Keindahan Pulau Gusung

wisatasulawesi.com – Sulawesi sebagai pulau dengan sejuta daya tarik yang mempunyai rangkaian-gugusan pulau kecil cantik. Salah satunya rangkaian pulau cantik yang tidak jauh dari pulau Sulawesi ialah Pulau Gusung. Letak pulau ini lumayan strategis yang dapat dilakukan beberapa saat saja dari pusat perkotaan.

Pulau ini mempunyai pemandangan alam cantik yang pantas untuk disinggahi saat ada di Sulawesi. Situasi alam yang natural serta tidak banyak tersentuh tangan manusia jadi daya magnet khusus pulau tidak memiliki penghuni ini.

Ada beberapa tujuan rekreasi elok dan aktivitas bagus yang dapat dilaksanakan saat bertandang ke Pulau Gusung. Disamping itu, pulau eksotik ini sudah diperlengkapi beberapa sarana yang cukup ideal untuk menganakemaskan dan penuhi keperluan beberapa pelancong. Jadi tidak salah jadikan pulau eksotik ini sebagai tempat rekreasi yang perlu ditempatkan daftar perjalanan selanjutnya.

1. Air Laut dan Pasir Putih yang Bersih

Pulau ini sebagai salah satunya rangkaian pulau kecil yang dikitari perairan yang jernih. Hal tersebut pulalah sebagai daya magnet pulau eksotik ini. Pelancong yang ada di pulau ini akan dimanja dengan birunya air laut yang sesuai dengan langit yang terlalu luas jadi panorama ciri khas tempat ini.

Bak jadi satu kesatuan, air laut yang bersih ialah pasangan pasir putih yang halus. Pesisir pantai di Pulau Gusung ini mempunyai bentangan pasir bersih yang hendak menyihir beberapa pelancong. Air laut yang bersih dan pantai putih yang halus memunculkan gradasi warna yang menarik menganakemaskan mata.

2. Daya tarik Alam Bawah Laut

Bukan rahasia kembali jika Sulawesi sebagai surga baharinya Indonesia, begitu halnya pulau elok ini. Pemandangan alam bawah laut yang elok jadi argumen beberapa pelancong bertandang ke arah tempat ini. Bermacam biota laut yang jarang-jarang dijumpai dapat dilihat langsung dengan mata telanjang. Karena itu tidaklah aneh bila tidak cuma pelancong lokal tetapi luar negeri yang tiba ke arah tempat ini.

3. Panorama Pulau yang Menarik

Pulau Gusung sebagai pulau yang alami dan mempunyai situasi yang asri, karena itu tidaklah aneh bila tempat ini menyuguhkan panorama cantik mempersejuk mata. Pohon-pohonan hijau yang teduh jadi warna tertentu untuk pulau ini hingga terlihat lebih asri dan sejuk.

Pulau ini terhitung pulau kecil tidak memiliki penghuni yang berada di Bontoharu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau itu ada di barat Pulau Selayar yang memiliki jarak sekitaran 1 mil. Untuk bertandang ke arah tempat ini dapat dilakukan sekitaran 15 menit dengan memakai perahu motor dari teritori Benteng.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Di Daerah Benteng

Pulau yang terletak tidak jauh dari Kota Makassar ini bisa juga diraih melalui pelabuhan Makassar. Perlu waktu sekitaran sepuluh menit dari pelabuhan dengan memakai perahu motor. Sepanjang perjalanan beberapa pelancong akan dimanja dengan panorama lepas pantai dan angin yang mempersejuk. Sesampai disitu pelancong akan disongsong alam yang hijau dan pesisir yang memikat.

Untuk nikmati pemandangan cantik yang dipunyai pulau cantik di Sulawesi Selatan ini harga cukup berteman. Beberapa pelancong perlu bayar ongkos menumpangi perahu motor sekitaran Rp 20.000 sebagai alat transportasi ke arah pulau ini.

Dan untuk harga ticket masuk, pelancong harus bayar dimulai dari Rp 200.000 untuk weekdays dan Rp 300.000 untuk akhir pekan. Harga ticket itu bisa jadi berbeda, maka dari itu sebaiknya cari tahu up-date harga terkini ticket masuk rekreasi pulau ini.

1. Bertandang dan Bermain di Pesisir Pantai

Ada di Pulau Gusung tidak komplet rasa-rasanya bila tidak bertandang ke pantainya. Pelancong dapat nikmati pemandangan perairan di pulau ini sekalian santai di pinggir pantai. Selainnya santai aktivitas bagus yang dapat dilaksanakan yakni bermain di pesisir pantai seperti bermain pasir, berjemur atau jalan rileks sekalian rasakan pasir pantai yang halus dan bersih.

2. Nikmati Keelokan Bawah Laut dan Memancing

Tidak ingin kalah dari tujuan menarik lain di Sulawesi Selatan, pulau elok ini tawarkan keelokan bawah laut yang menarik. Pelancong dapat melihat langsung keelokan biota laut dan terumbu karang yang unik langsung dengan diving atau snorkeling. Aktivitas menarik ini pantas untuk dicoba benar-benar ada di Pulau Gusung Ini.

Bila ingin aktivitas yang lebih rileks, pelancong dapat berenang di bibir pantai. Berenang di pesisir pantai perairan pulau yang jernih jadi kegiatan favorite karena ombaknya tidak besar hingga aman untuk anak-anak.

3. Menyaksikan Langsung Rimba Mangrove

Menariknya saat berkunjung tempat ini ialah dapat menyaksikan rimba mangrove langsung di tempat pantai. ada beberapa ratus pohon mangrove yang menyengaja ditanamkan untuk menepis abrasi yang sering terjang pantai.

Antiknya rimba mangrove pada tempat ini menyengaja dibuat seperti perahu yang unik. Wujud tersebut yang memikat beberapa pelancong untuk tiba menyaksikannya. Selainnya nikmati daya tarik alam yang cantik, pelancong bisa juga berekreasi pembelajaran sekalian.

4. Berpose Dengan Latar Belakang yang Cantik

Aktivitas yang jangan terlewati saat berkunjung pulau eksotik ini ialah berfoto. Mendokumentasikan keelokan alam dan tiap peristiwa dalam sebuah photo sebagai aktivitas harus untuk pelancong. Ada beberapa tempat memikat buat dikoleksi dan jadi spot photo untuk menghias feed media sosial. Jadi tidak salah bila banyak pelancong yang bersama-sama ke arah tempat cantik ini.

5. Melihat Budidaya Lobster dan Ikan Laut

Warga manfaatkan kekuatan Pulau Gusung dengan membudidayakan beragam tipe bermacam laut dan lobster di Keramba jala apung. Walau diperbudidayakan oleh warga lokal lobster dan ikan laut benar-benar lah berkualitas bahkan juga hasilnya di-export ke beragam wilayah.

Bukan hanya menyaksikan pelancong bisa juga membeli lalu menikmatinya dengan dipanggang di pesisir pantai. Maka dari itu, melihat langsung budidaya bermacam lobster dan ikan laut ini menjadi aktivitas memikat buat dilaksanakan saat di situ.

6. Singgah ke Terassung

Pulau Gusung sebagai salah satunya rangkaian pulau di kepulauan Selayar. Sebetulnya Pulau ini terdiri dari 2 kesatuan pulau yakni Pulau Pasi. Letak pulau ini tidak jauh dengan pulau Gusung namun dipisah oleh selat dangkal yang di atasnya dibuat jembatan atau Terassung untuk menyambungkan ke-2 pulau itu.

Terassung yang ada di atas selat itu jadi lokasi yang iconic karena kehadirannya benar-benar unik. Tempat itu jadi tujuan bagus yang harus didatangi saat ada di di tempat pulau. Untuk beberapa pelancong yang ingin santai dan nikmati bentangan luas perairan pulau aktivitas ini sayang sekali bila dilewati.

1. Shorea Garden Villa

Pemondokan asri dan sediakan beragam sarana yang ideal berada di Shorea Garden Villa. Tempat ini sebagai pemondokan bintang dua yang tawarkan ide tempat tinggal bak punya individu dengan situasi sejuk dan alami. Pemondokan ini benar-benar ramah dan pas bagus untuk anak-anak atau keluarga.

2. Sunari Beach Resor Selayar

Bermalam di Sunari Beach Resor Selayar sebagai opsi yang akurat. Pemondokan ini sediakan beragam sarana yang bagus untuk mendukung keperluan beberapa tamu, seperti Wi-Fi, kolam renang, tempat parkir sampai restaurant. Tidak itu saja, tempat ini tawarkan panorama lepas pantai dari tempat kamar dan akses ke pantai yang dapat dicicipi beberapa tamu.

3. Selayar Beach Hotel

Salah satunya pemondokan yang menyuguhkan panorama elok pantai dari kamar ialah Selayar beach Hotel. Sesuai namanya pemondokan ini ada di lokasi yang vital di tepi jalan raya dan tidak jauh dari pesisir pantai. Untuk mendukung keperluan beberapa tamu ada beberapa sarana yang ideal seperti ruang tidur ber-AC, tempat parkir dan ruangan tunggu yang nyaman.

4. Wisma Reyhan 1

Banyak beberapa pelancong yang mereferensikan tempat ini. Selainnya tempatnya yang bersih dan cantik, harga juga ramah kantong. Beberapa sarana untuk mendukung aktivitas datang pada tempat ini ibarat AC, akses Wi-Fi, tempat parkir dan kamar mandi dalam sama air yang bersih. Servis ramah dari beberapa staff hotel yang membuat beberapa pelancong suka menginap pada tempat ini.

Pulau Gusung sebagai pulau kecil yang besarnya tidak lebih dari lapangan sepak bola. Tetapi tidak boleh salah, walau tidak demikian luas pulau ini sudah diperlengkapi beberapa sarana yang dapat menganakemaskan pengunjungnya. Beberapa sarana itu seperti kamar mandi dan toilet, gazebo, tempat makan sampai kios-kios yang jual souvenir untuk oleh-olehan.

Selainnya beberapa sarana di atas, di teritori pulau memiliki jembatan penyambung di antara Pulau Gusung dan Pulau Pasi. Ada pulau pelabuhan kecil yang kerap dipakai jadi tempat berkunjung perahu nelayan.

Demikian pembahasan mengenai Pulau Gusung yang ada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Tujuan menarik itu mempunyai keelokan alam asri yang harus jadi referensi arah liburan seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279