Berbagai Restoran Di Gorontalo Yang Wajib Kalian Kunjungi

Gorontalo jadi kota yang wajib didatangi karena tawarkan kuliner ciri khas yang terkenal nikmat. Banyak makanan ciri khas yang nikmat dapat Anda cicip, dimulai dari ilabulo sampai olahan seafood ada di Kota Gorontalo.Berikut ini wisatasulawesi.com sudah merangkum berbagai informasi tentang restoran di Gorontalo.Mari kita simak info selengkapnya.

Mempunyai beragam rekreasi yang memikat buat didatangi, rasanya benar-benar sayang bila tidak jadikan Gorontalo sebagai salah satunya tujuan rekreasi. Bukan hanya rekreasi alamnya saja yang mempesona, Gorontalo yang dikenali dengan panggilan Serambi Madinah mempunyai kuliner ciri khas yang nikmat dan pantas untuk dicicip saat bertandang.

Apa kuliner ini bukan hanya nikmat dan mengenyangkan, tapi juga ramah kantong?. Yok baca referensi rekreasi kuliner nikmat dan murah ciri khas Gorontalo dalam pembahasan ini.

1. Ilabulo

Salah satunya kuliner tradisionil yang wajib dicicip oleh beberapa wisatawan saat bertandang ke Gorontalo ialah Ilabulo. Makanan satu ini bila disaksikan secara sepintas, pasti disangka semacam pepes. Ilabulo memang sepintas kelihatan serupa pepes, tetapi makanan satu ini benar-benar berlainan dengan pepes. Kuliner tradisionil satu ini dibuat dari sagu yang digabung dengan hati ayam.

Baca Juga : 16 Suku di Pulau Sulawesi dan Komplit dengan Keunikannya

Warga Gorontalo umumnya membuat Ilabulo yang hendak diolah dengan memakai santan dan dijadikan makanan makan siang. Kombinasi itu membuat cita-rasa yang mengagumkan di mulut. Makanan satu ini lumayan gampang untuk diketemukan pada banyak daerah di Gorontalo, jadi Anda tak perlu cemas tidak dapat mencicip kuliner unik tetapi sedap ini.

2. Binte Biluhuta

Makanan satu ini sebagai salah satunya panganan ciri khas Gorontalo yang terpopuler di kelompok masyarakat. Di mana Binti Biluhuta ini memakai jagung Gorontalo sebagai material dasar. Propinsi satu ini terkenal sebagai pemroduksi jagung yang subur, sampai penduduknya juga memakainya jadi kuliner yang mengunggah hasrat. Binti Biluhuta sendiri memiliki arti makanan jagung yang disiram.

Panganan ini terbagi dalam jagung ketan putih yang selanjutnya digabung dengan parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang. Kombinasi itu selanjutnya akan disiram dengan kuah yang telah dibumbui rempah rempah ciri khas. Banyak yang memandang makanan satu ini terenak jika dikonsumsi saat masih panas. Bila mempunyai peluang bertandang ke Gorontalo, karena itu benar-benar direferensikan untuk coba makanan satu ini.

3. Sayur Putungo

Pernah dengar nama sayur Putungo? Bila bertandang ke Gorontalo, karena itu Anda akan secara mudah mendapati masakan satu ini. Sayur ini sebagai masakan yang dibuat dari material dasar jantung pisang dan diproses dengan sebegitu rupa sampai jadi masakan yang sedap. Olahan satu ini terhitung masakan tradisionil yang wajib Anda coba, hanya karena dapat diketemukan di Gorontalo.

Sayur Putungo akan makin nikmat saat dikonsumsi dengan sambal, umumnya umumnya rumah makan di Gorontalo akan menyuguhkan menu ini dengan ikan laut. Walau di wilayah lain mempunyai masakan dari olahan jantung pisang, tetapi tentunya tiap wilayah akan mempunyai racikan bumbu rempah rempah dan langkah pemrosesan yang lain. Termasuk olahan jantung pisang dari Gorontalo ini yang mempunyai cita-rasa ciri khas.

4. Bilenthango

Bilenthango tentunya akan kedengar asing dan condong unik, hingga Anda yang pertama kalinya dengar tentu menerka nebak seperti apakah makanan ini. Makanan ciri khas warga Gorontalo ini memakai material dasar ikan Mujair yang dibakar plus tambahan bumbu rempah rempah. Saat di bakar, ikan ini akan dibelah jadi dua sisi dan dibuntel dengan daun pisang. Di mana daun pisang ini bermanfaat untuk membikin ikan tidak begitu gosong dan mempunyai wewangian yang unik.

5. Le Kioz

Le Kioz sebagai salah satunya rumah makan hits dan terkenal yang berada di kota Gorontalo. Bila Anda bertandang ke Gorontalo, karena itu restaurant satu ini benar-benar direferensikan untuk didatangi. Pasalnya Le Kioz ini adalah rumah makan yang mempunyai design yang cozy dan hebat sebagai tempat kongkow, entahlah itu bersama dengan rekan atau keluarga.

Bukan hanya interior rumah makannya sebagai daya magnet, Le Kioz tawarkan menu minuman dan makanan yang nikmat dan sedap. Menu yang dihidangkan di dalam rumah makan ini terbagi dalam bermacam sajian ayam, sup buntut, nasi goreng, sajian dari olahan ikan, sajian penutup, dan bermacam minuman dingin dan panas. Bukan hanya sajiannya yang nikmat, harga minuman dan makanan di dalam rumah makan ini bisa juga disebut nikmat di kantong.

6. Tili Aya

Kuliner ini ialah semacam jajan ciri khas Gorontalo yang mempunyai nama unik. Pada intinya Tili Aya sebagai panganan yang dibuat dari material dasar gula merah yang digabung dengan telur dan santan. Yang mana kehadiran gula merah membuat kuliner ini mempunyai cita-rasa manis. Banyak yang menyebutkan jika jajan satu ini serupa dengan jajan yang berada di Jawa. Untuk ketahuinya, kemungkinan Anda dapat coba mencicip Tili Aya.

7. Duduli

Duduli sebagai makanan ciri khas warga Gorontalo yang serupa dengan dodol. Kuliner satu ini mempunyai rasa yang memikat dan nikmat. Walau makanan satu ini diproses dengan tradisionil, namun rasanya tidak kalah nikmat dengan makanan yang lain diproses lebih kekinian. Makanan dengan cita-rasa nikmat ini dengan bahan dasar beras ketan yang diproses dengan gula merah dan santan, selanjutnya dibuntel dengan daun Woka.

Kuliner satu ini sebagai olahan ciri khas warga Gorontalo yang terkenal dan seringkali jadi oleh-oleh oleh beberapa pelancong. Makanan satu ini benar-benar gampang ditemui, karena nyaris setiap toko oleh-oleh di Gorontalo akan menjualnya. Harga juga dapat disebutkan relatif murah. Bila Anda ingin mencicip kuliner satu ini, karena itu dapat bertandang langsung ke Gorontalo.

8. Sate Tuna Gorontalo

Saat dengar kata sate, tentunya telah terpikir bagaimana kesedapan dan gurihnya daging saat dikunyah di mulut. Tetapi berlainan dengan wilayah lain, di Gorontalo sate terpopuler ialah sate Tuna yang terkenal karena keunikannya. Umumnya sate selalu sama dengan daging sapi, ayam atau kambing. Namun warga Gorontalo justru memakai ikan Tuna untuk disate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279