Mengintip Keindahan Pulau Samalona, Pulau Eksotis dan Cantik di Makassar

Mengintip Keindahan Pulau Samalona, Pulau Eksotis dan Cantik di Makassar – Deretan pulau yang terdapat dari Sabang sampai Merauke ialah keindahan tertentu yang dipunyai Indonesia. Pulau yang berderet dalam kesatuan NKRI ini pasti mempunyai keunikan tiap- tiap. Terdapat yang pesona dasar lautnya yang cantik, terdapat juga yang khas dari budaya dan adat istiadatnya. Berdialog menimpa tempat wisata Indonesia, Pulau Samalona merupakan satu dari sekian banyak keindahan yang dapat didatangi. Tidak heran bila banyak turis asing yang juga terpincut akan pesona pulau ini.

Pulau Samalona merupakan pulau yang masuk dalam daerah Indonesia Timur. Tepatnya masuk dalam kawasan administrasi pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Yang sangat diunggulkan dari pulau ini merupakan alam dasar laut yang menaruh sejuta pesona dan biota unik. Apalagi terkadang pulau Samalona ini dipromosikan selaku tempat wisata pada event pariwisata internasional.

Pemandangan dasar laut dari pulau ini populer sampai mancanegara. Baik turis lokal maupun asing senantiasa menyempatkan diri supaya dapat tiba ke Pulau Samalona. Bila bosan untuk bermain air, wisatawan dapat merapat ke kedai. Terdapat banyak olahan masakan khas wilayah semacam ikan dan kepiting bakar yang lezat.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Togean, Keindahan Gugusan Pulau di Sulawesi Tengah

Keindahan Pulau Samalona

Sekian lama Makassar senantiasa identik dengan Pantai Losari. Banyak turis yang mendengar nama ini selaku destinasi utama untuk keindahan dasar laut. Namun terdapatnya Pulau Samalona pasti berikan hawa segar dalam dunia pariwisata. Pulau kecil ini memanglah tidak sepopuler Pantai Losari namun untuk keindahan yang dimilikinya tidak butuh diragukan lagi.

Pulau Samalona terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Jarak pulau ini dekat 7 km dari kota Makassar dengan total luas pulau dekat 2. 34 hektare.

Walaupun ukuran pulau ini terbilang kecil namun terdapat gugusan terumbu karang yang indah di sekitarnya yang memanjakan mata. Pulau Samalona juga mempunyai pantai dengan pasir yang putih dan juga air laut yang biru yang begitu jernih. Terdapat banyak tumbuhan kelapa yang berikan atmosfer aman untuk turis. Pulau yang populer dengan keindahan dasar lautnya juga mempunyai ikan laut yang berwarna- warni.

Sebab posisinya yang terletak di dekat 7 km dari pusat Kota Makassar hingga persiapan untuk ekspedisi juga tidak sangat merepotkan. Hendaknya mendatangi pada masa kemarau sebab akan menunjang atmosfer alam ataupun pantai yang begitu terang. Turis juga dapat dapat berangkat ke lokasi dari pelabuhan yang terdapat di dekat Losari dan dari dermaga yang dekat dengan Benteng Rotterdam.

Dari dermaga ini turis dapat menyewa speed boat dengan bayaran sektiar Rp. 300. 000 sampai Rp. 500. 000. Tetapi harga ini dapat berganti sewaktu- waktu dan cocok dengan perjanjian antara penumpang dan pengemudi. Waktu tempuh yang diperlukan dekat 30 sampai 40 menit.

Pulau Samalona juga mempunyai sebagian warung makan dengan bermacam makan santapan laut. Rasanya begitu segar dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan sahabat tersayang. Terdapat juga sarana mushala dan wc yang mempermudah ktia untuk beraktifitas semacam biasa. Terdapat juga penyewaan gazebo dan tenda payung yang terdapat di tepi pantai.

Sebagian besar tempat penginapa di Pulau Samalona ini merupakan rumah penduduk setempat. Terdapat juga pondok- pondok penginapan spesial yang dapat digunakan untuk para turis. Tidak hanya indah, daya tarik dari Pulau Samalona ini juga sebab atmosfer yang tenang di malam hari dengan suara ombak dan hembusan angin laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279