Berbagai Minuman Khas Sulawesi

Tahukah kamu jika Sulawesi rupanya banyak disukai wisatawan karena banyak memiliki jenis minuman ciri khas Sulawesi yang unik? Yang membuat unik adalah, minuman tradisionil asal Sulawesi mempunyai cita-rasa tertentu yang unik. Dimulai dari minuman manis sampai yang berasa sedikit pedas, dapat kamu dapatkan di daerah ini.Berikut ini wisatasulawesi.com telah merangkum berbagai minuman khas sulawesi.Mari kita simak info selengkapnya.

Nach, ingin tahu minuman ciri khas Sulawesi mana yang recommended dan sering dicari oleh wisatawan lokal sampai luar negeri? Yok, baca infonya pada artikel berikut ini!

1. Sarabba

Sulawesi mempunyai bermacam minuman tradisionil yang sehatkan badan. Salah satunya minuman itu namanya Sarabba, yaitu minuman kesehatan asal Makassar yang dibikin berbahan dasar jahe, gula merah, kuning telur, dan santan. Hampir serupa dengan minuman ronde asal Jawa, tapi rasanya lebih unik.

Itu karena sarabba memakai tambahan beberapa rempah asli Indonesia, seperti merica, pala, dan kayu manis. Kombinasi rempah-rempah ini memberi rasa dan wewangian yang unik dengan kesan hangat saat meminum.

Baca Juga : 10 Wisata Kuliner di Parepare yang Murah & Enak

Minuman tradisionil ini mempunyai manfaat untuk badan, seperti menghangatkan badan saat cuaca dingin, tingkatkan stamina, menahan masuk angin, sampai tingkatkan vitalitas pria. Jika kamu liburan ke Makassar, minuman ciri khas Sulawesi ini akan gampang kamu dapatkan karena banyak yang menjualnya.

2. Es Pallu Butung

Es pallu butung atau dikenal juga sebagai es pisang Ijo adalah tipe minuman tradisionil dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pallu dengan bahasa Sulawesi maknanya ‘masak’, dan perlu maknanya pisang. Dan tipe pisang yang dipakai dalam sajian ini ialah pisang kepok.

Karena rasanya yang manis dan beri kesegaran, minuman ini benar-benar recomended kamu menjadikan makanan penutup sesudah melahap bermacam kulineran ciri khas Sulawesi. Walau datang dari Makassar, es palu butung sekarang ada di beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta atau restaurant yang lain menyuguhkan makanan ciri khas Makassar.

Rasanya fresh dan manis dengan hidangan menarik dari kombinasi sirup cocopandan pink di atas es serut, komplet dengan susu kental manis atau gilingan kelapa, dan gula. Hal khusus yang sama dengan es palu butung ialah susunan penutup hijau pada pisang yang dibuat dari pisang dan tepung beras atau ketan digabung dengan daun pandan.

3. Ballo

Ballo ialah minuman tradisionil mengandung alkohol yang dari Sulawesi Selatan. Minuman ciri khas Sulawesi yang ini dibuat dari getah pohon lontar yang difermentasi prima dalam sekian hari.

Minuman ini datang dari budaya suku Toraja dan biasanya dapat kamu temui dalam beberapa ritus dan tatap muka tradisi sosial sebagai salah satunya peninggalan budaya yang populer di Indonesia. Umumnya, orang minum Ballo memakai cangkir yang dibuat dari bambu.

Rasanya lebih keras dari yang kamu anggap walau sebenarnya cuma memiliki kandungan 10% alkohol untuk Ballo yang manis. Tetapi untuk Kacci Ballo, memiliki kandungan lebih dari 10% alkohol . Maka, untuk kamu yang memeluk agama islam tidak recomended untuk coba minuman ini, ya.

4. Juice Salak

Selainnya minuman herbal, Sulawesi punyai opsi minuman ciri khas berasa manis dan beri kesegaran. Satu diantaranya ialah juice salak. Sama sesuai namanya, juice salak ialah minuman ciri khas Sulawesi Tenggara yang dibuat dari salak sebagai bahan intinya.

Minuman ini akan gampang kamu dapatkan saat berlibur di Sulawesi Tenggara karena ada beberapa warung dan warung yang jual minuman ini. Warga di tempat sering mengatakan bernama juice buton.

Langkah membuat juice ini termasuk sangatlah gampang, seperti membuat juice buah secara umum. Perbedaannya juice ini dibuat dari buah salak yang tumbuhnya angin-anginan. Juice salak ini benar-benar pas dicicipi saat cuaca panas dan panas, apa lagi bila ditambahkan es batu agar makin fresh.

5. Saguer

Minuman ciri khas Sulawesi yang sering dicari setelah itu saguer dari Minahasa, Sulawesi Utara. Nama saguer ini sebagai kombinasi dari 2 kata, yakni Sagu dan Aer atau air. Bahan khusus untuk membikin minuman tradisionil ini ialah buah aren yang difermentasi.

Jika kamu saksikan sepintas, penampilannya putih seperti sagu. Untuk penyuguhannya, saguer biasa dihidangkan pada kondisi dingin. Disamping itu, minuman tradisionil biasanya cuma disajikan di beberapa acara atau tatap muka tradisionil.

Tetapi kamu tidak boleh cemas, karena sekarang telah banyak penjual tepi jalan yang jual saguer, jadi tidak begitu susah untuk mendapatinya. Harga juga benar-benar dapat dijangkau, yaitu 8 beberapa ribu saja per botolnya.

Dan untuk kamu yang belum mengetahui dan tidak pernah coba, minuman beri kesegaran ini rupanya berkadar alkohol yang termasuk tinggi, yaitu 50 – 70%. So, minuman ini cuma bisa untuk beberapa orang non muslim, ya.

6. Es Brenebon (Es Kacang Merah)

Es brenebon atau es kacang merah ialah minuman ciri khas Sulawesi yang dari Manado. Warga di tempat biasa nikmati minuman ini sebagai dessert sesudah makan siang.

Minuman tradisionil Sulawesi ini mempunyai rasa yang lain dari penampilannya, walaupun simpel ada rasa manis dan beri kesegaran yang dapat kamu alami. Es brenebon dibuat dari kacang merah sebagai bahan khusus, lalu ditambahkan gula putih, air, garam, vanili, gula aren, coklat bubuk, santan atau susu dan tepung maizena.

Minuman ini terbaik kamu cicipi saat dingin komplet dengan es serut, sirup dan susu kental manis sebagai sentuhan pada akhirnya. Es brenebon ini dapat secara mudah kamu temui di beberapa tempat makan di Manado. Dimulai dari pedagang kaki lima, warung, warung, rumah makan, sampai restaurant.

Bahkan juga kesegaran dan kesedapannya sekarang telah menebar ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Ini menjadi satu diantara bukti jika minuman asal Sulawesi ini banyak memiliki pecinta, bahkan juga sampai luar negeri.

7. Sirup Pisang Ambon (Sirup DHT)

Minuman ini jadi sajian harus pada bulan Ramadhan. Sirup ini menjadi satu diantara kombinasi dari bermacam olahan minuman yang dibuat dari gula air dan menambah rasa. Memiliki bentuk kental dan warna merah.

Sirup ini sudah ada semenjak beberapa puluh tahun lalu di Makassar, dan sampai sekarang ada banyak pecintanya. Pasalnya rasa, wewangian dan struktur nya selalu terlindungi hingga situp ini jadi minuman ciri khas disitu.

8. Sirup Markisa

Seterusnya ada minuman yang kembali datang dari Kota Makassar. Minuman ini jadi favorite wisatawan lokal dan wisatawan asing saat bertandang di kota ini. Sirup markisa malino begitu nikmat jika kamu minum pada kondisi panas atau dingin.

Dibuat dari olahan markisa, gula dan air membuat kombinasi yang fresh saat diminum. Memakai markisa aurora sebagai bahan khusus membuat minuman ini mempunyai cita-rasa yang unik.

9. Minas

Minuman ini datang dari kota seribu mushola (Kabupaten Sinjai), Sulawesi Selatan. Begitu enak dimakan sebab bisa menghangatkan tubuh. Minuman ini menjadi alternative alternatif untuk minuman mengandung alkohol.

Dahulunya minuman ini dimakan oleh beberapa nelayan di Sinjai, karena mereka memerlukan minuman untuk menghangatkan badan saat melaut. Masalahnya minuman ini bermanfaat dalam mengembalikan tenaga sesudah melakukan aktivitas.

Minuman satu ini dibuat dari kombinasi tape singkong, susu, telor, air kelapa, madu, tuak dan buah buahan untuk menambah wewangian dan rasa. Buah yang kerap dipakai di Sinjai ialah durian, karena mempunyai wewangian dan rasa yang semakin kuat.

10. Es Kelacin (Minuman Ciri khas Sulawesi Asal Barae)

Minuman seterusnya tiba dari Sulawesi Barat. Jadi minuman ciri khas karena rasanya yang menjadi legenda. Langkah membuat juga benar-benar gampang. Minuman ini mempunyai kombinasi bahan yang sedikit unik seperti daging kelapa muda, cincau hitam, santan, gula merah dan pandan.

Begitu enak kamu cicipi pada kondisi dingin. Minuman ini memberi dampak fresh dan bermanfaat bisa menurunkan panas dalam dan sariawan. Es kelacin menjadi satu diantara minuman wajib buat temani berbuka puasa di kota aslinya.

11. Juice Patikala, Kolaka Utara

Juice patikala ialah minuman ciri khas Sulawesi Tenggara yang condong mempunyai rasa masam tetapi fresh. Meskipun rasa asli
dari buah patikala benar-benar masam tetapi saat diproses akan ada rasa berlainan yang keluar minuman ini.

Minuman ini dikenali mempunyai manfaat bila kamu konsumsi dengan teratur, dengan rasanya yang nikmat juice patikala dipercayai bisa turunkan cholesterol dan turunkan berat tubuh. Buah ini tidak dapat asal diproses ada langkah khusus supaya tidak menghancurkan keunikan minuman ini.

12. Es Poteng (Minuman Ciri khas Sulawesi dari Makassar)

Minuman selanjutnya ialah minuman fresh ciri khas Makassar. Dibuat dari kombinasi tape singkong, sirup cocopandan, susu dan air ini jadi minuman yang terpopuler di kota aslinya.

Es poteng sepintas serupa dengan es buah secara umum, tetapi yang menjadi pembanding ialah pemakaian tape singkong sebagai isian minuman ini. Siang hari ialah saat paling cocok untuk nikmati minuman fresh ini.

13. Kopi Susu Makassar

Meskipun berkesan umum dari namanya, tetapi olahan kopi susu Makassar mempunyai resep tertentu yang membuat rasanya jadi benar-benar unik. Pasalnya kopi susu Makassar dibuat dengan kompor minyak atau kompor sumbu untuk membikin rasanya lebih pekat.

Kopi yang diputuskan ialah kopi sangrai racikan sendiri. Dengan buah kopi opsi ciri khas dataran sulawesi. Minuman satu ini menjadi satu diantara minuman ciri khas Sulawesi karena mempunyai kekhasan tertentu dibanding kopi susu secara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279