Pesona Indah Benteng Bersejarah Balangnipa

wisatasulawesi.com – Benteng Balangnipa sebagai tujuan memikat buat didatangi pelancong. Anda yang tiba bukan hanya akan menyaksikan sebuah bangunan monumental saja tetapi bisa menambahkan ilmu dan pengetahuan. Ingat benteng ini dibikin pada periode penjajahan pasti banyak memiliki narasi disimpan didalamnya.

Dulu benteng besar ini populer jadi tempat pertahanan untuk rakyat. Hal tersebut tidak lepas dari periode penjajahan Belanda yang kuasai daerah Indonesia. Sempat remuk dan sudah dibangun kembali sampai sekarang bangunan tetap terlindungi secara baik. Bahkan juga beberapa perbaikan dilaksanakan supaya bangunan terus pada keadaan yang bagus.

Bertandang ke Benteng Balangnipa dengan luas 190 mtr. persegi ini terbaik dengan rekanan atau keluarga. Anda dapat jadikan tempat rekreasi monumental ini jadi sebuah rekreasi pembelajaran. Ada beberapa ilmu dan pengetahuan disimpan didalamnya . Maka dengan bertandang secara automatis memberi ilmu dan pengetahuan yang perlu untuk pelancong.

1. Benteng Berpadunya 3 Kerajaan

Benteng Balangnipa awalnya dibuat di tahun 1859. Pendirian awalnya dilakukan oleh 3 kerajaan di Nusantara. Kerajaan begitu mencakup Bulo-bulo, Lamatti, dan Tondong. Arah pembangunan benteng penting untuk membuat perlindungan rakyat di tempat. Apa lagi ke-3 Kerajaan itu bernaung di Kerajaan Gowa yang waktu itu tumbuh besar dan cepat.

Baca Juga : Beragam Oleh – Oleh Khas Sulawesi

2. Benteng Pertahanan dari Penjajahan

Sama seperti yang telah di terangkan di atas jika arah awalnya pembangunan benteng sebagai tempat untuk jaga daerah dan gempuran penjajahan Belanda. Apa lagi waktu itu Belanda sedang terus-menerus ingin kuasai semua daerah Indonesia. Tidak mau berserah demikian saja, 3 kerajaan lalu membangun sebuah benteng segi panjang yang kuat.

Sayang perjuangan keras rakyat menantang Belanda saat itu masih gagal. Penjajahan sukses menaklukan daerah itu. Benteng ini juga sempat remuk. Di saat itu pasukan dan peralatan perang termasuk berat samping. Penjajahan Belanda unggul jauh dalam sisi jumlah dan tehnologi.

3. Jadi Pusat Administrasi

Selainnya jadi tempat pertahanan, benteng monumental ini sering jadi pusat administrasi di periode lalu. Pemicu di fungsikan begitu ingat lokasi yang dipandang vital untuk transaksi bisnis warga. Harus dipahami jika benteng ini dibuat dekat sama dermaga Sungai Tangka yang dahulu dikenali untuk banyak transaksi bisnis.

Benteng sempat remuk saat kekalahannya dengan pemerintahan Belanda. Walau demikian faksi penjajahan membuat kembali bangunan ini. Walau ini kali dibuat seperti bangunan ciri khas Eropa. Nach bangunan berikut yang sekarang ini tetap berdiri kuat. Sekarang ini Benteng dari Balangnipa ini jadi cagar budaya yang tetap terbangun secara baik.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi

Penting untuk ketahui alamat dan jalur ke arah lokasi tempat rekreasi. Hal tersebut mempunyai tujuan supaya Anda tidak salah jalan saat di perjalanan. Benteng Balangnipa berada di Kabupaten Sinjai persisnya Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara. Cagar budaya ini termasuk vital ingat pengunjung bisa secara mudah sampai ke tujuan.

Pelancong bisa memakai kendaraan baik beroda 2 atau beroda 4. Bahkan juga beragam alat transportasi juga dapat digunakan untuk perjalanan. Jika ingin bertandang dengan kendaraan individu yakinkan untuk manfaatkan Google Maps untuk memudahkan perjalanan.

Arus ke arah lokasi termasuk gampang dan lancar. Tidak ada masalah memiliki arti untuk sampai ke arah. Ditambah telah ada beberapa papan petunjuk jalan yang memberi faedah tambahan untuk sampai ke benteng . Maka Anda tak perlu sangsi bila ingin bertandang.

Tidak seluruhnya tempat cantik mempunyai biaya yang mahal. Apa lagi Benteng Balangnipa sebagai benteng monumental. Bertandang ke tujuan ini terang memberi pengalaman lain untuk pelancong. Harga ticket masuk juga bisa dibuktikan murah cuma sejumlah Rp 10.000 per pengunjung. Biaya begitu berasa arif ingat ada beberapa hal yang dapat dilaksanakan sepanjang tiba.

Harus dipahami jika peralihan ongkos bisa jadi terjadi. Hal tersebut tergantung dari peraturan pengurus di tempat. Kembali juga ada pula biaya tambahan berkaitan parkir kendaraan. Untuk kendaraan beroda 4 dikenai dana sejumlah Rp 5.000. Dan beroda 2 seperti motor Rp.3.000. Bagaimana juga biaya begitu tidak sesuai dengan penawaran yang disuguhi.

1. Menyaksikan Arsitektur Berkualitas

Banyak aktivitas bisa dilaksanakan sepanjang bertandang di benteng monumental ini. Kegiatan seperti menyaksikan keelokan bangunan juga termasuk sangatlah menarik. Apa lagi design bangunan bagus sekali. Kombinasi ciri khas Eropa menambahkan cantik sebuah bangunan. Anda akan dibuat kerasan sepanjang berkeliling-keliling menyaksikan panorama.

Gedung benteng berwujud segi panjang. Perlu waktu beberapa saat untuk pengunjung bisa berkeliling-keliling. Janganlah lupa juga untuk berpose di sejumlah spot yang ada. Berswafoto pada tempat dengan arsitektur tingkat tinggi pasti menambahkan hasil photo yang keren. Peristiwa liburan akan makin berkualitas.

2. Jadi Museum Wilayah

Benteng Balangnipa sering jadi banyak peranan. Salah satunya peranan yang lain yaitu jadi sebuah Museum Wilayah. Bermacam benda kuno monumental masih disimpan yang rapi. Oleh karena itu pengunjung bisa berkeliling-keliling untuk saksikan secara langsung warisan masa lampau itu. Dengan melihat langsung karena itu secara automatis menambahkan pengetahuan.

Beberapa benda paling ciri khas monumental di sini diantaranya meriam tembaga, porselen kuno dari China, dan keramik ciri khas Jepang dan Eropa. Anda bisa menyaksikan koleksi kuno begitu yang disimpan yang rapi. Saksikan secara langsung terang hebat untuk dilaksanakan dan menambahkan ilmu dan pengetahuan.

3. Pagelaran Seni dan Budaya. Cagar Budaya

Sampai sekarang benteng monumental ini masih mempunyai faedah yang hebat positif. Jadi cagar budaya membuat beberapa pagelaran seni yang diadakan di sini . Maka jika memang untung, adapun Anda bisa saksikan secara langsung atraksi budaya warga di tempat yang unik.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi

Sarana di Benteng Balangnipa termasuk sangatlah komplet. Anda bisa secara nyaman mengeksplor tiap pojok dengan bebas. Beberapa sarana harus ada di sini dimulai dari tempat parkir luas, toilet dan bermacam tempat duduk . Maka sarana itu memberi faedah positif yang memberikan keuntungan.

Jika Anda tiba di luar dan punya niat bermalam tak perlu cemas. Karena tidak jauh dari tujuan banyak terdapat pilihan tempat pemondokan. Pilih sama sesuai bujet yang ada. beberapa pemondokan juga tidak begitu mahal untuk di menempati.

Sarana yang lain jangan di terlewat ialah rekreasi kulineran. Sesudah capek bertandang dan berkeliling-keliling sekarang waktunya Anda nikmati sajian sedap. Apa lagi ada beberapa restaurant paling dekat yang gampang untuk di datangi. Beragam sajian nikmat terhidang dengan beragam menu. Rasa lapar akan selekasnya lenyap sesudah nikmati hidangan yang nikmat.

Itulah beberapa sarana, daya magnet dan aktivitas yang bisa dilaksanakan di Benteng Balangnipa. Tujuan ini benar-benar pas jadi rekreasi pembelajaran dan monumental. Karena ada beragam jenis koleksi kuno dan narasi riwayat yang memikat . Maka jika ingin bertandang yakinkan selekasnya tiba dan tak perlu sangsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/wisatasulawesi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279