Daftar Tempat Wisata Yang Wajib Kalian Kunjung Di Bulukumba

wisatasulawesi.com – Bulukumba sebagai salah satunya kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan. Disini tempat dua kerajaan besar di Sulawesi, yakni Gowa dan Bone, sama-sama berdialog secara damai sesudah perang saudara di era ke-17. Dibalik narasi monumental itu, rupanya wilayah ini mempunyai bermacam tempat wisata yang mempesona. Ingin ketahui apa lokasi yang dapat kamu datangi? Yok baca artikel berikut ini!

1. Pantai Bira

Pantai Bira mempunyai bentangan pasir putih dan laut jernih yang mempesona. Tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik lokal atau luar negeri. Kegiatan seperti snorkeling dan diving juga kerap dijalani oleh pelancong untuk nikmati keelokan bawah lautnya. Lokasinya ada di Kecamatan Bontobahari.

2. Bakung-bakung View Sunrise

Tidak cuma di pantai, kamu bisa juga nikmati panorama matahari di Bakung-bakung View Sunrise. Tempat wisata ini berada di Dusun Lembanna, Kecamatan Bontobahari. Pada siang hari, bentangan hijaunya rimba dan birunya laut jadi sajian yang beri kesegaran mata. Disamping itu ada pula sarana lain seperti jogging trek, gazebo, lapangan voli, dan yang lain.

3. Pantai Bara

Bentangan pasir putih dan birunya air laut membuat tempat wisata ini kelihatan eksotik. Beberapa pelancong yang sempat kesini juga setuju jika keelokannya melewati saudara dekatnya, yakni Pantai Bira. Disamping itu, tempat ini sedikit dijumpai oleh beberapa orang hingga masih lumayan sepi. Rasanya seperti liburan di pantai individu! Ingin bertandang? Langsung tujukan kendaraanmu ke Kecamatan Bontobahari.

Baca Juga : Berbagai Tempat Wisata Di Bantaeng Yang Wajib Kalian Kunjungi

4. Bukit Donggia

Bukit Donggia menyajikan pemandangan alam dari ketinggian 1.400 mdpl. Tempat wisata ini sebagai spot swafoto dengan latar rangkaian bukit dan gunung disekelilingnya. Kegiatan seperti kamping juga dapat kamu kerjakan di sini. Lokasinya ada di Desa Lurayya, Kecamatan Kahayya.

5. Tebing Apparalang

Tempat wisata ini berada di Dusun Ara, Kecamatan Bontobahari. Di sini kamu tidak berjumpa dengan keelokan pasir putih. Cuma ada deretan tebing terjal dan deburan ombak. Kombinasi itu malah membuat kelihatan makin eksotik. Cliff jumping jadi aktivitas favorite beberapa pelancong, selainnya snorkeling tentu saja.

6. Puncak Pua Janggo

Pucuk Pua Janggo sebagai daratan tinggi disekitaran Pantai Bira dan memulai terkenal pada tengah tahun 2016. Namanya di inspirasi dari ulama penyiar Agama Islam namanya Pua Janggo. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan hijaunya rimba dan birunya laut dari ketinggian. Janganlah lupa untuk berswafoto riang, ya!

7. Pantai Ujung Tiro

Bila disaksikan sepintas, Pantai Ujung Tiro banyak memiliki kesamaan dengan Tanah Lot di Bali. Tempat wisata yang berada di Dusun Eka Tiro ini menyajikan pemandangan bahari sama air yang jernih dan tebing batu disekelilingnya. Macam kegiatan juga dapat kamu kerjakan di sini, seperti memancing, snorkeling, atau sekadar berswafoto.

8. Tebing Panaikang Birayya

Spot cliff jumping ada di Tebing Panaikang Birayya. Lokasinya ada di Dusun Darubiah. Tempat ini pas untuk perenang pemula karena kedalaman lautnya cuma sekitaran 1,5 mtr.. Keelokan bawah lautnya kelihatan dari permukaan air yang jernih. Tetapi bila ingin menyaksikan lebih dekat, kegiatan snorkeling juga dapat dilaksanakan karena arusnya tidak demikian deras. hebat, ya?

9. Pulau Kambing

Pulau Kambing menyajikan pemandangan bawah laut yang memikat. Di sini ada beberapa rangkaian terumbu karang yang cantik. Segerombolan ikan kecil ikut memeriahkan dan membuat panoramanya makin membahagiakan. Tempat wisata ini dapat didatangi dari Pantai Bira dengan perahu. Oh ya, di pulau ini tidak ada kambing, kok.

10. Pemandian Hila-hila

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Bonto Tiro, bersisihan dengan masjid warisan Dato Tiro. Air di pemandian ini datang dari sebuah sumur yang terbentuk dari tongkat penyiar Agama Islam terpenting di Sulawesi Selatan itu. Beberapa pengunjung kerap simpan air itu karena dipercayai dapat menyembukan beragam penyakit. Disamping itu, ada pula yang tiba cuma untuk cari kesegaran di kolamnya.

11. Pulau Liukang Loe

Liukang Loe sebuah pulau kecil dan dapat didatangi dari Pantai Bira memakai perahu. Di sini ada permukiman dengan masyarakat yang ramah. Panoramanya juga benar-benar menganakemaskan mata. Bentangan laut biru dan terumbu karang di bawahnya kelihatan eksotik. Belum juga ada satu kelompok ikan kecil yang elok yang ikut memeriahkan. Membahagiakan!

12. Pantai Samboang

Keelokan pantai dan pasir putihnya bisa juga kamu cicipi di Pantai Samboang. Tempat wisata ini berada di Dusun Eka Tiro. Di sini ada pulau kecil yang dapat didatangi lewat jembatan penyambung sejauh 20 mtr.. Disamping itu, tempat wisata ini diperlengkapi dengan beragam sarana seperti pemondokan atau rumah makan. Komplet, kan?

13. Tana Beru

Bulukumba populer sebagai tempat pembikinan kapal pinisi. Bila kamu ingin menyaksikan prosesnya, datangi saja Tana Beru. Tempatnya berada di Kelurahan Tana beru. Harga kapal yang dibuat di sini dapat capai miliaran, loh. Selain itu, keelokannya cukup kece untuk jadi latar swafoto kamu.

14. Pantai Mandala Riang

Tujuan rekreasi ini berada di Dusun Lembanna, Kecamatan Bontobahari. Diberi nama begitu karena disini Panglima Mandala pesan 24 kapal untuk visi pembebasan Irian Barat. Panoramanya juga tidak kalah dari pantai lain di Bulukumba, dengan pasir putih dan laut biru yang jernih. Disamping itu, ada beberapa gua disekitaran yang dapat kamu telusuri.

15. Gua Passea

Situs purbakala Gua Passea berada di Dusun Lembanna. Namanya diambil dari bahasa di tempat yang memiliki arti kesengsaraan. Tempat wisata ini mempunyai type horizontal dengan serangkaian stalagtit dan stalagmit yang cantik. Didalamnya ada banyak warisan berusia beberapa ratus tahun. Kabarnya, tempat ini ditempati oleh manusia semenjak era kedelapan saat sebelum masehi.

16. Pantai Lemo-lemo

Surga bahari terselinap ini ada di Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari. Jejeran pohon yang teduh memberi rasa sejuk di tengah-tengah teriknya matahari. Pasir putih dan lautnya masih tetap kelihatan asri. Di sini ada sebuah gua yang ada air tawar yang jernih.

17. Pantai Kasuso

Pantai Kasuso berada di Desa Kasuso, Kecamatan Bontobahari. Di tengah-tengah lautnya ada sebuah batu karang sebagai ciri-ciri uniknya. Panorama pasir putih dan tebing jadi sajian intinya, dari sisi keelokan sunset yang menarik. Situasinya juga cukup tenang karena tidak beberapa pengunjung kesini.

18. Pinisi Park

Walau termasuk baru, tetapi Pinisi Park telah dijadikan icon rekreasi Bulukumba. Tempat wisata ini sedang hits dan jadi tujuan liburan pelancong karena panoramanya yang cantik. Di sini ada sebuah danau kecil dengan jembatan kayu yang sama-sama menyambungkan ke-2 seginya. Tempat ini pas untuk jadi peristirahatan sesudah berkeliling-keliling sambil bernarsis riang.

19. Pantai Marumasa

Tempat wisata ini berada di Dusun Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari. Ada beberapa spot selfie yang pas untuk menghias profile Instagram kamu di sini. Garis pantai warna putih dan gradasi warna biru lautnya kelihatan menarik. Keelokannya makin komplet dengan kehadiran 2 buah tebing tinggi disekelilingnya. Dasarnya kece, dech!

20. Perkebunan Karet Lonsu

Kebun karet ini telah ada semenjak tahun 1918 dan sudah jadi lokasi agrowisata di Bulukumba. Seringkali tempat ini jadi latar berswafoto riang oleh pelancong. Deretan pohonnya terhampar disekitaran Dusun Bontomanai, Bontomangiring, dan Tammatto. Disamping itu, kamu bisa juga melihat langsung proses panennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279