuk warga Manado, khususnya untuk beberapa pencinta seafood. Pengurus rumah makan ini jamin bila beberapa menu makanan yang ada berlainan dengan restaurant lainnya di Manado hingga menjadi ciri-ciri uniknya sendiri.

Rumah makan ini bukan hanya didatangi oleh beberapa pengunjung dari wilayah sekitaran. Banyak pula beberapa pengunjung dari wilayah lain, bahkan juga pengunjung dari luar negeri. Restaurant yang dapat disebutkan sebagai restaurant terapung ini benar-benar unik dan berlainan dengan rumah makan lain. Servis juga memberikan kepuasan dengan fasilitas dan sarana yang ideal untuk pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Bahari Manado

Wisata Bahari merupakan rumah makan yang unik hingga selalu penuh pengunjung. Rumah makan ini mempunyai beragam daya tarik. Bukan hanya rumah makan yang menyuguhkan makanan seafood, tapi juga ada di lokasi yang mengapung di atas pantai. Benar-benar berlainan dengan rumah makan lain. Daya tarik rumah makan ini sebagai berikut.

1. Menu Makanan

Rumah makan ini sebagai restaurant halal yang mempunyai menu unggulan berbentuk beragam jenis sajian seafood. Olahan menu makanan seafood ini diambil berbahan yang fresh. Lobster, bermacam opsi ikan, cumi-cumi, kepiting, dan yang lain masih hidup di aquarium saat sebelum diolah dan disajikan untuk pengunjung. Dengan demikian, rasa masakan lebih sedap dan fresh.

Harga menu makanan ini tidak begitu mahal. Cukup dapat dijangkau untuk makanan berbahan fresh dan rasa bumbu yang sedap. Beragam jenis minuman ada untuk pengunjung. Tidak itu saja, sebagai makanan penutup, ada bakery dan cake shop. Di situ, Anda bisa beli makanan ciri khas Manado yakni kue klappetaart yang dibuat dari kelapa.

Sebagai rumah makan, menu makanan yang bermacam memang tentu jadi daya tarik untuk pengunjung. Apa lagi bila makanan yang dihidangkan dibuat berbahan yang fresh dan rasa yang sedap. Karena itu rumah makan ini mempunyai daya magnetnya sendiri karena memberi servis makanan yang memberikan kepuasan pengunjung.

2. Restaurant Terapung

Rumah makan ini disebutkan restaurant terapung karena ada menjuru di laut Teluk Manado. Karena tempatnya yang ada di atas laut, pengunjung bisa menikmati sajian sekalian dengar suara ombak di lautan. Ini sudah pasti membuat rumah makan ini terlihat unik dan jadi daya tarik pengunjung untuk tiba dan rasakan makan di atas lautan.

Tidak itu saja, pengunjung disuguhi dengan panorama Gunung Manado Tua dan Bunaken. Karena itu, panorama di dalam rumah makan ini jadi benar-benar cantik. Bahkan juga pengunjung menjelaskan jika panorama ini bisa saja ialah yang paling eksotis dari rumah makan yang berada di Manado. Panorama yang cantik ini membuat pengunjung pilih rumah makan ini untuk isi perut.

Sunset jadi daya tarik tertentu bila pengunjung tiba di sore hari. Antara panorama alamnya yang cantik dan debur ombaknya, matahari tenggelam sebagai saat yang dinanti. Dengan latar matahari tenggelam, pengunjung mendokumentasikan peristiwa di dalam rumah makan unik di Manado ini.

3. Live Music

Salah satunya sebagai daya tarik rumah makan ini ialah ada fasilitas live music. Pengunjung bisa menyaksikan panorama yang cantik sekalian dengarkan music yang merdu. Bukan hanya dengarkan music, pengunjung bisa juga berkaraoke riang di dalam rumah makan ini. Untuk pengunjung yang menyenangi music, servis sarana ini jadi daya tarik tertentu untuk pengunjung.

4. Perahu Nelayan

Bila Anda tiba ke rumah makan ini, Anda akan menyaksikan perahu punya nelayan yang ada di laut. Panorama ini benar-benar unik karena berasa ciri khas pantai. Perahu ini yang menambahkan kecantikan panorama laut dengan latar Gunung Manado Tua dan Bunaken. Bahkan juga kadang, perahu nelayan ini dapat demikian dekat di bawah restaurant hingga jadi daya tarik tertentu.

5. Menu Ciri khas

Rumah makan ini mempunyai beberapa menu ciri khas yang tidak Anda dapatkan di lain tempat. Salah satunya menu ciri khas di dalam rumah makan ini yakni salad goropa keju krispi. Menu ini dibuat berbahan ikan air asin namanya goropa. Dengan susunan tepung goreng dengan kombinasi mayonnaise dan puritan keju, menu ini benar-benar sedap. Apa lagi bila dipadankan dengan nanas, ketimun dan nasi.

Dan menu lain ialah udang gola bakar. Menu satu ini juga sedap. Harga cukup dapat dijangkau. Disamping itu, masih banyak kembali beberapa menu yang lain bisa diminta oleh pengunjung di dalam rumah makan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata Bahari Manado ada di Pundak Mall Complex, Sulawesi Utara. Tempat ini benar-benar dekat sama pusat Kota Manado. Cuma 4 km saja atau mungkin kurang lebih 10 menit perjalanan saja. Anda bisa memakai kendaraan individu baik beroda 2 atau beroda 4. Bila tidak, Anda bisa juga memakai kendaraan umum seperti ojek online.

Daftar Restoran Di Daerah Samarinda

wisatasulawesi.com – Liburan ke Samarinda kurang komplet rasa-rasanya bila tidak singgah ke warung sekedar untuk minum teh atau kopi. Bukan hanya hapus dahaga dan lapar, bertandang ke sebuah warung makan akan tinggalkan masa lalu tertentu yang bernilai. Ditambah lagi bila wewangian dan unik rasa menu yang ada pada warung makan itu nikmat dan sedap. Pasti ada rasa rindu yang tetap memikat supaya tiba kembali. Bermacam menu dan hidangan itu sudah pasti yang dapat tinggalkan kesan-kesan pada lidah, hingga memory dalam kepala gampang untuk mengingatnya kembali.Berikut beragam kulineran ciri khas samarinda

Pondok Borneo Samarinda

Pulau Kalimantan memang populer dengan olahan seafoodnya tidak kecuali Samarinda. Saat ada di kota ini dan ingin nikmati olahan seafood kamu dapat tiba ke Pondok Borneo Samarinda. Sebagai salah satunya opsi tempat makan seafood di mana kamu akan disuguhi beragam olahan seafood berasa nikmat dan buat tagih.

Ada banyak menu makanan yang harus kamu coba di sini, seperti kepiting asap yang diberi dengan beragam jenis bumbu lalu buntel dengan aluminium foil hingga hasilkan cita-rasa dan wewangian yang unik. Dikonsumsi bersama cah kangkung dan nasi hangat akan buat kombinasi yang cocok di mulut.

D’Puncak Kafe Samarinda

Kuliner sekalian nikmati panorama di atas ketinggian memang sangat menarik, ada cafe di Samarinda yang menyajikan ide makan didampingi panorama yang cantik, D’Puncak Kafe Samarinda namanya. Salah satunya tempat berekreasi kulineran, di mana kamu bukan hanya disuguhi macam kulineran ciri khas dengan cita-rasa nikmat tapi juga panorama cantik yang akan menganakemaskan mata. Daya tarik tempat ini bisa saja opsi untuk hunting spot photo atau melangsungkan moment tertentu dengan keluarga atau rekan-rekan. Disamping itu, kita bisa juga masak langsung lho menu yang hendak kita cicipi di sini. Menarik kan?

Ta Wan

Cicipi hidangan hangat dan mengenyangkan dari menu Chines yang berada di rumah makan Ta Wan ini. Ada bermacam hidangan yang bisa menggoyang lidah, salah satunya ada cap jay, kwetiau dan fuyung hay. Macam hidangan lauk berat seperti ayam, daging atau ikan ada juga. Semua terhidang komplet dengan rasa dan wewangian yang unik. Tidak ketinggal menu nasi putih yang pulen dan empuk. Sesuai nasi orang asia secara umum, nasi di dalam rumah makan ini juga sedap.

Baca Juga : Air Terjun Waesai, Objek Wisata Alam yang Menawan di Barru

Umumnya, menu yang berada di rumah makan sangat terkenal dilidah orang Indonesia hingga Anda tidak harus kebingungan pilih. Tidak sulit memperoleh rumah makan ini.

Depot Pusaka Cantik

Rumah makan selanjutnya yaitu depot pusaka cantik, menu unggulan yang berada di rumah makan ini sudah pasti soto veteran. Soto ini serupa dengan soto secara umum, namun kuah dan isinya sedikit berbeda. Kuahnya benar-benar bening dan renyah hingga Anda akan suka dengan rasa soto yang ini. Bukan hanya hanya itu, isian bukan hanya sayur saja tetapi banyak daging yang membuat soto ini patut jadi pemenangnya soto.

Pondok Steak Sari Pasifik

Bila Anda ingin hidangan hangat dan tidak demikian berat karena itu benar-benar pas makan steak. Selainnya rasa daging yang renyah dan empuk, steak daging yang berada di pondok ini benar-benar ciri khas dengan rempah Indonesia. Rumah makan ini populer akan lokasi yang cantik dan menarik. Bukan hanya hanya itu, hidangan menu steak terdapat beberapa pilihan. Bukan hanya daging sapi saja tetapi ada juga daging ayam hingga Anda bisa pilih mana sesenang hati.

Lokasinya lumayan luas dan mempunyai ruangan parkir yang lega . Maka Anda tak perlu cemas kekurangan tmpat dan slots. Cukup sedianya dompet yang cukup tebal saja karena hidangan di sini benar-benar sedap, maka janganlah bingung bila kelak dompet tiba-tiba tipis.

Resep Es Pisang Ijo Yang Lezat dan Lembut Khas Makassar

Resep Es Pisang Ijo Yang Lezat dan Lembut Khas Makassar – Sekali mencicipi dijamin kalian ketagihan manis lembutnya jajanan khas Makassar ini. Pisang dibalut adonan yang lezat dinikmati dingin sebagai sajian selingan.

Es pisang ijo ialah salah satu kemilan ataupun jajanan khas Makassar yang populer sampai ke berbagai kota Indonesia. Saking populernya sampai terdapat franchise jajanan manis ini dalam wujud gerai.

Cocok dengan namanya, jajanan ini berbentuk es yang terdiri dari pisang dibalut adonan hijau. Dipotong dan disajikan dengan bubur sumsum, kuah santan dan sirop merah dan es.

Baca Juga: Makanan Khas Bone Sulawesi Selatan Paling Sedap

Rasa lembut bubur, legit pisang dan sirop plus dinginnya es membuat jajanan ini disukai banyak orang. Supaya puas makan es pisang ijo, kalian bisa buat sendiri dengan formula di dasar ini. Triknya tidak susah. Buat yuk!

Bahan:

  • Pisang Ijo
  • 200 g tepung beras
  • 1 sdm tepung kanji
  • 50 g gula pasir
  • 2 sdm air daun suji pandan
  • 400 ml santan encer
  • 6 buah pisang kepok/ tanduk/ raja sereh, kupas
  • daun pisang/ plastik tebal

Bubur:

  • 100 g tepung beras
  • 750 ml santan segar yang sedang kentalnya
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/ 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Santan yang telah direbus
  • Sirop Merah Pisang Ambon
  • Es Batu

Cara Membuat Es Pisang Ijo:

  • Pisang Ijo: Taruh dalam wadah, tepung beras, tepung kanji, gula, air daun suji dan santan. Aduk sampai larut dan licin.
  • Masak di atas api kecil sambil aduk- aduk sampai kental dan matang.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Ambil 2- 3 sdm adonan, ratakan di atas selembar daun pisang ataupun plastik tebal.
  • Beri sepotong pisang di tengahnya. Balut seluruh pisang hingga bentuknya mirip pisang.
  • Taruh di atas kukusan yang telah dialasi daun, Kukus selama 30 menit sampai matang.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Bubur: Taruh tepung beras, santan, akstrak pandan dan garam dalam panci, aduk sampai larut.
  • Masak di atas api lagi, aduk- aduk sampai kental dan matang.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Penyajian: Potong- potong pisang ijo melintang, taruh di mangkuk saji.
  • Beri bubur, santan, sirop merah dan es batu. Sajikan dingin.

Tips membuat es pisang ijo khas Makassar:

  • 1. Ekstrak daun pandan dan suji untuk adonan pisang ijo bisa terbuat dari daun pandan dan daun suji yang diblender dengan sedikit air. Ataupun dalam bentuk ekstrak pandan dan suji yang segar.
  • 2. Jika tidak terdapat bisa dipakai pasta pandan sebagai penggantinya.
  • 3. Untuk rasa dan aroma yang lebih sesuai, pakai sirop pisang ambon sebagai pemanisnya.

Coto Nusantara, Mencicipi Kuliner Legendaris Makassar Kaya Rempah

Coto Nusantara, Mencicipi Kuliner Legendaris Makassar Kaya Rempah – Masih seputaran kunjungan kami ke Makassar bulan kemudian, sepanjang disitu bisa dibilang aku nyaris senantiasa makan Coto. Sebagian waktu yang kemudian, aku pernah membahas tentang kelezatan Coto Paraikatte yang lumayan populer di Makassar, kali ini aku ingin membahas tentang Coto Makassar. Bisa jadi di Makassar kamu bisa banyak nemuin penjual Coto di sekitaran kotanya, tetapi diantara banyaknya penjual coto tersebut, cuma terdapat sebagian saja yang sangat recommended untuk dicoba.

Bersumber pada saran salah satu sodara aku, aku juga berangkat mengarah ke salah satu warung coto Makassar yang lumayan legendaris di kota ini, ialah Coto Nusantara. Cocok namanya, Coto Nusantara ini beralamatkan di Jalur Nusantara nomor 32, Makassar ataupun tepatnya didepan halte peti kemas Pelabuhan Sekarno- Hatta Makassar. Tetapi nyatanya rumah makan ini pula udah buka cabang di Jalur Merpati Ruko 2 dan 3 tepatnya di balik Bank Sulsel. Kamu bisa seleksi salah satu saja ingin dateng ke cabang yang mana.

Bisa jadi kamu masih bimbang apa kelainannya Coto Makassar dengan Coto Paraikatte, aku telah pernah mengulasnya di review yang kemudian. Dan sehabis berupaya keduanya, bagi aku sih kedua kuliner ini harus kamu coba kalo lagi traveling ke Makassar sebab dua- duanya bersama lezat. Ohya, sedikit kabar nih guys, Coto ini nyatanya santapan khas Makassar yang ialah perpaduan budaya beberapa wilayah, ialah budaya Cina, Arab dan Indonesia Bagian Timur lho.

Baca Juga: Sensasi Pedas Nasu Palekko, Bikin Keringatan

Warung ini lumayan legendari sebab telah buka semenjak tahun 70an dan masih eksis sampai dikala ini. Tidak heran jika rumah makan ini jadi langganan para pejabat dan menteri yang lagi berkunjung ke Makassar. Kuliner ini jadi kesukaan seluruh golongan dan seluruh umur, mulai dari anak kecil sampai orang berusia.

Rumah Makan ini jadi kesukaan sebab dagingnya populer sangat empuk dan kuahnya kaya akan rempah. Coto ini bisa dibilang berbeda dengan coto yang lain sebab bahan yang digunakan ialah bahan lokal dengan bermacam berbagai rempah sehingga aroma dan rasa dari coto ini sangat khas dan otentik. Kuah coto ini kental banget dan potongan dagingnya lumayan besar, nikmatnya lagi disini kamu bisa meningkatkan extra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan di piring terpisah.

Untuk menikmati kelezatan Coto Nusantara ini, kamu ngga butuh takut untuk permasalahan harga. Bisa dibilang harga dari coto ini lumayan murah, ialah dekat Rp 20. 000 aja per porsinya. Supaya lebih kenyang, jangan kurang ingat buat nambahin ketupat dengan harga Rp 1000 per ketupatnya. Lumayan keluarin duit dekat Rp 25. 000an aja kamu udah bisa ningkmati kelezatan Coto Nusantara ini plus minumnya.

Rumah makan Coto Nusantara ini buka tiap hari mulai jam 06. 30- 18. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Anjuran aku, kalo kamu pengen cobain coto disini jangan dateng sehabis makan siang, sebab umumnya udah habis saat sebelum jam tutupnya. Rumah makan ini sering diserbu oleh wisatawan dikala makan siang sehingga selepas makan siang umumnya cotonya udah abis. Jadi, mending kamu dateng cocok pagi hari supaya ngga kehilangan. Jadi cukup makan pagi coto di pagi hari buat semangat buat beraktifitas seharian.

Buat kamu yang mager banget buat jalur kesini, aku saranin buat kamu pesen coto ini di Go- Food sebab udah ada disitu. Jadi ngga butuh ribet antri, kamu bisa nikmati lezatnya Coto Nusantara ini deh. Gimana? Penasaran kan sama lezatnya Coto Nusantara ini? Buruan yuk dateng ke Jalur Nusantara nomor 32, Makassar

Beragam Oleh – Oleh Khas Sulawesi

wisatasulawesi.com – Bertandang ke beragam wilayah di Indonesia pasti jadi hal membahagiakan yang dapat Anda coba. Anda bisa bertandang ke tempat rekreasi dan coba kulineran sedap saat bertandang ke beragam wilayah di Indonesia.Sulawesi menjadi satu diantara wilayah yang dikenali banyak memiliki tempat rekreasi. Saat bertandang di wilayah yang ini, pasti benar-benar sayang bila tidak coba kulineran sedapnya. Ada lumayan banyak alternatif oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang cukup terkenal dan banyak dicari oleh pelancong.

1. Kacang Sembunyi

Salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang dapat Anda coba ialah kacang bersembunyi. Sebagian dari Anda pasti tidak asing dengan jajan yang ini. Kacang bersembunyi dapat secara mudah Anda temui di beberapa toko oleh-oleh di Sulawesi.

Sesuai namanya, kacang bersembunyi sebagai jajan kacang yang dibuntel dengan adonan tipis kulit lumpia atau kulit pangsit. Kulit yang digulung jadi wujud ciri khas kacang bersembunyi. Anda akan dimanja dengan cita-rasa pedas manis yang dijajakan dan struktur yang paling gurih. Kacang bersembunyi biasa dipasarkan dengan paket ringkas dan harga yang cukup dapat dijangkau.

2. Otak-otak Tengiri

Saat ingin beli salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi, anda bisa coba sedapnya otak-otak tengiri. Walau terhitung makanan basah, otak-otak tengiri bisa bertahan lumayan lama untuk perjalanan jauh. Hal tersebut jadikan makanan yang ini banyak diputuskan oleh pelancong sebagai oleh-olehan untuk dibawa pulang.

Otak-otak tengiri tawarkan cita-rasa sedap dan renyah. Tidaklah aneh bila makanan ini lebih banyak dicintai oleh semua kelompok. Simpan otak-otak tengiri dalam almari pendingin pasti jadikan makanan ini makin tahan lama serta awet.

3. Barongko

Salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang dapat Anda coba ialah Barongko. Jajan yang ini dibikin dengan memakai material dasar pisang. Bahan tambahan yang lain dipakai ialah santan, gula, garam, air, dan telur. Makanan yang ini dibuntel dengan memakai daun pisang selanjutnya dikukus.

Anda akan dimanja dengan cita-rasa renyah dan manis yang bersatu jadi satu. Disamping itu, barongko tawarkan struktur yang halus hingga sayang tidak untuk Anda coba.

4. Baje

Pernah dengar panggilan nama makanan baje? Baje sebagai salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang cukup terkenal. Makanan yang ini dibikin dengan memakai material dasar ketan, kelapa parut, gula merah, dan gula pasir.

Cara membuat baje serupa dengan pembikinan wajik. Baje biasa dibuntel dengan memakai kulit jagung kering atau daun pisang kering. Saat bertandang ke Sulawesi, pasti benar-benar sayang bila Anda tidak mencoba. Baje dipasarkan dengan paket ringkas dan harga yang cukup dapat dijangkau. Anda bisa menemuinya di beberapa toko oleh-olehan di Sulawesi.

5. Dangke

Ada lumayan banyak alternatif oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang dapat Anda coba. Salah satunya oleh-oleh makanan yang cukup terkenal ialah dangke. Dangke sebagai makanan tradisionil yang dari Sulawesi Selatan. Makanan yang ini dibikin dengan memakai material dasar susu sapi atau kerbau.

Bila disaksikan sepintas, dangke mempunyai struktur seperti tahu dengan rasa yang serupa dengan keju. Susu sapi atau kerbau lebih dulu direbus dan dipertambah getah pepaya selanjutnya didiamkan sampai jadi padat. Sering makanan yang ini dikatakan sebagai keju dengan cita-rasa dan kearifan lokal.

6. Krupuk Jintan

Pernah dengar panggilan jajan krupuk jintan? Krupuk jintan sebagai salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Sulawesi yang sayang untuk dilewati. Sesuai namanya, krupuk yang ini dibikin dengan memakai material dasar jintan hitam yang mempunyai struktur keras. Selainnya jintan hitam, sagu menjadi satu diantara bahan khusus yang dipakai.

Baca Juga : Kumpulan Tempat Wisata Menarik Di Daerah Kolonedale

Krupuk jintan menjadi oleh-oleh yang cukup terkenal dan banyak dicari oleh pelancong. Teksturnya yang gurih jadikan siapa saja suka saat mencoba. Anda bisa menemui krupuk jintan di beberapa toko oleh-olehan di Sulawesi.

7. Kue Benang-benang

Saat ingin coba salah satunya oleh-oleh makanan ciri khas Sulawesi, kue benang-benang jadi opsi pas untuk Anda coba. Sesuai namanya, kue yang ini mempunyai wujud seperti benang-benang.

Anda bisa secara mudah menemui kue benang-benang di beberapa toko oleh-olehan di Sulawesi. Bukan hanya dikenali dengan memiliki bentuk yang unik dan khaa, kue yang ini tawarkan cita-rasa yang legit dan manis. Karena masih dibikin dengan tradisionil, kue yang ini pasti bagus sekali untuk Anda coba.

8. Kue Kurma

Ada lumayan banyak alternatif oleh-oleh makanan ciri khas Sulawesi yang sayang untuk dilewati, satu diantaranya ialah kue kurma. Tidak sama dengan namanya, kue yang ini tidak dibikin dengan memakai material dasar kurma asli. Kue yang ini cukup unik dan banyak dicari oleh masyarakat lokal atau pelancong yang tiba ke Sulawesi.

Kue kurma dibikin dengan beragam bahan seperti mentega telur maizena dan tepung terigu. Proses pembikinan yang dibalut dengan memakai karamel hasilkan struktur yang padat dan berwujud seperti kurma. Pada bagian luarnya, ada potongan kacang yang hasilkan cita-rasa renyah. Kue yang ini pasti sayang tidak untuk Anda coba saat bertandang ke Sulawesi.

9. Coto Makassar Instan

Sebagian dari Anda pasti tidak asing dengan kulineran coto makassar. Makanan yang ini pasti benar-benar unik dan banyak disukai oleh semua kelompok. Saat bertandang ke Sulawesi, coto makassar instant menjadi opsi oleh-oleh makanan ciri khas Sulawesi yang sayang untuk dilewati.

Coto makassar instant dibuntel dengan memakai paket ringkas hingga pas diputuskan sebagai oleh-olehan untuk keluarga atau rekan di dalam rumah. Anda bisa membeli di beberapa toko oleh-olehan di Sulawesi.

10. Mantao Pare

Mantao Pare menjadi satu diantara oleh-oleh makanan ciri khas Sulawesi yang sayang untuk dilewati. Bila disaksikan sepintas, makanan yang ini memang seperti bakpao tetapi sebetulnya bukan. Mantao Pare bisa diproses dengan dimasak atau dikukus saat sebelum dicicipi.

Anda bisa coba beragam variasi rasa mantao pare yang dijajakan seperti pandan, daging, coklat, keju, dan sebagainya. Karena dipasarkan dengan paket ringkas dan harga yang cukup dapat dijangkau, makanan yang ini pasti pas diputuskan sebagai oleh-olehan untuk dibawa pulang dari Sulawesi.

Berbagai Kuliner Khas Maros Yang Wajib Kalian Coba !

wisatasulawesi.com – Maros populer dengan tujuan wisatanya yang unik dan menarik. Pegunungan karst di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dan Rammang-Rammang ialah beberapa tujuan yang menjadi bintang.

Saat sebelum menelusuri pegunungan karst yang menakjubkan isi dahulu tenaga dengan kulineran maros dan Makassar yang populer sedap supaya semakin semangat.

Berikut referensi beberapa kulineran Maros yang dapat dicoba.

1. Jalangkote

Nikmati panorama Maros lebih asyik bila didampingi dengan camilan. Kebenaran Sulawesi Selatan mempunyai kulineran yang nikmat serupa kue pastel namanya Jalangkote.

Jalangkote mempunyai isian wortel dan kentang yang dipotong dadu lalu dikasih tauge dan laksa yang ditumis memakai bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu yang lain. Terkadang telur tebus daging cincang ditempatkan untuk menambahkan rasa renyah.

Kulit Jalangkote dibuat dari material dasar tepung terigu yang digabung dengan telur, santan, mentega, dan garam. Untuk menikmatinya, pelancong tinggal meminta sauce cair ala-ala Sulawesi Selatan sebagai pendamping karena Jalangkote lebih nikmat dicicipi dengan sauce dibanding cabe.

2. Sup Konro

Sebetulnya Sup Konro lebih populer di wilayah Makassar tetapi pelancong bisa juga mendapati Sup Konro di Maros. Rasanya juga tidak dapat disepelekan karena benar-benar renyah.

Sup ini umumnya dibikin berbahan iga sapi atau daging sapi dengan kuah warna cokelat kehitaman dari kluwek dan dihidangkan dengan potongan ketupat. Rasa kuahnya benar-benar kuat dan sedap karena memakai rempah yang bermacam dan ketumbar yang banyak.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Hutan di Sulawesi Selatan yang Sebaiknya Kamu Kunjungi

Umumnya iga dan daging sapi pada sup konro dihidangkan dengan beragam macam seperti konro bakar atau orisinal.

3. Roti Maros

Maros mempunyai kulineran yang menjadi bintang dan kerap diputuskan jadi oleh-oleh beberapa pelancong yang namanya Roti Maros.

Sama dengan namanya, roti ini dibuat oleh masyarakat di tempat. Banyak warung yang membuat dan menawarkan kulineran ini. Memiliki bentuk serupa roti sobek dengan 9 sampai dua belas roti dengan bermacam isian seperti cokelat, kacang, selai nanas, dan ada banyak kembali yang lain.

Harga yang dijajakan cukup dapat dijangkau sekitaran Rp10.000 sampai Rp15.000 per kotak dan bertahan lama hingga pas untuk jadi oleh-olehan.

Wisata Danau Tempe, Unik dan Menakjubkan

Wisatasulawesi.com – Sulawesi Selatan menyimpan pesona obyek wisata alam yang menarik dan layak dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Tempe yang ada di Kabupaten Wajo. Danau Tempe adalah nama sebuah danau alami terbesar kedua di Pulau Sulawesi.

Danau Tempe yang memiliki luas sekira 13.000 hektar, yang diapit oleh tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Wajo, Sidrap dan Kabupaten Soppeng. Danau ini menjadi salah satu obyek wisata favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Danau Tempe memiliki kekayaan ikan air tawar yang melimpah, dan sejak dahulu danau ini merupakan penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan bahkan dunia. Hal ini diperkirakan karena letak danau ini berada tepat di atas Lempeng Australia dengan Lempeng Eurasia.

Selain itu, danau ini juga memiliki beberapa spesies endemik ikan tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Beberapa jenis ikan endemik tersebut juga menjadi komoditi ekspor sampai Eropa dan Amerika.

KEINDAHAN DAN KEUNIKAN

Selain banyak terdapat spesies ikan air tawar, di Danau Tempe juga bisa anda temui keunikan yang lain. Di tengah danau anda bisa jumpai ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, pengunjung dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, dan juga bisa menjumpai berbagai bunga air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui. Burung-burung tersebut berpindah dari benua satu ke benua yang lain, dan Danau Tempe menjadi tempat persinggahan burung-burung tersebut. Selain itu, anda bisa berkeliling menikmati keindahan alamnya dengan menggunakan perahu, sambil memancing ikan.

Selain kekayaan hayati danau Tempe yang menakjubkan, setiap bulan Agustus pengunjung juga bisa menyaksikan keunikan budaya masyarakat setempat.

Baca Juga : Mengintip Keunikan Danau Napabale Wisata Sulawesi Tenggara

Pasalnya, setiap bulan Agustus diadakan Maccera Tappareng (mensucikan danau) yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat.

Dalam acara ini, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi wisata yang sangat menarik, seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, pemilihan ana’ dara (gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung), pagelaran musik tradisional dan tari bissu yang dimainkan oleh para waria, dan berbagai pagelaran tradisional lainnya.

LOKASI DAN AKSES

Danau Tempe terletak di kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo (Sengkang), Sulawesi Selatan.

Dari Kota Makassar, anda hanya butuh waktu kurang lebih 6 jam untuk sampai ke Danau Tempe menggunakan kendaraan roda empat.

Danau Tempe menjadi salah satu obyek wisata yang cukup unik yang dimiliki Bangsa Indonesia. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, tentunya juga akan menambah pengetahuan akan kekayaan alam Indonesia. Akhir kata, selamat berwisata untuk anda. (Berbagai Sumber)

MENIKMATI INDAHNYA PULAU SARONDE DI GORONTALO

Wisatasulawesi.com – Provinsi Gorontalo memang menyimpan segudang destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah dan menakjubkan dibanding daerah lain yang ada di Indonesia. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Saronde.

Pulau Saronde merupakan pulau kecil yang hanya sekitar luas keliling kurang lebih 1km. Namun meski demikian, pulau ini memiliki kelebihan dengan pasir putihnya yang terhampar mengelilinginya bebatuan karang indah menemani pemandangan pulau yang memesona.

Jika berjalan dari selatan ke utara maka akan menemukan pemandangan yang berbeda. Hamparan pasir putih lembut yang membenamkan kaki Anda hingga batu karang dan air laut yang jernih memanjakan mata.

Pulau Saronde masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk menempuh perjalanan dari pusat Kota Gorontalo hingga ke dermaga Kwandang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Tapi apabila Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan umum maka ambillah angkutan umum rute Gorontalo-Kwandang.

Baca Juga : INDAHNYA AIR TERJUN SALUOPA, WISATA SULAWESI TENGAH

Sementara jarak tempuh dari dermaga Kwandang menuju Pulau Saronde, diperlukan sekitar 60 menit dengan menggunakan jasa angkutan penduduk setempat atau disebut katinting.

Keistimewaan Pulau Saronde adalah taman bawah lautnya begitu indah dengan beragam terumbu karang, menjadikan perairan di pulau ini sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Maka dari itu tak heran jika sejumlah orang menyebut pulau ini sebagai ‘permata wisata’ yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, jika berencana liburan/berwisata di Pulau Saronde dalam beberapa hari, tidak usah ragu. Karena di sini tersedia perahu yang bisa disewa dan dipakai memancing di sekitar perairan pulau yang mempesona ini.

Deretan Wisata Kuliner Palopo, Wajib Coba !

wisatasulawesi.com – Anda pencinta kulineran? Singgah yok ke Palopo. Anda dapat mendapati banyak referensi tempat rekreasi kulineran di Palopo yang dapat dicoba. Tidak cuma populer akan rasanya yang nikmat, harga yang ramah kantong jadi keunggulan tertentu.

Palopo adalah kota di propinsi Sulawesi Selatan yang kaya cita-rasa makanan dan tujuan rekreasi alamnya. Rekreasi kulineran di kota ini akan memberi kesan-kesan yang tidak terlewatkan. Tempat ini banyak memiliki variasi kulineran sebagai favorite beberapa pelancong, baik lokal atau luar negeri. Tidak boleh ketinggal untuk coba, berikut baca referensi tempat kuliner di Palopo untuk nikmati sajian sedap.

1. Rumah Makan Serba Nikmat

Sama dengan namanya, rumah makan ini jadi bintang karena kepuasan hidangannya. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang jatuh cinta dengan cita-rasa masakan pada tempat ini. Bahkan juga Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pernah berkunjung ke sini untuk melahap sajian. Beberapa menteri sempat juga mencicip masakan Rumah Makan Serba Nikmat ini.

Dengan adanya banyak variasi menu yang ada, seperti ayam bakar, ayam goreng, seafood, dan olahan ikan lele dengan rasa yang membuat ingin terus menggoyang lidah. Variasi minumannya bermacam, satu diantaranya juice dan kopi susu. Harga yang dijajakan juga dapat dijangkau, sekitar di antara Rp 15.000,00 sampai Rp 25.000,00 saja.

Selainnya hidangan yang sedap dan harga yang murah, rumah makan ini jadi terkenal karena servis yang ramah dan situasi yang nyaman. Udara di sini sejuk dan Anda dapat pilih ingin makan lesehan atau duduk di bangku bermeja. Sambil melahap makanan, Anda dapat menyaksikan beragam tipe ikan hias yang berenang dalam akuarium.

2. Ulu Bale Laut

Untuk warga lokal Palopo, tempat ini tidak asing. Ulu Bale Laut memang lumayan populer di kelompok masyarakat di tempat. Cita-rasa masakan di sini memanglah tidak perlu disangsikan kembali. Menu unggulan Ulu Bale Luwe ialah sup kepala ikan yang kerap dicari oleh beberapa pengunjung. Harga yang dibanderol untuk tiap menu juga benar-benar dapat dijangkau.

Selainnya sup kepala ikan, tempat ini tawarkan menu lain, salah satunya beragam jenis olahan sayur hijau dan makanan lokal, seperti ayam kentucky dan pepurung. Situasi di sini juga nyaman dengan udara sejuk dan servis yang memberikan kepuasan. Beberapa pengunjung yang sempat coba sajian di Ulu Bale Laut selalu suka untuk balik lagi melahap makanan di sini.

3. Enzyme Eatery

Tempat rekreasi kulineran seterusnya yang dapat Anda coba ialah Enzyme Eatery. Tempat makan ini tidak kalah terkenal dengan tempat makan yang lain. Cita-rasa menunya juga nikmat dan lumayan murah. Enzyme Eatery memberikan fasilitas pengunjung dengan kenyamanan extra. Tempat ini diperlengkapi dengan AC, hingga Anda tidak rasakan panas bila harus share udara dengan pengunjung yang lain.

Umumnya tempat ini akan ramai dikuasai oleh beberapa remaja atau karyawan kantor saat malam hari. Ini karena Enzyme Eatery memang pas untuk bergabung dan bercengkerama bersama rekan atau melepaskan capek selesai bekerja sepanjang hari. Bentuknya juga unik dan trendy dengan servis yang memberikan kepuasan.

4. Warung Bakso Cukup II

Nyaris semuanya orang dari semua umur menyenangi makanan buatan daging ini. Penjual bakso juga tumbuh subur dimana saja. Dimulai dari gerobak dorong sampai restaurant elit menyuguhkan sajian favorite sejuta umat ini. Di Palopo, Anda dapat berkunjung Warung Bakso Cukup II. Untuk Anda pencinta bakso, harus hukumnya untuk mencicip kulineran berkuah yang paling sedap ini.

Warung Bakso Cukup II sudah berdiri semenjak tahun 1998 dan sampai sekarang ini kualitas rasanya selalu terlindungi. Bakso di sini jadi sasaran beberapa pengunjung karena rasa daging sapinya yang kuat. Tidaklah aneh bila tempat ini selalu penuh oleh pengunjung meskipun pada harga yang sedikit mahal dari bakso secara umum. Tetapi, tentu saja harga ini sebanding dengan kepuasan rasa yang hendak Anda peroleh.

Selainnya rasa bakso yang nikmat, tempat ini juga nyaman dengan sarana yang memudahkan beberapa konsumen. Dengan servis yang ramah dan lokasi yang nyaman, tempat ini membuat Anda kerasan untuk lama-lama. Bila Anda sedang di Palopo, tidak boleh ketinggal untuk rasakan enaknya bakso di sini.

5. Rabbids Coffee dan Breakfast

Bari beberapa milenial, tempat ini pas untuk dicoba. Khususnya untuk Anda yang menyukai kongkow, coba untuk singgah kesini. Seperti tempat kongkow secara umum, Rabbids Coffee dan Breakfast sediakan beragam jenis variasi minuman dan makanan modern dengan rasa nikmat yang hendak temani waktu rileks Anda.

Beragam minuman dan makanan yang dipasarkan di sini dibanderol pada harga yang lumayan murah. Anda akan nyaman untuk lama-lama di sini karena cafe ini mempunyai design yang unik dan tempatnya bersih. Rabbids Coffee dan Breakfast diperlengkapi beberapa sarana untuk pengunjung, seperti musala dan toilet.

6. Lesehan Lela

Bila Anda ingin rasakan macam kekayaan kulineran ciri khas Palopo, Lesehan Lela tempatnya. Tempat makan ini tawarkan beragam jenis menu ciri khas Palopo, salah satunya kapurung, pacco, dan parede ikan dan udang. Permasalahan rasa, kulineran di sini tak perlu disangsikan kembali kesedapannya. Untuk harga sangat murah, sekitar di antara Rp 10.000,00 sampai Rp 35.000,00 saja.

Walau nama tempatnya mengangkat ide lesehan, tetapi Anda masih tetap disiapkan bangku bermeja. Tempat ini masih tetap nyaman untuk melahap makanan walau termasuk kurang cukup luas, cuma bisa memuat 6 meja lesehan dna 5 bangku bermeja. Tempat ini benar-benar pas untuk jadi tujuan rekreasi kulineran ciri khas Palopo dengan keluarga.

7. Gedung Kesenian

Walau namanya tidak seperti terlihat tempat makan, tetapi tidak boleh salah gedung Kesenian ini diganti jadi pusat kulineran oleh Pemerintahan Kota Palopo. Beragam jenis tipe makanan dapat Anda temui di lokasi yang bersebelahan dengan Stadion Lagaligo ini. Ada bermacam kopi, camilan, bermacam minuman, dan makanan yang pas untuk rekan kongkow.

Tempat ini biasanya lebih digemari oleh kelompok anak muda karena design yang rileks dan modern. Ada beberapa puluh pedagang yang jual panganan di sini pada harga yang ramah kantong. Tempat ini membuka dari pagi sampai malam hari, tetapi umumnya akan ramai di waktu malam. Selainnya asyik untuk kongkow, Gedung Kesenian ini bisa juga untuk beberapa foto karena lampu hias yang estetik.

8. C’Bezt Fried Chicken

Fried chicken ialah olahan ayam goreng yang sangat populer di semua kelompok masyarakat Indonesia. Makanan ini menjadi satu diantara alternative sajian dari ayam yang disukai oleh beberapa orang. Rasanya yang sedap dan renyah membuat tak pernah kehilangan ketertarikan melahap makanan ini. Di Palopo ada tempat makan yang jual olahan ayam ini.

Untuk Anda yang ingin rasakan makanan ini dapat singgah ke C’Bezt Fried Chicken. Saat sampai pada tempat ini, Anda akan menghirup aroma ciri khas fried chicken yang kuat, bahkan juga saat Anda masih ada di parkir. Selainnya fried chicken, C’Bezt Fried Chicken sediakan menu yang lain tentu saja murah dan nikmat.

9. Icon Coffee

Referensi tempat rekreasi kulineran setelah itu Ikon Coffee. Nama tempat makan yang memiliki kandungan “Coffe” umumnya sama dengan tempatnya beberapa milenial untuk kongkow bersama teman-temannya sekalian nikmati kopi dan camilan. Sama dengan Ikon Coffe, tempat ini ialah lokasi yang asyik dan kece untuk kongkow beberapa anak muda.

Cafe ini dibuat dengan benar-benar kekinian dan nyaman dan diperlengkapi dengan akses WiFi dengan gratis. Tempat ini cukup penuh oleh pengunjung. Selainnya nikmat, minuman dan makanan yang disiapkan di sini bernilai murah, sekitaran Rp 13.000,00 sampai Rp 20.000,00 saja. Bila Anda tidak terlatih bawa uang tunai, tempat ini telah sediakan sarana bayar lewat debet ATM. Tertarik coba?

10. Misi Kuring Restaurant

Bila pernah coba warung dan cafe, Anda dapat singgah ke restaurant ini. Restaurant yang berada di Mega Plaza Palopo ini telah populer untuk warga sekitaran. Menu makanan yang dijajakan di sini mempunyai rasa yang nikmat dan harga yang dapat dijangkau. Visi Kuring Restoran kerap melangsungkan promosi diskon, hingga pengunjung memperoleh harga yang tambah murah.

Secara sarana, tempat ini benar-benar mencukupi. Diperlengkapi dengan akses WiFi gratis dan banyak spot photo untuk selfie yang memikat. Design ruangnya dikuasai oleh warna putih dan cokelat, meja bangku yang unik, panorama langit ceria, ditambah lagi alunan musik pendamping akan membuat pengunjung berasa ada di alam.

Visi Kuring Restoran datangkan langsung beberapa koki, chef, dan bartender dari resto-resto populer di Pulau Jawa selanjutnya digabungkan dengan beberapa koki, chef, dan bartender lokal yang berbakat. Anda harus meluangkan waktu untuk mam[pir dan mencicip sajian sedap yang murah di restaurant ini.

Telah tentukan tempat mana yang hendak dituju terlebih dahulu? Beberapa referensi tempat makan yang nikmat dan murah ini dapat Anda menjadikan alternative pengisi perut keroncongan saat berkunjung ke Palopo. Anda juga dapat berkunjung tempat kulineran yang sesuai selera dan isi kantong saat ada di Palopo ini.

Berbagai Kuliner Enak Khas Bulukumba

wisatsulawesi.com – Bulukumba sebagai salah satunya kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Selatan. Jarak kabupaten ini sekitaran 164 km dari pusat perkotaan Makassar.

Bulukumba populer dengan macam kulineran berasa sedap dan beraroma ciri khas yang sanggup mengunggah hasrat. Hal itu karena proses mengolah yang memakai langkah tradisionil dan pemakaian bumbu rempah-rempah lokal berkualitas.

Kira-kira apa ya kulineran ciri khas kabupaten Bulukumba yang sayang dilewati? Yok, cari info berikut ini!

1. Borobbo

Bila jadi perhatian sepintas, penampilan borobbo seperti bubur. Perbedaannya bahan khusus bubur ialah beras, dan borobbo dibuat dari jagung. Cita-rasanya juga unik, renyah dan sedikit manis.

Borobbo akan makin nikmat saat dikonsumsi dengan ikan asin, ayam goreng, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan sambal.

2. Bandang-bandang

Bandang-bandang sebagai kue basah ciri khas Bulukamba yang dibuat dari tepung beras, santan, gula pasir, dan pisang kepok. Seterusnya campur seluruh bahan itu sampai jadi adonan. Selanjutnya buntel memakai daun pisang. Lantas kukus sampai masak.

Baca Juga : Daftar Bukit Sulawesi Yang Wajib Kalian Kunjungi

3.Kue Uhu-Uhu

Di Jawa, kue ini diberi nama nogosari. Cita-rasanya manis yang renyah dengan struktur halus yang mengunggah hasrat.

Kue uhu-uhu sebagai kulineran ciri khas Bulukumba berbentuk cemilan. Uhu-uhu dibuat dari adonan tepung yang dibuat seperti jala laba-laba. Kemudian, diberi dengan gula aren yang awalnya sudah dicairkan selanjutnya dimasak.

Kue uhu-uhu mempunyai cita-rasa renyah dan struktur gurih yang banyak disukai bukan hanya oleh warga di tempat, tetapi juga beberapa pelancong. Pas dijadikan oleh-olehan untuk keluarga di dalam rumah.

4. Coto kuda

Diproses dengan bumbu-bumbu khusus, coto kuda mempunyai cita-rasa yang lebih renyah dan wewangian ciri khas. Umumnya, warga di tempat melahap coto kuda bersama dengan ketupat.

5. Jagung marning

Proses pembikinan jagung marning tidak susah. Kamu juga dapat membuat sendiri di dalam rumah.

Sebelumnya jagung dikasih bumbu-bumbu khusus supaya cita-rasanya renyah dan nikmat. Selanjutnya jagung itu dimasak sampai masak dan memiliki tekstur gurih.

Ada dua tipe variasi jagung marning yang dapat kamu tentukan sesuai dengan selera, yakni orisinal dan pedas.

Dengan macam kulineran ciri khas yang sedap tentu saja kamu tidak cemas saat perut keroncongan sepanjang liburan di kabupaten Bulukumba. Hebat sekali, kan?

Rekomendasi Tempat Nongkrong Di Kendari

Kota Kendari adalah wilayah di Sulawesi Tenggara yang kaya budaya dan dikenal juga dengan wisatanya. Tidak cuma hanya itu, Kendari mempunyai beberapa spot cafe dan tempat nongkrong yang Instagramable dan pas untuk habiskan waktu senggang.

Ingin tahu apa daftar Cafe dan Tempat Nongkrong Instagramable di Kendari Terkini 2022? Baca penjelasannya berikut!

1. Cafe Daerah Empang

Rekomendasi cafe dan tempat nongkrong Instagramable setelah itu Cafe Daerah Empang yang ada tidak jauh dari RM. Daerah Empang. Berlainan dengan cafe yang lain, tempat ini tawarkan pengalaman baru dengan cafe yang mengapung di tengah-tengah bentangan empang yang luas. Anda dapat nikmati beragam menu makanan ciri khas Kendari di sini, disamping itu pada tempat ini sediakan live music di hari tertentu.

2. Sun-Day Dessert

Daftar cafe dan tempat nongkrong Instagramable di Kendari selanjutnya ialah Sunday Dessert Kendari. Untuk Anda pencinta makanan manis, tempat ini pasti jangan dilewati. Di sini Anda dapat mendapati beragam menu es cream dan kue yang mempunyai beragam variasi dan rasa.

3. Summer Dessert dan Coffee

Rekomendasi cafe dan tempat nongkrong instagramable di Kendari yang pertama ialah Summer Dessert dan Coffee. Untuk Anda yang menyenangi nuansa cafe modern, tempat ini wajib buat didatangi bersama rekan atau keluarga. Pada tempat ini ada beragam menu dimulai dari dessert, kopi, dan kulineran ciri khas Kendari yang lain.

4. Rich-O Donuts dan Cafe

Daftar cafe dan tempat nongkrong Instagramable di Kendari nomor 4 ialah Rich-O Donuts dan Cafe. Sama dengan namanya, tempat ini sediakan beragam variasi donut dan makanan modern yang lain yang dapat Anda pesan atau membawa pulang. Tempat ini benar-benar pas untuk habiskan waktu dengan keluarga atau anak-anak.

5. Bangi Kopi Kendari

Untuk Anda yang cari situasi yang nyaman untuk nongkrong, Bangi Kopi ialah rekomendasi cafe dan tempat nongkrong Instagramable di Kendari yang dapat Anda kunjungi. Tempat ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin bergabung dengan rekanan atau topik sekalian nikmati malam di Kendari.

Baca Juga : Senjata Tradisional Gorontalo Asal Sulawesi Selatan

6. Kopi Kita

membuka tiap hari start pukul 12.00 PM – 01.00 AM. Untuk Anda yang cari situasi malam dengan didampingi live music, tempat ini pasti wajib buat didatangi. Disamping itu, di sini populer dengan beragam menu kopi pada harga yang relatif dapat dijangkau.

7. Coffee Break Cafe

Jarak cafe cuma kurang dari 1 km jika pergi dari pusat perkotaan. Tempatnya pas ada di sekitaran Lippo Plaza Kendari, bahkan juga dapat dilakukan pada jalan kaki. Walau baru dibuka tahun 2013 tetapi tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Sehari-harinya ada-ada saja yang tiba sendiri atau bersama kelompok. Ramainya cafe tidak terlepas dari design dan tata ruangan yang dibikin senyaman kemungkinan untuk pengunjung.

Cafe ini sediakan beberapa spot tertentu, untuk pengunjung yang ingin kerjakan beberapa tugas. Umumnya mereka dari kelompok freelance yang suka bekerja di luar ruang. Tempat ini diputuskan karena situasinya tidak demikian ramai hingga memacu tingkat fokus yang kuat. Di sini anda dapat pesan cappuccino sebagai menu unggulan, ditemani dengan sup jamur yang membuat beberapa pengunjung suka.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279